Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Clean, Cleaned, Cleaned Contoh Kalimat, Penggunaan dan Perbedaannya

  Apa artinya Clean, Cleaned, Cleaned?

Clean, Cleaned, Cleaned adalah bentuk perubahan kata di dalam inggris yang merupakan kata kerja yang beraturan atau regular verb berawalan huruf C. Clean, Cleaned, Cleaned artinya membersihkan.  Dalam bentuk kata sifat (Adjektiva) Clean artinya bersih, 

Menurut kamus Oxford, dalam bentuk kata sifat (adjective) definisi Clean /klēn/ adalah bebas dari kotoran, noda, atau noda. Dalam bentuk kata keterangan (adverb) definisi Clean /klēn/ adalah bebas dari kotoran, bekas, atau hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam bentuk kata kerja (Verb) definisi  Clean /klēn/ adalah membuat (sesuatu atau seseorang) bebas dari kotoran, bekas, atau kekacauan, terutama dengan mencuci, menyeka, atau menyikat.

Clean, Cleaned, Cleaned Contoh Kalimat, Penggunaan dan Perbedaannya
Gambar 1.0. Contoh Kalimat Clean dan Cleaned di Bahasa Inggris

Penggunaan Clean

Clean digunakan sebagai kata kerja pada kalimat yang menggunakan tenses simple present, present continuous dan simple future. Pada simple present tense bisa ditulis Clean, bisa juga ditulis Cleans apabila kalimatnya menggunakan subjek kata ganti orang ketiga tunggal seperti He, She, It dan nama orang. Sedangkan pada present continuous Clean bisa ditulis Cleaning, karena present continuous menambahkan + ing pada kata kerjanya dan to be (is, am, are) sebelum kata kerja. Pada simple future, Clean tetap ditulis Clean dengan modal will. 

17 Contoh kalimat dengan kata Clean di bahasa Inggris sebagai berikut :

  1. He keeps his computer clean and tidy artinya Dia menjaga komputernya tetap bersih dan rapi. Contoh kalimat dengan kata sifat (adjective) clean.
  2. We love a clean place artinya Kami menyukai tempat yang bersih. Contoh kalimat dengan kata sifat (adjective) clean.
  3. Can't you make your house more clean and tidy? Artinya Tidak bisakah kamu membuat rumahmu lebih bersih dan rapi?
  4. Your house is extensive and clean artinya Rumah Anda luas dan bersih. Contoh kalimat dengan kata keterangan (adverb) clean
  5. I always clean the table every morning artinya Saya selalu membersihkan meja setiap pagi. Contoh kalimat simple future dengan kata clean.
  6. We are ready to clean the grass in your yard with a salary of IDR 100,000 daily artinya Kami siap membersihkan rumput di halaman Anda dengan gaji Rp 100.000 setiap hari.
  7. I will clean the toilet using a mop artinya Saya akan membersihkan toilet menggunakan pel.contoh kalimat simple future dengan kata Clean.
  8. Starting next month, They will clean the bedroom before leaving the office artinya Mulai bulan depan, mereka akan membersihkan kamar tidur sebelum meninggalkan kantor. Contoh kalimat simple future dengan kata clean
  9. Woman cleaning the bathtub using a broomstick artinya Wanita membersihkan bak mandi menggunakan sapu.
  10. I was cleaning the office with friends artinya Saya sedang membersihkan kantor dengan teman-teman. Contoh kalimat past continuous tense dengan kata cleaning.
  11. Katrina forgot to clean the courtyard floor because she was busy at work artinya Katrina lupa membersihkan lantai halaman karena sibuk bekerja.
  12. What motivates you to clean your windows before going to work? Artinya Apa yang memotivasi Anda untuk membersihkan jendela sebelum pergi bekerja? Contoh kalimat tanya menggunakan kata clean
  13. I'm sorry I haven't had time to clean the glasses and plates in the laundry artinya Maaf saya belum sempat membersihkan gelas dan piring di laundry.
  14. Why don't you clean the trash in the office yard? Artinya Mengapa Anda tidak membersihkan sampah di halaman kantor? Contoh kalimat tanya simple present negative menggunakan kata clean.
  15. Sabrina and Salisa are cleaning the table tennis table before they play together artinya Sabrina dan Salisa sedang membersihkan meja tenis meja sebelum mereka bermain bersama. Contoh kalimat present continuous dengan kata cleaning.
  16. What makes you clean the office yard with your friends?  Artinya Apa yang membuatmu membersihkan halaman kantor bersama teman-temanmu? Contoh kalimat tanya menggunakan kata clean
  17. We clean the office yard because it is our daily job artinya Kami membersihkan halaman kantor karena itu adalah pekerjaan kami sehari-hari.

Penggunaan Cleaned

Cleaned adalah bentuk perubahan kedua dan ketiga dari kata kerja Clean. Cleaned termasuk kata kerja regular verb, Cleaned artinya membersihkan. Cleaned digunakan pada kalimat yang menggunakan tenses simple past tense, tenses present perfect tense, past perfect tense dan future perfect tense. 

7 Contoh kalimat dengan kata Cleaned sebagai berikut

  1. Samsul has not cleaned his printer at the office artinya Samsul belum membersihkan printernya di kantor.
  2. They had not cleaned the sword before it was used to slaughter the chicken artinya Mereka tidak membersihkan pedang sebelum digunakan untuk menyembelih ayam. contoh Kalimat past perfect tense negative dengan kata cleaned
  3. Why haven't you cleaned your bag and books yet? Artinya Mengapa Anda belum membersihkan tas dan buku Anda? contoh kalimat tanya present perfect negatif dengan kata cleaned.
  4. Sorry, we haven't cleaned our house yet artinya Maaf, kami belum membersihkan rumah kami. Contoh kalimat present perfect negatif dengan cleaned.
  5. Have you cleaned your desk? Artinya Sudahkah Anda membersihkan meja Anda? Contoh kalimat tanya present perfect tense dengan cleaned.
  6. We cleaned the dirt that was on our clothes artinya Kami membersihkan kotoran yang ada di pakaian kami. contoh kalimat simple past dengan cleaned.
  7. He cleaned his room alone yesterday artinya Dia membersihkan kamarnya sendiri kemarin.

Perbedaan Clean dan Cleaned

Dari penjelasan penggunaan dan contoh kalimat Clean, Cleaned, Cleaned di atas, maka bisa difahami perbedaan dari Clean, Cleaned, Cleaned sebagai berikut 

  1. Clean adalah bentuk verb 1, Clean digunakan untuk kalimat yang menggunakan simple present, present continuous dan simple future.
  2. Cleaned adalah bentuk verb 2 dan Verb 3 dari kata Clean, Cleaned digunakan untuk kalimat yang menggunakan simple past tense, present perfect tense, past perfect tense dan future perfect tense

Semoga tulisan artikel ini bermanfaat bagi saudara semua, jangan lupa untuk membagikan artikel ke teman-teman anda yang membutuhkan. Thank you..

Posting Komentar untuk "Clean, Cleaned, Cleaned Contoh Kalimat, Penggunaan dan Perbedaannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close