Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Tiga Jenis Inflasi Berdasarkan Sebabnya dan Pengertiannya?

 Sebutkan tiga jenis inflasi berdasarkan sebabnya dan pengertiannya? 

Tiga jenis inflasi berdasarkan sebabnya, yaitu

  1. Demand pull inflation atau inflasi tarikan permintaan
  2. Cost push inflation atau inflasi dorongan biaya produksi 
  3. Bottle neck inflation

Penjelasannya sebagai berikut

  1. Demand pull inflation atau inflasi tarikan permintaan adalah jenis inflasi yang terjadi karena peningkatan jumlah permintaan efektif baik dari masyarakat atau pemerintah di mana hal ini sesuai hukum permintaan jika barang-barang yang diminta naik maka harga barang ikut naik maka hal ini bisa menyebabkan terjadinya inflasi
  2. Cost push inflation adalah inflasi yang terjadi karena kenaikan biaya-biaya produksi biaya produksi yang meningkat akan menyebabkan naiknya harga barang dan jasa. 
  3. Bottle neck inflation adalah invasi yang disebabkan oleh dua campuran yakni faktor penawaran dan permintaan, Inflasi Bottle neck disebabkan oleh faktor campuran, yaitu dari faktor penawaran (supply) dan permintaan (demand). Jika disebabkan oleh penawaran, persoalannya adalah kapasitas yang sudah ada dan terpakai, namun permintaan cenderung tinggi sehingga menyebabkan inflasi. Jika disebabkan oleh faktor penawaran, persoalannya adalah tingginya likuiditas dari sisi keuangan maupun akibat munculnya ekspektasi terhadap permintaan baru.


Posting Komentar untuk "Sebutkan Tiga Jenis Inflasi Berdasarkan Sebabnya dan Pengertiannya? "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close