Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan tiga cara atau kebijakan mengatasi inflasi dan penjelasannya?

 Sebutkan tiga cara atau kebijakan mengatasi inflasi dan penjelasannya?

Berikut Tiga cara atau kebijakan mengatasi inflasi 

  1. Menggunakan kebijakan moneter atau kebijakan uang ketat (tight money policy)
  2. Menggunakan kebijakan fiskal
  3. Menggunakan kebijakan non moneter 

penjelasannya sebagai berikut

a. Kebijakan moneter atau kebijakan uang ketat (tight money policy). Kebijakan moneter adalah pengendalian inflasi dengan cara mengendalikan atau mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat. Kebijakan ini dapat dilakukan dengan cara politik diskonto, operasi pasar terbuka, menaikkan cadangan kas sehingga uang yang diedarkan oleh bank umum menjadi berkurang, politik kredit selektif, dan politik sanering yang dilakukan bila terjadi.hiperinflasi.

b. Kebijakan fiskal, Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah untuk mengatur anggarannya. Kebijakan fiskal dilakukan dengan menaikkan tarif pajak serta mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah.

c. Kebijakan non moneter (sektor rill), Kebijakan non moneter (sektor riil) adalah kebijakan yang berisikan program-program untuk mengendalikan harga dan produksi secara langsung. Kebijakan ini dilakukan dengan cara menaikkan hasil produksi melalui kebijakan penurunan bea masuk, kebijakan upah, pengawasan harga, mengendalikan kenaikan harga berbagai macam barang, dan mengusahakan peredaran dalam negeri menjadi lebih banyak.

Posting Komentar untuk " Sebutkan tiga cara atau kebijakan mengatasi inflasi dan penjelasannya?"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close