Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Nama bulan Qomariah atau Hijriyah dan Contoh Kalimatnya

 Kalender Qomariah atau kalender hijriyah adalah kalender bulan, yaitu kalender yang menggunakan sistem perubahan fase bulan. Mulai dari bulan baru, bulan sabit muda, bulan separuh awal, bulan purnama, bulan separuh akhir, bulan sabit tua, bulan mati dan kembali ke bulan baru secara periodik. Bulan baru ditandai dengan munculnya hilal yaitu bulan sabit yang sangat tipis. Untuk menentukan awal bulan qomariah biasanya umat islam menggunakan sistem ru’yatul hilal (melihat kemunculan bulan) atau menggunakan metode hisab (perhitungan).

Daftar Nama bulan Qomariah atau Hijriyah dan Contoh Kalimatnya
gambar 1.0. Contoh Kalimat dengan Nama Bulan Qomariah

Berikut Daftar nama 12 bulan qomariah atau bulan hijriyah, yaitu

  1. مُحَرَّمٌ muharrom
  2. صَفَرٌ shofar
  3. رَبِيْعُ الْأَوَّل robi’ul awwal
  4. رَبِيْعُ الثَّانِي robi’ul tsaniy
  5. جُمَادِى الْأُوْلَى jumadil ula
  6. جُمَادِى الثَّانِيَة jumadil tsaniy
  7. رَجَبٌ rojabun
  8. شَعْبَانُ sya’ban
  9. رَمَضَان romadhon
  10. شَوَّالٌ syawwal
  11. ذُو الْقَعْدَةِ dzulqo’dah
  12.  ذُو الْحِجَّةِ dzulhijjah

Dengan sering membaca dan menghafal daftar nama bulan Qomariah atau Hijriyah di Bahasa arab akan memudahkan anda di dalam mempelajarinya. Berikut adalah 6 contoh kalimat dengan daftar nama bulan Qomariah atau Hijriyah di bahasa arab, adapun warna kuning dan biru kami berikan kepada kata tertentu untuk memudahkan di dalam mempelajarinya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah.

  1. نَحْنُ نَصُوْمُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ nahnu nashumu fi syahri romadhona artinya Kami berpuasa pada bulan romadhon
  2.  رَجَبُ الشَهْرِ الْسَابِعِ مِنَ السُنَّةِ الْقَمَرِيَةِ rojabul syahri sabi’I min sunnatil qomariyah artinya bulan rojab adalah bulan ke tujuh dari tahun qomariah
  3. اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ allahumma bariklana fi rojaba wa sya’bana wa ballighna romadhona artinya Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan”.
  4. مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ man shoma romadhona imanan wah tisaban ghufirolahu ma taqoddama min dzanbihi artinya “Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266).
  5. شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚsyahru romadhonal ladzi unzila fihil qur aanu hudal linnasi wa bayyinatim minal huda wal furqoona artinya eberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Al Baqoroh ayat 285)
  6. عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ ‘an abiy huroirota rodhiyallahu anna rosulallahi shollalhu ‘alaihi wa sallama qola idza jaa a romadhonu futihats abwabul jannati wa ghulliqot abwabun nari wa shufidats syayathina artinya Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Posting Komentar untuk "Daftar Nama bulan Qomariah atau Hijriyah dan Contoh Kalimatnya "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close