Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(اِسْتَمِعْ) Istami' Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

  Apa Artinya Istami’ di Bahasa Arab?

Istami’ artinya Dengarkanlah, Tulisan arab Istami’ adalah اِسْتَمِعْ, dimana kata Istami’ terdiri dari 5 huruf hijaiyah, yakni huruf alif, huruf sin, huruf ta’, huruf mim dan huruf ‘ain, Istami’ termasuk kata perintah atau fi’il amr di Bahasa arab. Jadi bentuk fi’il amr istama’a استمع adalah istami’. Penggunaan Istami’ untuk kamu laki-laki, dan untuk kamu Wanita itu berbeda. Berikut penulisan Istami’ dengan beberapa dhomir munfashil

  • أَنْتَ اِسْتَمِعْ Anta Istami’ artinya Dengarkanlah Kamu laki-laki !
  •  أَنْتُمَا اِسْتَمِعَا Antuma Istami’a artinya Dengarkanlah Kamu berdua laki-laki !
  • أَنْتُمْ اِسْتَمِعُوا Antum Istami’uu artinya Dengarkanlah Kamu semua laki-laki! 
  •  أَنْتِ اِسْتَمِعِي Anti Istami’iy artinya Dengarkanlah Kamu wanita !
  • أَنْتُمَا اِسْتَمِعَا Antuma Istami’a artinya Dengarkanlah Kamu berdua Wanita! 
  • أَنْتُنَّ اِسْتَمِعْنَ Antunna Istami’na artinya Dengarkanlah Kamu semua Wanita! 

(اِسْتَمِعْ) Istami' Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab

Contoh Kalimat dengan kata Istami’

Berikut adalah 7 contoh kalimat dengan kata Istami’ di bahasa Arab. Adapun warna kuning kami berikan kepada kata Istami’ dan artinya supaya memudahkan di dalam mempelajarinya, saudara mempunyai pertanyaan, silakan bertanya melalui kolom komentar di bawah atau melalui laman contact di atas.

  1. وَاِذَا قُرِئَ الۡقُرۡاٰنُ فَاسۡتَمِعُوۡا لَهٗ وَاَنۡصِتُوۡا لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ‏ wa idza quri al qur aanu fastami’uu lahu wa anshituu la’allakum turkhamuuna artinya Dan apabila dibacakan Al-Qur'an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat. Al A’rof ayat 204.
  2. يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسۡتَمِعُوۡا لَهٗ ؕ yaa ayyuhan naasu dhuriba matsalun fastami’u lahu artinya Wahai manusia! Telah dibuat suatu perumpamaan. Maka dengarkanlah! Al hajj ayat 73.
  3. وَاَنَا اخْتَرْتُكَ فَاسْتَمِعْ لِمَا يُوْحٰى Wa anakh tartuka fastami’ lima yukhaa artinya Dan Aku telah memilih engkau, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu). Thoha ayat 13
  4. وَاسۡتَمِعۡ يَوۡمَ يُنَادِ الۡمُنَادِ مِنۡ مَّكَانٍ قَرِيۡبٍۙ‏ wastami’ yauma yunadil munadi mim makanin qoribin artinya Dan dengarkanlah (seruan) pada hari (ketika) penyeru (malaikat) menyeru dari tempat yang dekat. Qof ayat 1
  5.  يَا زَيْد ، اِسْتَمِعْ لِنَّصِيْحَةِ مُعَلِّمِكِ الدِينِي ya zaid istami’ linnashihati mu’allimiki diniy artinya wahai zaid, dengarkanlah nasihat dari guru agama kamu.
  6. اِسْتَمِعْ لِي فِي لَيْلَتِكَ الثَّالَثَةِ istami’ liy fi lailatikats tsalatsati artinya dengarkanlah aku di sepertiga malam mu!
  7. اِسْتَمِعْ إِلَى هَذَا النِدَاءِ الرَّخِيْمِ لِلْصَلَاةِ istami’ ila hadzal nida Ir rokhimi lil sholati artinya dengarkanlah suara adzan yang merdu ini!

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, jangan lupa bagikan kepada saudara atau teman anda yang membutuhkan.


Posting Komentar untuk "(اِسْتَمِعْ) Istami' Artinya dan Contoh Kalimatnya di Bahasa Arab"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close