Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan 5 Kebudayaan Indonesia yang diakui Dunia?

 Sebutkan 5 kebudayaan Indonesia yang diakui Dunia? 

Berikut 5 kebudayaan Indonesia yang diakui dunia

1) Tari Saman

Tari Saman merupakan sebuah tarian tradisional suku Gayo di Provinsi Aceh, Tarian ini biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat. Tari Saman digunakan sebagai media dakwah penyebaran agama Islam. Dakwah tersebut disampaikan melalui syair lagu dengan bahasa Arab dan Gayo. UNESCO mengakui tari Saman sebagai warisan dunia karena keunikan dalam gerakan dan kostum serta memilih filosofi universal. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagai daftar representatif budaya tak benda warisan manusia dalam sidang ke-6 di Bali pads 24 November 2011.

2) Sabak

Sabak merupakan sebuah organisasi masyarakat petani di Bali yang khusus mengatur sistem Irigasi sawah secara tradisional. Pembagian air dilakukan secara adil dan merata. Selain itu watu menanam dan jenis padi yang ditanam ditentukan bersama. Para petani mendapat bagian air sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam musyawarah. Kegiatan dalam organisasi subak meliputi masalah pertanian dan ritual peribadatan memohon rezeki serta kesuburan Pada 29 Juni 2012 subak ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO dalam sidang ke-36 di Saint Petersburg, Rusia

3) Batik

Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya dilakukan secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain menggunakan alat yang disebut canting Motif batik setiap daerah di Indonesia berbeda-beda. Batik Indonesia telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. UNESCO mengakui batik sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia karena kaya akan simbol dan filosofi kehidupan masyarakat Indonesia.

4) Noken

Noken merupakan tas hasil kerajinan tangan warga masyarakat Papua. Noken terbuat dari kulit kayu yang dikeringkan, kemudian dipintal menjadi benang dan dianyam. Masyarakat Papua biasanya menggunakannya untuk membawa berbagai hasil pertanian seperti sayuran, umbi umbian, dan barang dagangan ke pasar, Selain itu, noken biasa digunakan untuk menggendong anak. UNESCO telah menetapkan noken menjadi warisan budaya Indonesia sejak Desember 2012

5). Seni Rakit Kapal Pinisi Teknik dan seni membuat kapal pinisi yang turun-temurun dimiliki bangsa Indonesia kini telah diakui menjadi Warisan Budaya Tak benda dunia versi UNESCO. Pinisi merupakan kapal layar tradisional khas Indonesia yang berasal dari suku Bugis dan Makassar di Sulawesi Selatan. Dikenal sebagai jenis kapal, pinisi pada dasarnya merupakan nama layar. Kapal pinisi umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, tiga di ujung depan, dua di bagian depan. dan dua di bagian belakang. Kapal pinisi diketahui telah ada sejak sebelum 1.500 Masehi Dalam membuat kapal pinisi dibutuhkan serangkaian prosesi adat.

Posting Komentar untuk "Sebutkan 5 Kebudayaan Indonesia yang diakui Dunia?"