Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Build, Built, Built Contoh Kalimat, Penggunaan dan Perbedaannya

  Apa artinya Build, Built, Built?

Build, Built, Built adalah bentuk perubahan kata di dalam inggris yang merupakan kata kerja yang tidak beraturan atau irregular verb berawalan huruf B. Build, Built, Built artinya membangun, membina, mendirikan. Tetapi penggunaan Build, Built, Built di dalam frase, klausa dan kalimat bisa berbeda tergantung pada tenses yang digunakan, Built bisa berarti telah membangun, seperti kalimat They have built a new building over there artinya Mereka sudah membangun sebuah jembatan baru di sana.

Build, Built, Built Contoh Kalimat, Penggunaan dan Perbedaannya
gambar 1.0. Contoh Kalimat Build dan Built di Bahasa Inggris

Penggunaan Build

Build digunakan sebagai kata kerja pada kalimat yang menggunakan tenses simple present, present continuous dan simple future. Pada simple present tense bisa ditulis Build, bisa juga ditulis Builds apabila kalimatnya menggunakan subjek kata ganti orang ketiga tunggal seperti He, She, It dan nama orang. Sedangkan pada present continuous Build bisa ditulis Building, karena present continuous menambahkan + ing pada kata kerjanya dan to be (is, am, are) sebelum kata kerja. Pada simple future, Build tetap ditulis Build dengan modal will. 14 Contoh kalimat dengan kata Build sebagai berikut :

  1. They build houses quickly artinya Mereka membangun rumah dengan cepat.
  2. Now we will build his broken house artinya Sekarang kita akan membangun rumahnya yang rusak. contoh kalimat simple future dengan kata build.
  3. He will build a water reservoir holder as high as 4 M artinya Dia akan membangun tempat dudukan tandon air setinggi 4 M. contoh kalimat simple future dengan kata build.
  4. We spent 2 million rupiah to build furniture in the house artinya Kami menghabiskan uang sebesar 2 juta rupiah untuk membangun perabotan di rumah. 
  5. How to build a big and long bridge? Artinya Bagaimana cara membangun jembatan yang besar dan panjang?
  6. Sabrina will not build a house out of wood artinya Sabrina tidak akan membangun rumah dari bahan kayu. contoh kalimat simple future negatif dengan kata build
  7. We will not build a long bridge in your village artinya Kami tidak akan membangun jembatan yang panjang di desa anda. contoh kalimat simple future negatif dengan kata build
  8. Why are they willing to spend billions of rupiah to build roads in the village? Artinya Mengapa mereka rela memutuskan uang miliaran rupiah untuk membangun jalan di desa? contoh kalimat tanya simple future dengan kata build
  9. We will not build a house near the river artinya Kami tak akan membangun rumah yang dekat dengan sungai. 
  10. She will not build without knowing the legal basis artinya Dia tidak akan membangun tanpa mengetahui dasar hukumnya. 
  11. They will build their opinion based on the manual artinya Mereka akan membangun pendapatnya berdasarkan buku pedoman. 
  12. How do you build without using money? Artinya Bagaimana cara anda membangun tanpa menggunakan uang?
  13. He would build a yard at home using wire and mild steel artinya Dia akan membangun pekarangan di rumah menggunakan kawat dan baja ringan. 
  14. When did they build their house using cement? Artinya Kapan mereka membangun rumahnya menggunakan bahan dari semen? 

Penggunaan Built

Built adalah bentuk perubahan kedua dan ketiga dari kata kerja Build. Built termasuk kata kerja irregular verb, Built artinya membangun, membina. Built digunakan pada kalimat yang menggunakan tenses simple past tense, tenses present perfect tense, past perfect tense dan future perfect tense. 

9 Contoh kalimat dengan kata Built sebagai berikut

  1. Muhammad had built a bridge of wood and cement artinya Muhammad telah membangun jembatan dari kayu dan semen.
  2. He has built a hearth of solid wood artinya Dia telah membangun perapian dari kayu solid
  3. Have you built a house from a swallow cage? Artinya Sudahkah Anda membangun rumah dari sangkar burung walet?
  4. They built a good and robust civilization artinya Mereka membangun peradaban yang baik dan kuat.
  5. Kartika has built three European-style houses artinya artinya Kartika sudah membangun tiga rumah yang bergaya Eropa. 
  6. They have built the rich civilization of the Middle East artinya Mereka telah membangun peradaban kekayaan Timur Tengah. 
  7. Sumarni has built a lovely and luxurious fireplace artinya artinya Sumarni sudah membangun tempat perapian api yang bagus dan mewah.
  8. Show me, dad, when he built the water stand artinya Tunjukkan padaku, ayah, ketika dia membangun water stand.
  9. Show me dad when he built the water stand artinya Tunjukkan kepada saya bapak ketika dia membangun tempat dudukan air.

Perbedaan Build dan Built

Dari penjelasan penggunaan dan contoh kalimat Build, Built, Built di atas, maka bisa difahami perbedaan dari Build, Built, Built sebagai berikut 

  1. Build adalah bentuk verb 1, Build digunakan untuk kalimat yang menggunakan simple present, present continuous dan simple future.
  2. Built adalah bentuk verb 2 dan Verb 3 dari kata Build, Built digunakan untuk kalimat yang menggunakan simple past tense, present perfect tense, past perfect tense dan future perfect tense

Semoga tulisan artikel ini bermanfaat bagi saudara semua, jangan lupa untuk membagikan artikel ke teman-teman anda yang membutuhkan. Thank you..


Posting Komentar untuk "Build, Built, Built Contoh Kalimat, Penggunaan dan Perbedaannya"