Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan tiga bagian otak dan fungsinya?

 Sebutkan tiga bagian otak dan fungsinya?

3 bagian otak yaitu otak besar otak tengah dan otak kecil. 

Penjelasannya sebagai berikut

a) Otak besar

Otak besar berfungsi sebagai pusat kegiatan yang disadari seperti berpikir, mengingat, berbicara, melihat, mendengar, dan bergerak. Otak besar memiliki permukaan berlipat Tipat dan terbagi atas dua belahan. Belahan otak kiri melayani tubuh sebelah kanan dan belahan otak kanan melayani tubuh sebelah kiri. Otak besar terdiri atas dua lapisan, Lapisan luar berwama kelabu disebut korteks, berisi badan-badan sel saraf. Lapisan dalam berwama putih berisi serabut-serabut saraf (neurit/akson).

b) Otak tengah

Otak tengah/mesencephalon terletak di depan otak kecil. Bagian otak tengah adalah lobus optikus yang berhubungan dengan gerak refleks mata.Pada dasar otak tengah terdapat kumpulan badan sel saraf (ganglion) yang berfungsi untuk mengontrol gerakan dan kedudukan tubuh.

c) Otak kecil

Otak kecil berfungsi mengatur keseimbangan tubuh dan mengkoordinasi kerja otot ketika kita bergerak. Otak kecil terletak di bawah otak besar bagian belakang. Susunan otak kecil seperti otak besar. Terdiri atas belahan kanan dan kiri. Belahan kanan dan kini, otak kecil dihubungkan oleh jembatan Varol. Terbagi menjadi dua lapis, yaitu lapisan luar berwama kelabu dan lapisan dalam berwarna putih.



Posting Komentar untuk "Sebutkan tiga bagian otak dan fungsinya?"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close