Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Enam Gangguan atau Penyakit pada Sistem Saraf Manusia?

 Sebutkan enam gangguan atau penyakit pada sistem saraf manusia? 

Berikut 6 gangguan atau penyakit pada sistem saraf manusia

1. Penyakit parkinson. Parkinson disebabkan oleh berkurangnya neurotransmiter dopamin. Penyakit ini ditandai dengan tangan gemetar, sulit bergerak, dan kekakuan otot. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang berusia 40 tahun ke atas.

2.Stroke. Stroke disebabkan oleh kerusakan pada otak yang dipicu oleh terhalangnya aliran darah atau hilangnya darah di pembuluh darah dalam otak. Stroke dapat menyebabkan reaksi motoris, terganggu sehingga muncul kelumpuhan sebagian anggota tubuh.

 3. Meningitis. Meningitis merupakan penyakit infeksi atau radang yang menyerang lapisan otak (meninges). Meningitis disebabkan oleh infeksi mikroorganisme.

4. Epilepsi. Epilepsi merupakan penyakit yang disebabkan oleh dilepaskannya letusan-letusan listrik (impuls) pada neuron-neuron di otak. Gejala yang ditimbulkan epilepsi yaitu kejang-kejang, 

5. Sklerosis ganda, Sklerosis menyebabkan penderitanya mengalami pengurangan mielin yang mengakibatkan gangguan pada kemampuan saraf untuk menghantarkan impuls elektrik dari dan ke otak. Gejala sklerosis, di antaranya lemas pada kaki dan lutut, hilangnya keseimbangan, penglihatan kabur, berkurangnya kemampuan berbicara. 

6. Rabies, Rabies merupakan penyakit infeksi akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Rabies ditularkan melalui gigitan hewan penular rabies, seperti anjing, kucing, dan kera. 


Posting Komentar untuk "Sebutkan Enam Gangguan atau Penyakit pada Sistem Saraf Manusia? "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close