Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(شَمَالٌ) Syamalun (شَمَالِيَّةٌ) Syamaliyatun ِArtinya dan Contoh Kalimatnya

 Apa Artinya Syamalun dan Syamaliyatun?

Syamalun dan Syamaliyatun adalah kosakata mata arah angin di dalam Bahasa arab, Tulisan arab Syamalun adalah (شَمَالٌ) Tulisan arab Syamaliyatun adalah (شَمَالِيَّةٌ). Kata Syamalun terdiri dari 4 huruf hijaiyah, huruf Syin, huruf mim, huruf alif dan huruf lam. Sedangkan Syamaliyatun terdiri dari 6 huruf hijaiyah, yaitu : huruf Syin, huruf ro’, huruf qof, huruf ya’, huruf ta’ marbuthoh. Syamalun atau Syamaliyatun artinya Utara, Syamalun merupakan bentuk Isim (kata benda) mudzakar sedangkan (جَنُوْبِيَّة) Syamaliyatun merupakan bentuk isim mu’annats. Kata Syamalun bisa berubah menjadi Syamalan atau Syamalin tergantung susunannya di dalam sebuah kalimat.

(شَمَالٌ) Syamalun (شَمَالِيَّةٌ) Syamaliyatun ِArtinya dan Contoh Kalimatnya
Gambar 1.0. Contoh Kalimat Syamalun dan Syamaliyatun

Contoh Kalimat dengan Syamalun dan Syamaliyatun

Berikut 11 contoh kalimat dengan kata Syamalun (شَمَالٌ) dan Syamaliyatun (شَمَالِيَّةٌ) di bahasa arab dan artinya, warna kuning kami berikan kepada kata yang terdapat Syamalun (شَمَالٌ) dan Syamaliyatun (شَمَالِيَّةٌ) supaya memudahkan di dalam mempelajarinya, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah atau melalui form konsultasi :

  1. رَأَيْتُ الرِّيَاحَ تَهُبُّ مِنَ الشَّمَالِ إِلَى الجَنُوْبِ roaitur riyakha tahubbu minasy syamali ilal janubi artinya Saya melihat angin berhembus dari utara ke selatan.
  2. لَا نَعْرِفُ مَا هُوَ شَمَالٌ مَبْنِى المَدْرَسَةِ la na’rifu ma huwa syamalun mabnil madrosati artinya Kami tidak mengetahui apa saja yang berada di utara gedung sekolah.
  3. هَلْ تَخْزَنَ أَغْرَاضَكَ شَمَالً مَبْنِى المَدْرَسَةِ؟ hal takhzana aghrodhoka syamalan mabnil madrosati artinya Apakah anda menyimpan barang-barang anda di utara gedung sekolah?
  4. لَا ، أَنَا لَا أُبْقِي أَشْيَائِي شَمَالً مَبْنِى الْمَدْرَسَة.la ana la ubqiy asyyaniy syamalan manbil madrosati Artinya Tidak, Saya tidak menyimpan barang-barang saya di utara gedung sekolah.
  5. فِي الْجُزْءِ الشَمَالِيِّ مِنْ مَدِيْنَة جِدَّة سَيَتِمُ بِنَاءٍ مَيْنَاءٍ رَائِعٍ جِدًّا. Fil juz’isyamaliyi min madinatin jiddah sayataimu bina in mabna in roi’in jiddan Artinya Di bagian utara Kota Jeddah akan dibangun sebuah pelabuhan yang sangat megah.
  6. هَلْ تَعْلَمُ مَا هُوَ شِمَالٍ بِنَايَتِنَا؟ hal ta’lamu ma huwa syimalin binayatina artinya Apakah anda mengetahui apa saja yang berada di utara gedung kita ini?
  7. لَا ، لَا أُعَرِّفُ مَا الَّذِي شَيِّدَهُ العَمْدَةَ فِي الجُزْءِ الشَمَالِي مِنْ جَزِيْرَة تَارَاكَان. La la u’arrifu mal ladzi syayyidahul ‘amdata fil juz il syamali min jaziroti Tarakan artinya Tidak, Saya tidak mengetahui apa yang sudah dibangun oleh Bapak Walikota di bagian utara Pulau Tarakan.
  8. لِمَاذَا يَبْنُوْنَ مَنَازِلَ تَمْتَدُ مِنَ الشَمَالِ إِلَى الجَنُوْبِ؟ limadha yabnun manazil tamtadu min alshamal 'iilaa aljanubi artinya Mengapa mereka membangun rumah membujur dari utara ke selatan?
  9. قَبْليّةٌ شَمَالِيَّة تَبْنِي مَدِيْنَة فِي سُوْرَابَايَا qobliyatun syamaliyatun tabniy Madinah fi Surabaya artinya suku utara membangun kota di Surabaya.
  10. جَاكَرْتَا الشَمَالِيَّة مَدِيْنَة كَبِيْرَةٌ وَجَمِيْلَة Jakarta syamaliyah Madinah kabirotan wa jamilatan artinya jakarta utara adalah kota yang besar dan indah.
  11. الرِّيَاح الشَمَالِيَّة شَدِيْدَة البُرُوْدَة وَقَوِيَّة alriyah alshamaliat shadidatul burudati waqawiyatun artinya angin utara sangat dingin dan kuat.


Posting Komentar untuk " (شَمَالٌ) Syamalun (شَمَالِيَّةٌ) Syamaliyatun ِArtinya dan Contoh Kalimatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close