Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan 23 Contoh imbuhan ber- kan dalam Kalimat serta Penjelasannya

Di dalam Bahasa Indonesia, kita akan menemukan berbagai macam imbuhan pada kata depan, penggunaan imbuhan menjadikan sebuah kalimat lebih enak untuk dibaca, didengar dan difahami. seperti kata bermandikan, berpasangkan, bersuamikan, dimana aturan penulisan  imbuhan ber-kan sebagai imbuhan yang berada di awal kata harus tertulis bersambung, tidak boleh dipisah.

Apa fungsi imbuhan ber-kan?

Imbuhan ber-kan mempunyai fungsi untuk membentuk kata kerja intransitif, seperti kalimat dia  bermandikan air keringat setelah berlari 10 km. bermandikan air keringat berarti tubuhnya penuh dengan air keringat, atau kalimat Kami tidur beralaskan tikar dan rumput halaman, beralaskan tikar berarti tidak dengan alas tikar.

Fungsi dan 23 Contoh imbuhan ber- kan dalam Kalimat serta Penjelasannya
gambar 1.0. contoh kalimat imbuhan ber-kan

Contoh Kalimat Imbuhan ber-kan

Setelah saudara memahami fungsi imbuhan ber-kan, Berikut 23 contoh kalimat dengan imbuhan ber-kan dan penjelasannya, apabila saudara mempunyai pertanyaan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah 

  1. Samsul pergi ke Jakarta bermodalkan ilmu pengetahuan. bermodalkan berasal dari kata dasar modal dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  2. Dia duduk dipelaminan bersandingkan suaminya. bersandingkan berasal dari kata dasar sanding dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  3. Kami membeli buku bersampulkan Presiden sukarno. bersampulkan berasal dari kata dasar sampul dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  4. Dia bermandikan air keringat sejak pagi tadi. bermandikan berasal dari kata dasar mandi dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  5. Fadan sedang bermimpikan pergi ke luar angkasa. bermimpikan berasal dari kata dasar mimpi dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  6. Doanya bertaburkan keringat dan harapan orang tuanya. bertaburkan berasal dari kata dasar tabur dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  7. Mereka bersenjatakan tombak dan pisau menyerang para penjahat di sawah. bersenjatakan berasal dari kata dasar senjata dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  8. Dia akan bersuamikan orang Sunda pada bulan depan. bersuamikan berasal dari kata dasar suami dan mendapatkan imbuhan ber-kan. 
  9. Mereka senang beristrikan orang yang kaya raya. beristrikan berasal dari kata dasar istri dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  10. Fadli berayahkan laki-laki yang baik hati dan sholeh. berayahkan berasal dari kata dasar ayah dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  11. Saya menemukan papan nama bertuliskan nama anda dan istri anda. bertuliskan berasal dari kata dasar tulis dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  12. Dia mudah tidur walaupun hanya berbantalkan kayu. berbantalkan berasal dari kata dasar bantal dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  13. Indonesia didirikan berasaskan Pancasila dan UUD 1945. berasaskan berasal dari kata dasar asas dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  14. Kami menulis berdasarkan buku panduan yang ada. berdasarkan berasal dari kata dasar “dasar” dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  15. Dia berbicara dengan temannya dengan bersandikan morse. bersandikan berasal dari kata dasar sandi dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  16. Kami bermain petak umpet dengan bertopengkan polisi. bertopengkan berasal dari kata dasar topeng dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  17. Rumahnya bagus dan beratapkan genteng kayu. beratapkan berasal dari kata dasar atap dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  18. Kisah hidupnya berakhirkan dengan peristiwa yang mengharukan. berakhirkan berasal dari kata dasar akhir dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  19. saya senang melihat videonya yang bercirikan nusantara sentris. bercirikan berasal dari kata dasar ciri dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  20. Dia tampil percaya diri berhiaskan permata dan gaun sutra. berhiaskan berasal dari kata dasar hias dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  21. Ikan kakap merah hidup bernapaskan dengan insangnya. bernapaskan berasal dari kata dasar napas dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  22. Kami berbicara dan berpendapat berlandaskan aturan negara Republik Indonesia. berlandaskan berasal dari kata dasar landas dan mendapatkan imbuhan ber-kan.
  23. Grup kami beranggotakan 5 orang, dimana 4 diantaranya adalah wanita. beranggotakan berasal dari kata dasar anggota dan mendapatkan imbuhan ber-kan.

Posting Komentar untuk "Fungsi dan 23 Contoh imbuhan ber- kan dalam Kalimat serta Penjelasannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close