Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan 25 Contoh imbuhan ber- dalam Kalimat serta Penjelasannya

Di dalam Bahasa Indonesia, kita akan menemukan berbagai macam imbuhan pada kata depan, penggunaan imbuhan menjadikan sebuah kalimat lebih enak untuk dibaca, didengar dan difahami. seperti kata berjalan, bernyanyi, berdiskusi, dimana aturan penulisan  imbuhan ber- sebagai imbuhan yang berada di awal kata harus tertulis bersambung, tidak boleh dipisah.

Apa Saja Fungsi Imbuhan ber-?

Imbuhan ber- mempunyai fungsi untuk membentuk kata kerja dan kata sifat, Berikut adalah 3 arti imbuhan ber- dalam kalimat Bahasa Indonesia.

  1. Memiliki arti mempunyai atau memiliki. Contoh : Dia berkewajiban membela bangsa dan negaranya Indonesia (mempunyai kewajiban)
  2. Memiliki arti menggunakan atau memakai. Contoh : Dia pergi bekerja dengan berpakaian batik. (Menggunakan pakaian)
  3. Memiliki arti menghasilkan atau mengeluarkan. Contoh : Saya senang melihat pohon pisang berbuah lebat. (Menghasilkan buah)

Fungsi dan Contoh imbuhan ber-  dalam Kalimat serta Penjelasannya
gambar 1.0. Contoh Kalimat dengan imbuhan ber-

Contoh Kalimat Imbuhan ber-

Setelah saudara memahami fungsi imbuhan ber-, Berikut 25 contoh kalimat dengan imbuhan ber- dan penjelasannya, apabila saudara mempunyai pertanyaan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah 

  1. Dia berkirim surat kepada orang tua saya. Berkirim berasal dari kata dasar kirim dan mendapatkan imbuhan ber-.
  2. Saya telah berkata sejujurnya kepada mereka. Berkata berasal dari kata dasar kata dan mendapatkan imbuhan ber-.
  3. Dia sedang melihat rembulan bersinar di malam hari. Bersinar berasal dari kata dasar sianr dan mendapatkan imbuhan ber-.
  4. Kami tidak akan bermain bola lagi di rumah anda. Bermain berasal dari kata dasar main dan mendapatkan imbuhan ber-.
  5. Anak anda berteriak dengan suara keras kemarin. Berteriak berasal dari kata dasar teriak dan mendapatkan imbuhan ber-.
  6. Maulana sedang bersembunyi di belakang pohon kelapa. Bersembunyi berasal dari kata dasar sembunyi dan mendapatkan imbuhan ber-.
  7. Kami menyukai buku anda, karena berisi tulisan dan gambar yang menarik. Berisi berasal dari kata dasar isi dan mendapatkan imbuhan ber-.
  8. Sumanto tidak akan berdusta di depan orang tua anda. Berdusta berasal dari kata dasar dusta dan mendapatkan imbuhan ber-.
  9. Susilowati akan berdiskusi dengan orang tua kami di rumah. Berdiskusi berasal dari kata dasar kirim dan mendapatkan imbuhan ber-.
  10. Rere sedang bersama temannya di sekolah untuk bekerja kelompok. Bersama berasal dari kata dasar sama dan mendapatkan imbuhan ber-.
  11. Kami tidak akan berdiam diri mengetahui anda diserang mereka. Berdiam diri berasal dari kata dasar diam dan mendapatkan imbuhan ber-.
  12. Mereka bernyanyi dengan teman mereka. Bernyanyi berasal dari kata dasar Nyanyi dan mendapatkan imbuhan ber-.
  13. Santo berjalan ke arah utara desa sendirian. Berjalan berasal dari kata dasar jalan dan mendapatkan imbuhan ber-.
  14. Dia berbisik dengan suara yang amat pelan kepada kami. Berbisik berasal dari kata dasar bisik dan mendapatkan imbuhan ber-.
  15. Burung anda bersiul dengan suara yang amat merdu. Bersiul berasal dari kata dasar siul dan mendapatkan imbuhan ber-.
  16. Samsul bahagia beristri orang Jawa. Beristri berasal dari kata dasar istri dan mendapatkan imbuhan ber-.
  17. Dia berencana bersuami orang Kalimantan. Berencana berasal dari kata dasar rencana dan mendapatkan imbuhan ber-.
  18. Faradilla berdandan bak putri sultan Kalimantan. Berdandan berasal dari kata dasar dandan dan mendapatkan imbuhan ber-.
  19. kami bersenandung lagu jawa di sawah. Bersenandung berasal dari kata dasar senandung dan mendapatkan imbuhan ber-.
  20. Dia berlari dengan kencang seperti orang dikejar hantu. Berlari berasal dari kata dasar lari dan mendapatkan imbuhan ber-.
  21. Tomi berjanji kepada Annisa mengenai rencana pernikahan mereka. Berjanji berasal dari kata dasar janji dan mendapatkan imbuhan ber-.
  22. Presiden akan bertindak tegas kepada setiap pengacau jalannya pemerintahan. Bertindak berasal dari kata dasar tindak dan mendapatkan imbuhan ber-.
  23. Ustadz akan bermunajat di Masjid Istiqlal Jakarta. Bermunajat berasal dari kata dasar munajat dan mendapatkan imbuhan ber-.
  24. Samsul biasanya bertasbih setiap malam jum’at. Bertasbih berasal dari kata dasar tasbih dan mendapatkan imbuhan ber-.
  25. Kami tertegun melihat ibu Zahroh berdzikir dengan khusyu’ dirumahnya. Berdzikir berasal dari kata dasar kirim dan mendapatkan imbuhan ber-.

Posting Komentar untuk "Fungsi dan 25 Contoh imbuhan ber- dalam Kalimat serta Penjelasannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close