Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Imbuhan di-i dalam Kalimat dan Penjelasannya

Di dalam Bahasa Indonesia, kita akan menemukan berbagai macam imbuhan pada kata depan sebagai keterangan tempat atau keterangan waktu, penggunaan imbuhan menjadikan sebuah kalimat lebih enak untuk dibaca, didengar dan difahami. seperti kata dihadapi, diberkahi, diminati, dimana aturan penulisan  imbuhan di-i sebagai imbuhan yang berada di awal dan di akhir kata harus tertulis bersambung, tidak boleh dipisah.

Contoh Imbuhan di-i dalam Kalimat dan Penjelasannya
Gambar 1.0. Contoh Kalimat dengan Imbuhan di-i

Berikut adalah 21 contoh kalimat dengan imbuhan di-i dan penjelasannya. apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis di kolom komentar di bawah :
  1. Semua ujian yang datang hendaknya dihadapi dengan lapang dada. dihadapi berasal dari kata dasar hadap dan mendapatkan imbuhan di-i.
  2. Saya merasa bahagia dikirimi bunga oleh Annisa. dihadapi berasal dari kata dasar hadap dan mendapatkan imbuhan di-i.
  3. Setiap langkahku selalu diberkahi oleh Tuhan pencipta alam semesta. diberkahi berasal dari kata dasar berkah dan mendapatkan imbuhan di-i.
  4. Sepeda motor saya selalu ditumpangi oleh Fadil dan temannya. ditumpangi berasal dari kata dasar tumpangdan mendapatkan imbuhan di-i.
  5. Saya tidak suka dimintai keterangan oleh polisi. diinintai berasal dari kata dasar minta dan mendapatkan imbuhan di-i.
  6. Gambar ini diminati oleh banyak orang dari pulau seberang. diminati berasal dari kata dasar minat dan mendapatkan imbuhan di-i.
  7. Kami senang diiming-imingi janji palsu oleh mereka. diiming-imingi berasal dari kata dasar iming-iming dan mendapatkan imbuhan di-i.
  8. Pak Suparman merasa takut didatangi polisi tengah malam. didatangi berasal dari kata dasar datang dan mendapatkan imbuhan di-i.
  9. Tanah kami ditanami jagung dan padi oleh bapak kepala desa. ditanami berasal dari kata dasar tanam dan mendapatkan imbuhan di-i.
  10. Saya melihat video anda disukai oleh mereka. disukai berasal dari kata dasar suka dan mendapatkan imbuhan di-i.
  11. Kami akan dikunjungi oleh Dokter dan bidan puskesmas kelurahan. dikunjungi berasal dari kata dasar kunjung dan mendapatkan imbuhan di-i.
  12. Semua burung dan ular telah ditangkapi oleh pemburu sejak 3 bulan yang lalu. ditangkapi berasal dari kata dasar tangkap dan mendapatkan imbuhan di-i.
  13. Saya merasa dikerjai oleh mereka selama ini. dikerjai berasal dari kata dasar kerja dan mendapatkan imbuhan di-i.
  14. Rumah saya ditutupi dengan seng dan atap beton. ditutupi berasal dari kata dasar tutup dan mendapatkan imbuhan di-i.
  15. Saya sudah ditunggui oleh mereka selama 3 jam. ditunggui berasal dari kata dasar tunggu dan mendapatkan imbuhan di-i.
  16. Saya ingin dicintai,bukan dihina dan dicemooh. dicintai berasal dari kata dasar cinta dan mendapatkan imbuhan di-i.
  17. Mereka ingin disayangi, bukan kucilkan dan ditinggalkan. dihadapi berasal dari kata dasar hadap dan mendapatkan imbuhan di-i.
  18. Kami telah dipukuli oleh  beberapa orang yang tak dikenal tadi malam. dipukuli berasal dari kata dasar pukul dan mendapatkan imbuhan di-i.
  19. Dia sudah dikasihi oleh walikota selama 3 tahun. dikasihi berasal dari kata dasar kasih dan mendapatkan imbuhan di-i.
  20. Saya diajari bapak guru ilmu berhitung dan berpolitik. diajari berasal dari kata dasar ajar dan mendapatkan imbuhan di-i.
  21. tali itu akan dilompati oleh kuda mereka. Dilompati berasal dari kata dasar lompat dan mendapatkan imbuhan di-i.

Posting Komentar untuk "Contoh Imbuhan di-i dalam Kalimat dan Penjelasannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close