Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh ‘Athof Nasaq dan Pengertiannya

Apa yang dimaksud dengan ‘Athof Nasaq?

Pengertian ‘Athof Nasaq adalah lafadz yang mengikuti pada matbu’nya dengan menggunakan perantara huruf ‘athof. Sebagaimana tertulis di dalam Alfiyah ibnu Malik sebagai berikut

تَالٍ بِحَرْفٍ مُتْبعٍ عَطْفُ النَّسَقْ كَاخْصُصْ بِوُدَ وَ ثَنَاءٍ مَنْ صَدَقْ

Tulisan Latin : Talin bikharfin mutsbi’in ‘athfun nasaq ka akhshus biwuda  wa tsana in man shodaq

Artinya : “Athof nasaq yaitu lafadz yang mengikuti pada matbu’nya dengan menggunakan perantara huruf ‘athof”

Contoh ‘Athof Nasaq dan Pengertiannya
gambar 1.0. Contoh Kalimat dengan 'Athof Nasaq

Bagaimana Aturan Penulisan ‘Athof Nasaq ?

 ‘Athof Nasaq itu berfungsi meng’athofkan (menggabungkan) ma’thuf dan ma’thuf ‘alaihnya secara mutlak yakni baik dalam segi lafadz maupun dalam segi hukumnya untuk huruf ‘athof الْوَاوُ, ثُمَّ, الْفَاءُ, حَتَّى, اَمْ dan اَوْ. sedangkan huruf ‘athof لَكِنْ, لَا, بَلْ berfungsi mengathofkan ma’thuf dan ma’thuf ‘alaih dalam lafadznya saja, tidak dalam segi hukumnya.

Sebagaimana tertulis di dalam nadhoman kitab alfiyah ibnu Malik,  sebagai berikut 

فَالْعَطْفُ مُطْلَقًا بِوَاوٍ ثُمَّ فَا حَتَّى اَمْ اَوْ كَفِيْك صِدْقٌ وَوَفَا

وَاَتْبَعَتْ لَفْظً فَحَسْبُ بَلْ وَلَا لَكِنْ كَلَمْ يَبْدُ امْرُؤ لَكِنْ طَلَا

Tulisan latin : fal ‘athfu muthlaqon bi wawin tsumma fa hatta am au kafika shidqun wa wa fa wa atsba’ats lafdhon fahasbu bal wa la walakin kalam yabdum ru un wa lakin thola

artinya : Huruf ‘Athof wawu, tsumma, fa, hatta, am dan au itu berfungsi mengathofkan (menggabungkan) ma’thuf dan ma’thuf ‘alaihnya secara mutlak yakni baik dalam sgi lafadz maupun dalam segi hukumnya,

Huruf ‘athof bal, lam alif dan lakin itu berfungsi meng’athofkan ma’thuf dan ma;thuf ‘alaihnya dalam segi lafadznya saja, tidak dalam segi hukumnya.

Contoh Kalimat dengan ‘Athof Nasaq

setelah saudara memahami nadhoman di atas, berikut adalah 11 contoh kalimat dengan ‘athof Nasaq dan penjelasannya

  1.  فَاطِمَةٌ أَوْ زَيْنَبٌ ذَهَبَتْ إِلَى مَكَّة artinya Fathimah atau Zainab telah pergi ke Mekkah, au adalah huruf ‘athof nasaq.
  2. سَاعَدَ طَلْحَةٌ وَعُثْمَانٌ النَّاسَ فِي الْنَهَرِ artinya Tholhah atau usman telah menolong orang di sungai. wawu adalah huruf ‘athof nasaq.
  3.  تُمَّ اسْتِخْدَامُ الْمَنْزِلِ أَوْ الْمَسْجِدِ كَمَأْوَى artinya Rumah atau masjid telah digunakan untuk tempat berteduh. au adalah huruf ‘athof nasaq.
  4.  تُمَّ إِصْلاحُ الْجُسُوْرِ وَالْطَرِقِ تَحْتَ جَكَوِى artinya JokowiJembatan dan jalan telah diperbaiki di masa Jokowi. wawu adalah huruf ‘athof nasaq.
  5.  لَقَدْ مَرُّوْا عَبْرَ الْغَابَةِ وَالْجِبَالِ فِي الْشَهْرِ الْمَاضِي artinya Hutan dan gunung telah mereka lewati bulan lalu. wawu adalah huruf ‘athof nasaq.
  6.  دَخَلْتُ جَاكَرْتَا فَسُوْرَبَيَا artinya Saya telah masuk Jakarta kemudian Surabaya. fa adalah huruf ‘athof nasaq.
  7.  جَاءَ زَيْدٌ وَ عُمَرٌ فِى الْمَسْجِدِ artinya Telah datang Zaid dan Umar di masjid. wawu adalah huruf ‘athof nasaq.
  8.  جَاءَ طَالِبُ ثُمَّ مُدَرِّسٌ فِى هَذَا الْفَصْلِ artinya Telah datang siswa kemudian gurunya di kelas ini. tsumma adalah huruf ‘athof nasaq.
  9.  وَصَلَ مُهَنْدِسٌ وَطَبِيْبٌ فِي هَذِهِ الْغُرْفَةِ artinya Telah datang insinyur kemudian dokter di ruangan ini. wawu adalah huruf ‘athof nasaq.
  10.  مَاقَامَ عُمَرٌ بَلْ هَمْزَةٌ artinya Umar tidak berdiri melainkan hamzah. bal adalah huruf ‘athof nasaq.
  11.  جَاءَ مُهَنْدِسٌ لَا مُدَرِّسٌ artinya insinyur telah datang bukan guru. lam alif adalah huruf ‘athof nasaq.

Posting Komentar untuk " Contoh ‘Athof Nasaq dan Pengertiannya"

Klik Voucher di bawah untuk gratis ongkir

shopee