Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Contoh Imbuhan di-kan dalam Kalimat dan Penjelasannya

Di dalam Bahasa Indonesia, kita akan menemukan berbagai macam imbuhan pada kata depan sebagai keterangan tempat, penggunaan imbuhan menjadikan sebuah kalimat lebih enak untuk dibaca, didengar dan difahami. seperti kata dipasarkan, diramaikan atau disimpankan, dimana aturan penulisan  imbuhan di-kan sebagai imbuhan yang berada di awal dan akhir kata harus tertulis bersambung, tidak boleh dipisah.

25 Contoh Imbuhan di-kan dalam Kalimat dan Penjelasannya
gambar 1.0. Contoh Kalimat dengan imbuhan di-kan

Berikut 25 contoh kalimat dengan imbuhan di-kan di Bahasa Indonesia beserta penjelasannya. adapun warna biru kami berikan kepada kata yang mendapatkan imuhan di-kan supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. Kegiatan lomba Agustusan akan diadakan pada tanggal 21 Agustus 2022. diadakan berasal dari kata dasar ada dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  2. Libur tanggal merah minggu depan akan diramaikan dengan sholawat habib syech. diramaikan berasal dari kata dasar ada dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  3. Pelaku pencurian uang kertas di bank akan dipenjarakan secepat mungkin. dipenjarakan berasal dari kata dasar penjara dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  4. Uang saya sudah dipindahkan ke Bank BRI oleh kakak saya. dipindahkan berasal dari kata dasar pindah dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  5. Bapak Samsul akan dicalonkan menjadi wali kota Sidoarjo tahun depan. dicalonkan berasal dari kata dasar calon dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  6. Jas hujan saya dipasarkan oleh anak-anak di Facebook. dipasarkan berasal dari kata dasar pasar dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  7. Perahu pencuri ikan ditenggelamkan oleh Ibu Susi Pudjiastuti. ditenggalamkan berasal dari kata dasar tenggelam dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  8. Sampah di taman kota telah dibersihkan oleh petugas kebersihan yang berjaga. dibersihkan berasal dari kata dasar bersih dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  9. Siapa yang menang dipertandingan ini akan dituliskan dengan tinta emas sejarah. dituliskan berasal dari kata dasar tulis dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  10. Roti dibuatkan oleh mama saya tadi pagi. dibuatkan berasal dari kata dasar buat dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  11. Peralatan anda telah disembunyikan oleh Budi di suatu tempat. disembunyikan berasal dari kata dasar sembunyi dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  12. Keris ini dimuseumkan oleh pemerintah kota solo selama 50 tahun. dimuseumkan berasal dari kata dasar museum dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  13. Kegiatan ini sudah didokumentasikan oleh bapak Bambang dengan kameranya. didokumentasikan berasal dari kata dasar dokumentasi dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  14. sayangnya, Acara favorit saya di TV dimatikan oleh pemerintah. dimatikan berasal dari kata dasar mati dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  15. Kami sejak kecil ditanamkan rasa cinta kepada Nabi dan Tuhannya oleh orang tua kami. ditanamkan berasal dari kata dasar mati dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  16. Iklan sabun mandi ditayangkan di Youtube sebanyak ribuan kali. ditayangkan berasal dari kata dasar tayang dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  17. Saya bersyukur kepada Tuhan karena masalah saya sudah diselesaikan oleh pihak kepolisian. diselesaikan berasal dari kata dasar selesai dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  18. 20.000 prajurit TNI akan ditugaskan di Papua mulai bulan depan. ditugaskan berasal dari kata dasar tugas dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  19. Bapak Agus Sofyan akan segera dipensiunkan dini mulai tahun depan. dipensiunkan berasal dari kata dasar pensiun dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  20. Jenazah beliau akan dikuburkan di dekat Masjid Al Ikhlas Sebengkok nanti sore. dikuburkan berasal dari kata dasar kubur dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  21. Kota kami telah difilmkan di National geographic. difilmkan berasal dari kata dasar film dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  22. saya berterima kasih kepada gojek, karena sudah diantarkan sampai ke tempat tujuan. diantarkan berasal dari kata dasar antar dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  23. Saya malu apabila foto saya disandingkan dengan Annisa. disandingkan berasal dari kata dasar sanding dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  24. Kami merasa marah apabila timnas kami dilecehkan oleh mereka. dilecehkan berasal dari kata dasar leceh dan mendapatkan imbuhan di-kan.
  25. Dia difavoritkan juara sepakbola tahun depan. difavoritkan berasal dari kata dasar favorit dan mendapatkan imbuhan di-kan.


Posting Komentar untuk "25 Contoh Imbuhan di-kan dalam Kalimat dan Penjelasannya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close