Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Isim Mudzakkar dan Isim Mu’annats

Sebelum memahami perbedaan isim mudzakkar dan isim mu’annats, sebaiknya kita memahami dahulu pengertian dan ciri-ciri isim mudzakkar dan isim mu’annats sekilas, supaya mempunyai pemahaman yang sempurna.

Apa Ciri-ciri isim Mudzakkar?

isim mudzakkar adalah kata benda yang menunjukkan arti laki-laki, isim mudzakkar bisa berupa nama orang, nama hewan, nama benda dan sebagainya, 2 ciri-ciri isim mudzakkar yaitu jika menunjukkan arti laki-laki dan tidak terdapat ta’ marbuthoh di kata tersebut. 

5 contoh isim mudzakkar seperti (كِتَابُ)buku,( مَكْتَبٌ ) meja, (قَلَمٌ) pena, (طَيَّارٌ) burung, (كُرْسِيٌّ) kursi

Baca Juga : Contoh Isim Mudzakkar dan Pengertiannya

Apa Ciri-ciri Isim Mu’annats?

isim mu’annats adalah kata benda yang menunjukkan arti wanita, isim mu’annats bisa berupa nama orang, nama hewan, nama benda dan sebagainya. Berikut adalah 3 ciri-ciri isim Mu’annats:

  1. Isim Mu’annats diakhiri dengan ta’ marbuthah (ة), contohnya:lemari (خِزَانَةٌ) Sapu , (مِكْنَسَةٌ), Pohon (شَجَرَةٌ) , Kursi (كُرَّسَةٌ)., Mobil (سَيَّارَةٌ)
  2. Menunjukkan sesuatu yang berpasangan, contohnya: (عَيْنَانٌ)Dua mata,  (سَاقَيْنِ)Dua kaki, (يُدِيْنُ)dua tangan, (اَرْضٌ وَ السَّمَاء ) bumi dan langit
  3. Menunjukkan arti wanita, walaupun tidak mempunyai ta’ marbuthoh seperti Zainab (زَيْنَبٌ, Hindun (هِنْدٌ), Maryam (مَرْيَمٌ)

Perbedaan Isim Mudzakkar dan Isim Mu’annats
Gambar 1.0. Perbedaan Isim Mudzakkar dan Isim Mu'annats

Apa perbedaan Isim Mudzakkar dan Isim Mu’annats.

Setelah memahami dan mempelajari ciri-ciri isim mudzakkar dan isim mu’annats, berikut adalah 2 perbedaan isim mudzakkar dengan isim mu’annats

  1. Isim mudzakkar adalah kata benda yang menunjukkan arti laki-laki sedangkan isim mu’annats adalah kata benda yang menunjukkan arti wanita
  2. Isim mudzakkar tidak mempunyai ta’ marbuthoh, sedangkan isim mu’annats mempunyai ta’ marbuthoh

Posting Komentar untuk "Perbedaan Isim Mudzakkar dan Isim Mu’annats"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close