Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Ciri-ciri Isim Mu'annats dan Macamnya

 Apa Itu Isim muannats? 

Pengertian isim muannats adalah kata benda yang menunjukkan arti wanita, baik hewan, manusia, benda mati dan sebagainya. Contoh isim mu’annats seperti Zainab (زَيْنَبٌ, Fathimah(فَاطِمَةٌ), Taman  (حَدِيْقَةٌ) dan lemari (خِزَانَةٌ), Mungkin anda bingung, kenapa kata Zainab tidak mempunyai ta’ marbuthoh di akhir kata tetapi termasuk isim mu’annats? maka dari itu hendaknya anda membaca lebih mendetail 3 ciri-ciri isim mu’annats di bawah.

3 Ciri-ciri Isim Mu'annats dan Macamnya
Gambar 1.0. Ciri-ciri Isim Mu'annats

Apa ciri-ciri Isim Mu’annats?

Berikut adalah 3 ciri-ciri isim Mu’annats:

  1. Isim Mu’annats Diakhiri dengan ta’ marbuthah (ة), contohnya:lemari (خِزَانَةٌ) Sapu , (مِكْنَسَةٌ), Pohon (شَجَرَةٌ) , Kursi (كُرَّسَةٌ)., Mobil (سَيَّارَةٌ)
  2. Menunjukkan sesuatu yang berpasangan, contohnya: (عَيْنَانٌ)Dua mata,  (سَاقَيْنِ)Dua kaki, (يُدِيْنُ)dua tangan, (اَرْضٌ وَ السَّمَاء ) bumi dan langit
  3. Menunjukkan arti wanita, walaupun tidak mempunyai ta’ marbuthoh seperti Zainab ((زَيْنَبٌ, Hindun (هِنْدٌ), Maryam (مَرْيَمٌ)

Jadi, bisa difahami bahwa ciri-ciri kata benda disebut isim muannats apabila menunjukkan arti wanita dan  ta’ marbuthoh di kata tersebut, walaupun terdapat kata benda yang terdapat ta’ marbuthoh tetapi dia menunjukkan makna laki-laki maka dia termasuk isim mudzakkar. Seperti kata Abdullah, syaifullah, usamah, tolhah, sebaliknya apabila kata benda tersebut menunjukkan arti wanita walaupun tidak terdapat ta’ marbuthoh maka kata benda tersebut adalah isim mu’annats seperti kata maryam, zainab dan hindun. Sehingga tidak bisa dijadikan pedoman bahwa adanya ta’ marbuthoh pasti isim mu’annats, tetapi memahami juga arti dari kata tersebut apakah menunjukkan arti laki-laki atau wanita. Sedangkan bagi kata yang berpasangan seperti dua kaki, dua mata, bumi dan langit dan lain-lain maka kata tersebut merupakan isim mu’annats. 

Baca Juga : 21 Contoh Isim Mu'annats dan Pengertiannya

Berapa Macam Pembagian Isim Mu’annats?

Menurut ilmu nahwu shorof, Isim Mu’annats di bagi menjadi 3 macam yaitu, 

  1. Isim Mu’annats Lafdzi, seperti Pohon (شَجَرَةٌ) , Kursi (كُرَّسَةٌ)., Mobil (سَيَّارَةٌ)
  2. Isim Mu’annats Maknawi seperti Zainab ((زَيْنَبٌ, Hindun (هِنْدٌ), Maryam (مَرْيَمٌ)
  3. Isim Mu’annats Majazi seperti ارْضٌ))bumi,(الشَّمْسُ) matahari, (رِيْحٌ)Angin  

Demikianlah ciri-ciri isim mu’annats dan pembagiannya. apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah

Posting Komentar untuk "3 Ciri-ciri Isim Mu'annats dan Macamnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close