Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Arba'in ke 41 : Perintah Memuaskan Hawa Nafsu Sesuai dengan Ajaran Islam

Saudara bisa berpindah ke materi hadits arba'in nawawi yang lain, semisal hadits arba'in pertama atau kedua atau yang lainnya dengan mengklik menu dropdown "Materi Hadits Arba'in" semoga membantu anda.

 Hadits Ke empat puluh satu dari kitab hadits Arba’in Nawawi menjelaskan tentang perintah Rosulullah SAW untuk mengendalikan hawa nafsunya sesuai dengan perintahnya. sebagaimana tertulis dalam redaksi hadits bahwa seorang muslim tidak beriman sehingga dia mengatur hawa nafsunya sesuai dengan perintah agama islam. 

Apabila seorang muslim sudah bisa mengatur hawa nafsunya sesuai dengan perintah agama islam maka dia bisa menjadi manusia sempurna sesuai dengan ajaran agama islam. Islam menginginkan supaya pemeluknya menjadi manusia sempurna dan selamat di dunia dan akhirat. karena itu Rosulullah SAW berpesan supaya seorang muslim mengikuti perintah agamanya dengna benar, bukan hawa nafsunya. Contoh perilaku muslim sesuai dengan perintah hadits di atas melakukan pernikahan untuk memuaskan hawa nafsunya sesuai dengan ajaran agama islam sebagaimana perintah rosulullah SAW. bukan dengan berzina dan sebagainya.

Berikut tulisan arab hadits arba’in ke 41 dari kitab hadits arba’in Nawawi        

عَنْ أَبِي مُحَمَّدٍ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ العَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: لاَيُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يَكُونَ هَوَاهُ تَبَعاً لِمَا جِئْتُ بِهِ (حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ رُوِّيْنَاهُ فِي كِتَابِ الحُجَّةِ بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ).

Tulisan Latin hadits Arba’in ke 41 sebagai berikut

‘An abi muhammadin ‘abdillahibni amru ibnil ‘Ashi rodhiyallahu ‘anhuma, qola : qola rosululullahi shollallahu ‘alaihi wa sallama la yu’minu ahadukum hatta yakuna hawahu taba’an lima ji’tu bihi (haditsun hasanun shohihun ruwainahu fi kitabil hujjai bi isnadin shohihin)

Arti hadits Arba’in ke 41 sebagai berikut 

Dari Abu Muhammad Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma berkata, Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak beriman seorang dari kalian hingga hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa.” (Hadits hasan shohih, kami meriwayatkannya dari kitab Al-Hujjah dengan sanad shahih).

Berikut 2 isi atau Kandungan Hadist arba’in Nawawi di atas :

  1. Perintah ta’at kepada ajaran Islam.
  2. Perintah memuaskan hawa nafsu sesuai dengan ajaran agama islam


Posting Komentar untuk "Hadits Arba'in ke 41 : Perintah Memuaskan Hawa Nafsu Sesuai dengan Ajaran Islam"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close