Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Arba'in ke 35 : Perintah Bersikap Baik kepada Muslim Yang Lain

Saudara bisa berpindah ke materi hadits arba'in nawawi yang lain, semisal hadits arba'in pertama atau kedua atau yang lainnya dengan mengklik menu dropdown "Materi Hadits Arba'in" semoga membantu anda.

 Hadits Ke tiga puluh lima dari Kitab Hadits Arba’in Nawawi berisi tentang perintah bersikap baik kepada muslim yang lain. Hadits ini memerintahkan manusia supaya tidak saling mendengki, tidak saling marah dan tidak saling menipu sesame muslim. Rosul berpesan supaya sesama muslim menjadi saudara bagi muslim yang lain. 

Bagi sesama saudaranya rosulullah melarang untuk mendzaliminya, mengabaikannya dan menghinanya. Bahkan rosulullah SAW memerintahkan supaya kita melindungi saudara muslim kita, dan menjaga kehormatan serta hartanya.

Dari hadits ke 35 dari kitab arba’in Nawawi ini kita memahami bahwa islam memerintahkan supaya sesama muslim hendaknya tolong menolong, saling menjaga satu sama lain. Sungguh islam menginginkan supaya pemeluknya menjadi umat manusia berkualitas utama sebagai manusia yang hidup di dunia.

Berikut tulisan arab hadtis arba’in ke 35 dari kitab hadits arba’in Nawawi        

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: لاَ تَحَاسَدُوا، وَلاَتَنَاجَشُوا، وَلاَ تَبَاغَضُوا، وَلاَ تَدَابَرُوا، وَلاَ يَبِعْ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ، وَكُوْنُوا عِبَادَ اللهِ إِخوَاناً. المُسْلِمُ أَخُو المُسْلِمِ، لاَ يَظْلِمُهُ، وَلاَ يَخذُلُهُ، وَلَا يَكْذِبُهُ، وَلَايَحْقِرُهُ. التَّقْوَى هَاهُنَا -وَيُشِيْرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ- بِحَسْبِ امْرِىءٍ مِنَ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ المُسْلِمَ. كُلُّ المُسْلِمِ عَلَى المُسْلِمِ حَرَامٌ: دَمُهُ وَمَالُهُ وَعِرْضُهُ (رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

Tulisan latin Hadits Arba’in ke 35

‘an abiy huroirota rodhiyallahu ‘anhu, qola qola : qola rosululullahi shollallahu ‘alahi wa sallama la takhasadu wa la tanajasyu wa ta ba ghodhu, wa la tadabaruu wala yabi’u ba’dhukum ‘ala bai’I ba’dhin wa kunuu ‘ibadallahi ikhwana, almuslim akhul muslimi, la yadhlimuhu, wa la yakhdhuluhu wa la yakdzibuhu wala yakhqiruhu, at taqwa hahuna, wa yusyiru ila shodrihi, tsalaatsu marrotin, bihasbim ri in minasy syarri an yakhqiro akhohul muslimi, kullul muslimi ‘lal muslimi kharomun damuhu, wa maluhu, wa ‘ir dhuhu (rowahu muslimun).

Arti hadits arba’in ke 35

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shollallahu`alaihi wa sallam bersabda: Janganlah kalian saling dengki, saling menipu, saling marah dan saling memutuskan hubungan. Dan janganlah kalian menjual sesuatu yang telah dijual kepada orang lain. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya, (dia) tidak menzaliminya dan mengabaikannya, tidak mendustakannya dan tidak menghinanya. Taqwa itu disini (seraya menunjuk dadanya sebanyak tiga kali). Cukuplah seorang muslim dikatakan buruk jika dia menghina saudaranya yang muslim. Setiap muslim atas muslim yang lain; haram darahnya, hartanya dan kehormatannya “ (Riwayat Muslim).

Menurut Dr. Mu’idunlllah bashri berikut 7 kandungan hadits arba’in Nawawi ke 35 :

  1. Larangan untuk saling dengki.
  2. Larangan untuk berbuat keji dan menipu dalam urusan jual beli.
  3. Diharamkan untuk memutuskan hubungan terhadap muslim. Sebaliknya harus dijaga persaudaraan dan hak-haknya karena Allah ta’ala.
  4. Islam bukan hanya aqidah dan ibadah saja, tetapi juga di dalamnya terdapat urusan akhlak dan muamalah.
  5. Hati merupakan sumber rasa takut kepada Allah ta’ala.
  6. Taqwa merupakan barometer keutamaan dan timbangan seseorang.
  7. Islam memerangi semua akhlak tercela karena hal tersebut berpengaruh negatif dalam masyarakat Islam.

Posting Komentar untuk "Hadits Arba'in ke 35 : Perintah Bersikap Baik kepada Muslim Yang Lain"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close