Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Arba'in ke 32 : Larangan Melakukan Perbuatan Mudhorot

Saudara bisa berpindah ke materi hadits arba'in nawawi yang lain, semisal hadits arba'in pertama atau kedua atau yang lainnya dengan mengklik menu dropdown "Materi Hadits Arba'in" semoga membantu anda.

 Hadits Ke tiga puluh dua dari Kitab Hadits Arba’in Nawawi berisi tentang larangan melakukan perbuatan yang mudhorot (merugikan diri sendiri). Hadtis arba’in ke 32 ini menjelaskan tentang larangan nabi untuk merugikan diri sendiri seperti merokok, meminum minuman keras, atau mabuk-mabukan. Karena perbuatan tersebut sebenarnya melukai diri sendiri, membuat tubuh kita merasa sakit, terluka dan sebagainya. 

Daripada kita menghabiskan uang untuk perbuatan yang melukai diri kita, lebih baik uang tersebut kita gunakan lebih bermanfaat, seperti memenuhi kebutuhan makan dan minum kita, membeli buah-buahan, membeli perabotan dan membiayai kebutuhan sekolah kita. Umat islam yang tubuhnya sehat dan kuat lebih dicintai oleh Allah dan Rosulnya daripada umat Islam yang lemahز

Perlu juga anda ketahui bahwa apabila terdapat larangan Allah untuk melakukan perbuatan yang mudhorot, maka apoabila anda melakukannya anda mendapatkan dosa, dan apabila anda meninggalkan perbuatan tersebut anda mendapatkan pahala.

Berikut redaksi hadits ketiga puluh dua dari kitab hadits arba’in nawawi disertai dengan tulisan latin dan artinya 

عَنْ أَبِي سَعِيْدٍ سَعْدِ بْنِ سِنَانٍ الخُدْرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ﷺقَالَ: «لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ(حَدِيْثٌ حَسَنٌ. رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ وَالدَّارَقُطْنِيُّ وَغَيْرُهُمَا مُسْنَدًا، وَرَوَاهُ مَالِكٌ فِي المُوَطَّأِ مُرْسَلاً عَنْ عَمْرِو بْنِ يَحْيَى عَنْ أَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ ﷺفَأَسْقَطَ أَبَا سَعِيْدٍ، وَلَهُ طُرُقٌ يُقَوِّي بَعْضُهَا بَعْضًا)

Tulisan Latin Hadits Arba’in ke 32

 ‘an abiy sa’idin sa’adibni sinanil khudzriy rodhiyallahu ‘anhu anna rosulallahi shollallahu ‘alahi wa sallama qola la dhororo wa la dhiroro 

(haditsun hasanun rowahubnu majah wad daeuquthniy wa gohiruhuma musnadan, wa rowahu malik fil muwaththo I mursalan ‘an ‘amribni yahya ‘an abihi ‘anin nabiyyi sholallahu ‘alaihi wasallama fa asqotho aba sa’idin wa lahu thuruqun yuqowwiy ba’dhuha ba’dhon)

Arti hadits arba’in ke 32

Dari Abu Sa’id, Sa’ad bin Sinan Al Khudri radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Tidak boleh melakukan perbuatan yang mencelakakan (mudharat)“ (Hadits hasan diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Daruqutni serta lainnya dengan cara musnad, juga diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Muwattha’ secara mursal dari Amr bin Yahya dari bapaknya dari Rasulullah, dia tidak menyebutkan Abu Sa’id. Akan tetapi hadits ini memiliki jalan-jalan yang saling menguatkan). 

Mengutip tulisan dr. Muh. Mu’idunillah Bashri MA. Berikut isi kandungan hadits  tersebut

1.Ajaran Islam sangat mementingkan keselamatan pribadi dan orang lain. 

2.Termasuk sesuatu yang diharamkan adalah sesuatu yang berbahaya, seperti: rokok, narkotika, minuman keras, dan sejenisnya. 

Posting Komentar untuk "Hadits Arba'in ke 32 : Larangan Melakukan Perbuatan Mudhorot"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close