Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Kalimat Deskripsi, Pengertian dan Ciri-Cirinya

 Apa itu Kalimat Deskripsi?

Kalimat Deskripsi adalah kalimat yang menggambarkan atau memaparkan suatu objek dengan jelas serta terperinci. Kalimat deskripsi akan sering anda temukan di dalam tulisan-tulisan ilmiah baik dalam bentuk buku ataupun karya ilmiah.

Apa saja Ciri-ciri Kalimat Deskripsi?

Berikut adalah 3 ciri-ciri kalimat deskripsi

  1. Terdapat penggambaran atau penjelasan tentang objek secara rinci
  2. Uraian kalimat dibuat supaya pembaca dapat merasakan dan memahami apa yang disampaikan oleh penulis.
  3. Memaparkan ciri-ciri fisik dan sifat suatu objek atau benda. Seperti ukuran, bentuk warna.

contoh kalimat deskripsi
Gambar 1.0. contoh Kalimat deskripsi

Contoh Kalimat Deskripsi

Setelah saudara memahami pengertian dan ciri-ciri kalimat deskripsi, Berikut adalah 20 contoh kalimat deskripsi apabila saudara mempunyai pertanyaan sialakn tulis melalui kolom komentar di bawah

  1. Pohon Mahoni merupakan tumbuhan kayu yang keras dan besar. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 40 meter dengan diameter batangnya 120 cm.
  2. Kambing merupakan hewan ruminansia yang memiliki perut empat bagian yang terdiri dari rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Seperti mamalia ruminan yang lain, kambing merupakan hewan berjari genap
  3. Tanaman jagung mempunyai Batang yang beruas-ruas. Ruas terbungkus pelepah daun yang muncul dari buku. Batang jagung cukup kokoh namun tidak banyak mengandung zat kayu (lignin).
  4. Kupu-kupu merupakan serangga yang mempunyai sayap yang berwarna-warni serta aktif di siang hari.
  5. Mangga Manalagi memiliki daging buah yang lebih padat, berserat, dan hampir tidak memiliki rasa asam sama sekali. Dari bijinya, Mangga Manalagi memiliki biji yang berukuran kecil dan berbentuk lonjong pipih, buahnya bisa mencapai ukuran 15 cm dengan berat mencapai 450 gram.
  6. Bentuk biji mangga ada yang membulat maupun pipih. Sifat biji ada yang monoembrional atau poliembrional. Tanaman mangga monoembrional mempunyai biji yang mengandung hanya satu embrio. 
  7. Ulat kupu-kupu mempunyai tiga pasang kaki tetap pada segmen toraks dan tidak lebih enam pasang prokaki yang tumbuh pada segmen abdomen. Pada prokaki ini ada gegelang kait halus yaitu krusye yang membantu beluncas menggenggam substrat.
  8. Anjing memiliki gigi tajam dan rahang yang kuat untuk menyerang, menggigit, dan mencabik-cabik makanan.
  9. Pohon pisang mempunyai batang yang berbentuk sindris berlapis dan terdiri dari dua bagian batang, yaitu bagian batang asli dan batang semu.
  10. Kubah Masjid Istiqlal memiliki ukuran yang sangat besar yakni berdiameter 45 meter. Angka 45 melambangkan tahun 1945, tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.
  11. Masjid Akbar Surabaya memiliki 1 kubah besar yang didukung 4 kubah kecil berbentuk limasan serta 1 menara. Keunikan bentuk kubah MAS ini terletak pada bentuk kubah yang hampir menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer yang memiliki tinggi sekitar 27 meter.
  12. Umbi singkong mempunyai garis tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm,. Bagian dalam umbi singkong berwarna putih atau kekuning-kuningan.
  13. Masjid Agung Jateng mempunyai atap limas khas bangunan Jawa namun dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter.
  14. Pohon Akasia merupakan pohon besar berbunga yang tumbuh mencapai ketinggian 30 meter. Pohon Akasia memiliki batang bebas cabang lurus yang panjangnya mencapai lebih dari setengah total tinggi pohon.
  15. Biri-biri (Ovis) merupakan hewan ruminansia berkaki empat dengan rambut tebal yang dikenal oleh banyak orang. Biri-biri dipelihara untuk dimanfaatkan rambut (disebut wol), daging, dan susunya.
  16. Kucing Anggora memiliki tubuh yang sedang dengan badan berotot yang panjang, ramping, langsing dan elegan. Kucing Anggora memiliki hidung yang panjang, kepala yang berbentuk segitiga, serta telinga yang panjang, lebar, dan berbentuk segitiga.’
  17. Sapi Brahman mempunyai berpunuk besar dan berkulit longgar, gelambir dibawah leher sampai perut lebar dengan banyak lipatan-lipatan. Telinga panjang menggantung dan berujung runcing.
  18. Rusa mempunyai badan luwes, kompak dan panjang, serta kaki yang kuat Rusa juga mampu berengan di lautan dengan baik. Rusa merupakan hewan ruminansia atau kunyahan-pengunyah, dan memiliki empat bilik perut. Gigi rusa disesuaikan dengan vegetasi yang dimakannya
  19. Sapi Bali merupakan sapi hasil domestikasi dari banteng asli Indonesia yang mempunyai keunggulan dalam daya reproduksi, daya adaptasi dan persentase karkas yang tingg
  20. SSD merupakan media penyimpanan data terbaru yang berbentuk kotak dan dengan ukuran tinggi mencapai  5 mm dan 7 mm.

Posting Komentar untuk "20 Contoh Kalimat Deskripsi, Pengertian dan Ciri-Cirinya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close