Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang (Mengembed) Dokumen PDF di Blogger dan Manfaatnya

Apa Manfaat Berbagi Dokumen PDF di Website?

Adanya dokumen pdf di dalam sebuah postingan membuat pengunjung halaman lebih mudah memahami dokumen anda, apalagi postingan anda tersebut menyangkut perundang-undangan atau peraturan, atau daftar nama penerima beasiswa yang daftarnya sangat panjang dan membutuhkan puluhan halaman. Sehingga anda perlu untuk memasang file pdf yang bisa di scroll atau ditarik ke bawah ke atas ataupun diperbesar sesuai dengan keinginan pengguna, 

Lebih memudahkan lagi apabila file pdf yang anda bagikan bisa didownload oleh pengguna, sehingga mereka bisa menyimpannya untuk kegiatan belajar di rumah mereka. semakin anda memuaskan kebutuhan pengguna website anda, maka website anda semakin bagus dimata pengguna dan dilain kesempatan mungkin mereka berkunjung lagi ke website anda, ketika pengunjung organic sering berdatangan ke website anda, maka website anda bagus di mata mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan sebagainya. Hal ini membuat mereka tak segan untuk merangking halaman website anda di halaman pertama pencarian. Keuntungannya kembali ke anda sendiri bukan,?

Bagaimana Cara Memasang (Mengembed) Dokumen PDF di Website?

Berikut tutorial cara memasang (Mengembed) file PDF kedalam website, Sebelum anda memasang dokumen file pdf ke dalam website, pastikan file pdf sudah berada di dalam google drive, sehingga kita mulai langkahnya dengan memilih file atau dokumen yang akan dibagikan kedalam website kita. supaya lebih mudah memahami hendaknya mengikuti tahapan di bawah dengan menonton video

  1. Pilih file Pdf yang berada di dalam google drive
  2. Klik Kanan pada mouse kemudian pilih share 
    Cara Memasang (Mengembed) Dokumen PDF di Blogger dan Manfaatnya
    Gambar 1.0. Klik Share gambar untuk memperoleh kode script

  3. Pada Kotak dialog bagikan, pilih bagikan kepada semua orang
  4. Pada pilihan pengunjung, pilih hanya viewer, bukan editor atau comment. Sebab apabila anda memilih editor maka dia bisa merubah file yang anda bagikan 
  5. Copy atau salin kode yang ada pada google drive
    Cara Memasang (Mengembed) Dokumen PDF di Blogger dan Manfaatnya
    gambar 1.1. Klik Anyone with this link dan copy link untuk mendapatkan kode

  6. Pastekan kode tersebut pada notepad atau wordpad anda, kodenya seperti ini https://drive.google.com/file/d/1PJ2wadV9Br-Dcnu6oOOINVrnnpfb9prQ/view?usp=share_link.
  7. Rubah kode menjadi <iframe height="480" src="https://drive.google.com/file/d/1PJ2wadV9Br-Dcnu6oOOINVrnnpfb9prQ/preview" width="320"></iframe> .
  8. Kode https yang anda dapatkan masukkan ke dalam tanda “ setelah kode src =, tetapi pada biagan yang akhir, ketika awalnya view menjadi preview. Adapun untuk tinggi frame 480 dan dan lebar frame 320, ini settingan supaya supaya enak dilihat pengguna mobile (smartphone) anda bisa merubah tinggi dan lebar bingkai sesuai yang anda kehendaki.
  9. Buka file postingan yang berada di Blog anda,
  10. Klik tanda panah ke bawah pada tanda pensil (compose view)
  11. Pilih Edit html 
    Cara Memasang (Mengembed) Dokumen PDF di Blogger dan Manfaatnya
    gambar 1.2. klik html view untuk memasukkan script

  12. Masukkan kode yang anda rubah tadi (<iframe height="480" src="https://drive.google.com/file/d/1PJ2wadV9Br-Dcnu6oOOINVrnnpfb9prQ/preview" width="320"></iframe> ) kedalam HTML View, Letakkan pada lokasi yang menurut anda sesuai dengan keinginan anda.
    Cara Memasang (Mengembed) Dokumen PDF di Blogger dan Manfaatnya
    gambar 1.3. Contoh memasukkan kode iframe dst sesuai dengan letak halaman anda

  13. Kili Update untuk menyimpan perubahan, apabila anda tidak mengklik update maka perubahan yang anda lakukan tidak tersimpan dengan baik.
  14. Klik Preview untuk melihat hasil perubahan yang anda lakukan.
  15. Dari hasil kode script diatas muncul tampilan seperti di bawah ini

Demikian tadi cara memasang dokumen atau file pdf kedalam halaman postingan di website, apabila saudara mempunyai pertanyaan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah. Jangan lupa bagikan kepada teman anda yang membutuhkan.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang (Mengembed) Dokumen PDF di Blogger dan Manfaatnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close