Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hamzahnya Inna Memiliki dua wajah fathah dan Kasroh

 Di dalam kitab alfiyah ibnu malik, terdapat nadhoman yang menjelaskan tentang hamzahnya inna yang memiliki dua wajah (fathah atau kasroh), sebagai berikut ba’da idza fuja atin au qosamin la lama ba’dahu biwajhaini numiy, ma’ tilwiy  fal jaza wadza yatthoridu fi nahwi khoirul qouliy inniy ahmadun

بَعْدَ اِذَا فُجَاءَةِ اَوْ قَسَمِ لَا لَامَ بَعْدَهُ بِوَجْهَيْنِ نُمِئَ

Artinya : Hamzahnya inna memiliki dua wajah (boleh dibaca fathah) atau kasroh) jika bertempat setelah idza fujaiyyah atau terleteak setelah qosam (sumpah) yang setelahnya tidak terdapat lam 

مَعْ تِلْوَفَاالْجَزَاءِ وَذَا يَطَّرِدُ فِى نَحْوِ خَيْرُ الْقَوْلِ اَنَّى اَحْمَدُ 

Artinya : Dan juga mempunyai dua wajah jika inna berdampingan dengan huruf fa’ jaza’ hukum dua wajah ini juga berlaku di dalam sesamanya lafadz خَيْرُ الْقَوْلِ اَنَّى اَحْمَدُ artinya paling baiklah ucapan adalah saya memuji.

Penjelasan menurut Ustadz Amdad hamdani dari Sidogiri sebagai berikut in yang terlatak setelah inna fijaiyah atau setelah lafadz yang dilalui yang seumpama setelahnya tidak ada lam muzahlaqoh itu hamzahnya boleh dibaca wajah dua, boleh kasroh dan boleh fathah, nahwu خَرَجْتُ فَاِذَا اِنَّ زَيْدً بِا الْبَابِ khorojtu fa idza inna zaidan bil babi, bila hamzahnya dibaca kasroh, maka inna dan ma’mulnya menjadi jumlah yang sendiri, taqdirnya خَرَجْتُ فَاِذَا زَيْدً مَوْجُوْدٌ بِا الْبَابِ khorojtu maujidun bil babi, dan apabila dibaca fathah, maka an dan ma’mulnya dihukumi mufrod bukan jumlah, menjadi mubtada’ yang khobarnya dibuang, taqdirnya, خَرَجْتُ فَاِذَا وُجُوْدٌ زَيْدٍ حَاصِلٌ بِالْبَابِ khorojtu faidza wujudun zaidin hashilun bil babi, (qouluhu au qosam) 

Contohnya yang setelah qosam setelahnya tidak ada lam muzahlaqoh, conh حَلِفْتُ بِا للّهِ اِنَّ زَيْدًا سَارِقٌ haliftu billahi inna zaidan syariqun, bila hamzahnya in dibaca kasroh, maka in menjadi jawabnya qosam, dan apabila dibaca fathah, maka anna dan ma’mulnya menjadi maf’ul dengan membuang huruf jar yang menempati jawabnya qosam. Taqdirnya حَلِفْتُ عَلَى اَنَّ زَيْدًا سَارِقٌ haliftu ana zaidin syariqun. 

Tanbih, idza fijaiyah adalah idza yang khusus masuk kepada jumlah ismiyah, dan tidak butuh pada jawab dan tidak bertempat di permulaan kalam. 

(Nadhoman Kedua) Demikian juga hamzahnya inna boleh dibaca wajah dua, (kasroh dan fathah). APabila terletak setelah fa jawab (fa’ jaza’) contoh مَنْ عَمِلَ مِنْكُمْ سُوْاءً بِجَهَلَةٍ ثُمَّ تَابَ مِنْ بَعْدِهِ وَ اَصْلَحَ فَاِىَّهُ غَفُوْرٌ رَحِيْم“ man ‘amila syu’a minkum bijahalatin tsumma taba min ba’dihi wa ashlaha fainnahu ghofurun rohiimun. Apabila di baca kasroh maka lafadz innahu ghofurun rohiimun, menjadi jumlah tersendiri, taqdirnya fahuwa ghofurun rohimun, dan apabila dibaca farthah, maka lafadz innahu ghofurun dita’wil mashdar, menjadi khobarnya mubtada’ yang dibuang takdirnya. Atau fajaza uhul ghufronu, atau menjadi mubtada’ yang khobarnya dibuang takdirnya, ay falghufronu jazauhu.

Wajah dua tersebut juga diberikan kepada hamzahnya inna yang berada dalam sesame lafadz khoirul qouliy inni ahmadun, yaitu tiap2 kalam yang didalamnya terdapat 

  1. Lafadz inna menjadi khobarnya mubtada’ yang bernama qoul, 
  2. Khobarnya inna ahmad juga bermakna qoul 
  3. Yang mengatakan itu orang satu, 
Mengecualikan ‘

  1. Nahwu عَمَلِي اَنِّى اَحْمَدُاللّهِ  ‘amaliy anni Alhamdulillah. Sebab mubtada’nya ‘amali, tidak bermakna qoul, maka hamzahanya anna harus dibaca fathah. 
  2. Nahwu  قَوْلِى اِنِّى مُؤْمِنٌQouliy inni mu’minun. Sebab khobarnya inna mu’minun tidak bermakna qoul, maka hamzahnya inna harus dibaca kasroh. 
  3. Nahwu Qouliy inna zaidan yahmadullah, sebab yang berkata itu orang dua. 

  • Mutakallim yang berkata  اِنَّ زَيْدً يَحْمَدُ اللّهَinna zaidan yahmadullaha
  • Zaidun yang memuja kepada Allah, maka hamzahnya inna harus dibaca kasroh. 

  

Posting Komentar untuk "Hamzahnya Inna Memiliki dua wajah fathah dan Kasroh"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close