Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Arba'in Ke 26 tentang Kemudahan Bersedekah

Saudara bisa berpindah ke materi hadits arba'in nawawi yang lain, semisal hadits arba'in pertama atau kedua atau yang lainnya dengan mengklik menu dropdown "Materi Hadits Arba'in" semoga membantu anda.

 Hadits ke Dua Puluh Enam dari Kitab Hadits Arba’in Nawawi tentang Kemudahan di dalam bersedekah, Bersedekah bisa dilakukan dengan anggota badan, dimana apabila kita mendamaikan orang yang berkelahi adalah sedekah, menolong orang yang jatuh di jalan juga sedekah, kita berjalan menuju masjid untuk menunaikan ibadah sholat adalah sedekah, menghilangkan batu kerikil atau kayu di jalan raya juga merupakan sedekah. Sehingga banyak cara bagi kita untuk bersedekah.

Sebagai seorang pelajar anda juga bisa bersedekah dengan cara mengajari teman materi pelajaran yang belum dimengertinya, menjenguk teman yang sakit, mengajak mengobrol teman dengan perkataan yang baik dan memotivasi juga merupakan sedekah. Karena itulah mari lakukan sedekah sebanyak-banyaknya semampu anda, sehingga kedamaian, keberkahan dan rahmat terwujud di antara kita semua.

Berikut redaksi hadits ke dua puluh enam dari kitab arba’in nawawi disertai dengan tulisan latin dan artinya 

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ، كُلُّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ وَ تُمِيْطُ اْلأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ . [رواه البخاري ومسلم]

‘an abiy huroirota rodhiyallahu ‘anhu qola qola rosululullahi shollallahu ‘alaihi wasallama kullu sulaama minan naasi ‘alaihi shodaqotun, kullu yaumin tathlu’u fihisy syamsyu, ta’dilu bainats naini shodaqotun, wa tu’inur rojula fi dabbatihi fatakhmiluhu ‘alaiha au tarfa’u lahu ‘alaiha mata’ahu shodaqotun walkalimatut thoyyibatu shodaqotun wa bikulli khutuwatin tamsyiha ilash sholati shodaqotun, wa tumithul adza ‘anith thoriqi shodaqotun. Rowahul bukhoriy muslim.

Artinya : Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dia berkata : Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda : Setiap anggota tubuh manusia dapat melakukan sedekah, setiap hari dimana matahari terbit lalu engkau berlaku adil terhadap dua orang (yang bertikai) adalah sedekah, engkau menolong seseorang yang berkendaraan lalu engkau bantu dia untuk naik kendaraannya atau mengangkatkan barangnya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah ketika engkau berjalan menuju shalat adalah sedekah dan menghilangkan gangguan dari jalan adalah sedekah. (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Mengutip tulisan Dr, Muh Mu’idunillah Bashri, Berikut 7 isi atau kandungan hadits bukhori dan muslim di atas :

  1. Bersyukur kepada Allah ta’ala setiap hari atas kesehatan anggota badan. 
  2. Allah telah menjadikan -sebagai rasa syukur terhadap ni’mat-Nya- setiap anggota badan untuk menolong hamba-hamba Allah ta’ala, bersedekah kepada mereka dengan menggunakannya sesuai kemaslahatannya. 
  3. Termasuk sedekah adalah: Menahan tangan dan lisan untuk tidak menyakiti orang lain, justru seharusnya digunakan untuk menunaikan hak-hak setiap muslim. 
  4. Jasad harus dikeluarkan zakatnya sebagaimana harta ada zakatnya. Zakat badan adalah melakukan perbuatan baik, bersedekah dan pintu-pintunya (jalan bersedekah) banyak. 
  5. Anjuran untuk mendamaikan kedua belah pihak, tolong-menolong, mengucapkan kalimat yang baik, berjalan menuju shalat dan menyingkirkan penghalang dari jalan. 
  6. Anjuran untuk membersihkan sarana-sarana umum. 
  7. Anjuran untuk melakukan keadilan, karena dengan keadilanlah ditegakkan langit dan bumi.

Posting Komentar untuk "Hadits Arba'in Ke 26 tentang Kemudahan Bersedekah"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close