Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Arba'in ke 31 : Amalan Yang Dicintai Allah dan Manusia

Saudara bisa berpindah ke materi hadits arba'in nawawi yang lain, semisal hadits arba'in pertama atau kedua atau yang lainnya dengan mengklik menu dropdown "Materi Hadits Arba'in" semoga membantu anda.

 Hadits ke tiga puluh satu dari Kitab Hadits Arba’in Nawawi berisi tentang amalan yang dicintai Allah dan Manusia, Amalan tersebut adalah berzuhud terhadap dunia maka allah akan mencintai kita, berzuhud terhadap apa-apa yang manusia inginkan maka manusia akan mencintai kita.   

Pengertian zuhud adalah mementingkan kehidupan akhirat yang kekal dan bernilai dibandingkan kehidupan dunia yang fana dan hina. zuhud bukan berarti kegiatan yang membenci aktivitas dunia seperti belajar, bekerja, berkeluarga dan sebagainya, namun seorang melakukan kegiatan belajar, bekerja untuk beribadah kepada allah SWT, Contoh seorang zuhud seperti Abdullah yang bekerja sebagai penjual baju di tanah Abang Jakarta, dia bekerja dengan gigih dan rutin setiap harinya, banyak cobaan yang diperoleh Abdullah setiap harinya, namun dia tetap tabah dan sabar.

Hasil yang didapat dari bekerja tersebut Abdullah gunakan untuk kebutuhan istrinya, anaknya, shodaqoh, zakat, dan pergi ke haji mekkah, Abdullah tidak menggunakan hartanya untuk berfoya-foya di jalan kemaksiatan, namun memilih menghabiskan hartanya untuk keperluan sesuai dengan perintah agama. 

Berikut redaksi hadits ketiga puluh satu dari kitab hadits arba’in nawawi disertai dengan tulisan latin dan artinya 

عَنْ ابِي الْعَبَّاس سَهْلٍ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ: دُلَّنِي عَلَى عَمَلٍ إِذَا عَمِلْتُهُ أَحَبَّنِيَ اللهُ وَأَحَبَّنِيَ النَّاسُ؟ فَقَالَ: «اِزْهَدْ فِي الدُّنْيَا يُحِبَّكَ اللهُ، وَازْهَدْ فِيْمَا عِنْدَ النَّاسِ يُحِبَّكَ النَّاسُ» حَدِيْثٌ حَسَنٌ رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ وَغَيْرُهُ بِأَسَانِيْدَ حَسَنَةٍ.

Tulisan latin hadits arba’in ke 31

‘an abil ‘abbasi sahlibni sa’di sa’idiy rodhiyallahu ‘anhu, qola ja arojulun ilannabiyyi shollallahu ‘alaihi wa sallama faqola ya rosululallahi, dullaniy ‘ala ‘amalin idza ‘amiltuhu ahabbaniyallahu wa ahabbaniyan naasu? Faqola izhad fid dunya yuhibbukallahu, wa izhad fima ‘indan naasi yuhibbakan naasu haditsu hasan rowahu ibnu majah wa ghoiruhu bi asanida hasanatin

Arti hadits arba’in ke 31

Dari Abu Abbas Sahl bin Sa’ad Assa’idi radhiyallahu anhu dia berkata: Seseorang mendatangi Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam, maka beliau berkata: Wahai Rasulullah, tunjukkan kepadaku sebuah amalan yang jika aku kerjakan, Allah dan manusia akan mencintaiku, maka beliau bersabda, Zuhudlah terhadap dunia maka engkau akan dicintai Allah dan zuhudlah terhadap apa yang ada pada manusia maka engkau akan dicintai manusia. (Hadits hasan riwayat ibnu majah dan lainnya dengan sanad hasan)

Megutip tulisan dr. Mu’idunillah Bashri Berikut 3 isi atau kandungan dari hadits hasan riwayat ibnu majah di atas

1. Menuntut kecukupan terhadap dunia adalah perkara wajib, sedang zuhud adalah tidak adanya ketergantungan dan terpusatnya perhatian terhadapnya. 

2. Bersikap qanaah terhadap rizki yang halal dan ridha terhadapnya serta bersikap ‘iffah dari perbuatan haram dan hati-hati terhadap syubhat. 

3. Jiwa yang merasa cukup dan iffah serta berkorban dengan harta dan jiwa di jalan Allah merupakan hakekat zuhud.

Posting Komentar untuk "Hadits Arba'in ke 31 : Amalan Yang Dicintai Allah dan Manusia"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close