Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Arba'in ke 30 : Perintah Menjalankan Kewajiban dan Menjauhi Larangan Allah

Saudara bisa berpindah ke materi hadits arba'in nawawi yang lain, semisal hadits arba'in pertama atau kedua atau yang lainnya dengan mengklik menu dropdown "Materi Hadits Arba'in" semoga membantu anda.

 Hadits Ke tiga puluh dari Kitab Hadits Arba’in Nawawi tentang perintah menjalankan kewajiban dan menjauhi larangan Allah, adapun kewajiban-kewajiban yang harus dijalani seorang muslim yaitu. Sholat 5 waktu, berpuasa di bulan romadhon, mengeluarkan zakat maal, beriman kepada Allah dan Rosulnya. Adapun larangan Allah yang yang tidak boleh dilanggar yaitu berdusta, membunuh orang tanpa haq, mencuri barang milik orang lain, berkata kotor, melihat barang yang haram dilihat. Seperti aurat wanita yang bukan mahram kita.   

Adapun perintah Allah ini bertujuan supaya kita menjadi manusia yang baik dan berakhlaq mulia, Allah tidak pernah memerintahkan hambanya kepada keburukan, tetapi Allah memerintahkan kepada kebaikan dan kemuliaan. Adapun larangan-larangan Allah juga bertujuan supaya umat islam tidak tersesat ke lembah kemaksiatan 

Berikut redaksi hadits ketiga puluh dari kitab hadits arba’in nawawi disertai dengan tulisan latin dan artinya 

عَنْ أَبِي ثَعْلَبَةَ الخُشَنِيِّ جُرثُومِ بْنِ نَاشِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنْ رَسُولِ اللهِ ﷺ قَالَ: «إِنَّ اللهَ فَرَضَ فَرَائِضَ فَلَا تُضَيِّعُوهَا، وَحَدَّ حُدُوْداً فَلَا تَعْتَدُوهَا وَحَرَّمَ أَشْيَاءَ فَلَا تَنْتَهِكُوهَا، وَسَكَتَ عَنْ أَشْيَاءَ رَحْمَةً لَكُمْ غَيْرَ نِسْيَانٍ فَلَا تَبْحَثُوا عَنْهَا» حِدِيْثٌ حَسَنٌ رَوَاهُ الدَّارَقُطْنِيُّ وَغَيْرُهُ.

‘an abiy tsa’labatal khusyaniy jurtsumibni nasyirin rodhiyallahu ‘anhu, ‘an rosulillahi shollallahi ‘alaihi wasallama qola innallaha ta’alaa farodha faroidho falaa tudhoy yi’uuha wakhadda khududan fala ta’taduuha, wa harroma asyyaa a falaa tantahikuuhaa, wasakata ‘an asy yaa a rohmatan lakum ghoiro nisyaanin falaa tabkhatsuu ‘anha, (hadits hasan rowahu daruquthniy wa ghoirihi)

Artimnya : Dari Abi Tsa’labah Al Khusyani Jurtsum bin Nasyir radhiallahuanhu, dari Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam dia berkata: Sesungguhnya Allah ta’ala telah menetapkan kewajiban-kewajiban, maka janganlah kalian mengabaikannya, dan telah menetapkan batasan-batasannya janganlah kalian melampauinya, Dia telah mengharamkan segala sesuatu, maka janganlah kalian melanggarnya, Dia mendiamkan sesuatu sebagai kasih sayang terhadap kalian dan bukan karena lupa jangan kalian mencari-cari tentangnya. (Hadits hasan riwayat Daruquthni dan lainnya). 

Berikut 4 isi atau kandungan dari hadits hasan riwayat daruquthniy di atas

  1. Perintah menjalankan kewajiban syari’at islam seperti sholat, zakat dan puasa
  2. Perintah meninggalkan larangan Allah. Seperti maksiat dan sebagainya.
  3. Apa-apa yang diperintahkan oleh Allah SWT bertujuan supaya hambanya menjadi hamba yang mulia dan berakhlaqul karimah
  4. Apa-apa yang dilarang oleh Allah SWT bertujuan supaya kita tidak tersesat dan menyesal di akhir kehidupan.


Posting Komentar untuk "Hadits Arba'in ke 30 : Perintah Menjalankan Kewajiban dan Menjauhi Larangan Allah"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close