Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Contoh Kegiatan Distribusi di Ekonomi

 Apa itu Distribusi?

Pengertian Distribusi adalah semua kegiatan yang bertujuan menyalurkan barang dari produsen ke konsumen, Distributor adalah orang atau lembaga yang melakukan kegiatan distribusi. JNE, Kantor Pos, Grab adalah lembaga yang bertugas menyalurkan barang atau jasa kepada orang lain yang memesan barang tersebut, jadi mereka mempunyai tugas yang besar dan bermanfaat bagi orang lain. 

Apa Fungsi Kegiatan Distribusi di Ekonomi?

Menurut Buku Ekonomi yang ditulis oleh Yuli Eko, Berikut adalah 6 fungsi kegiatan distribusi 

  1. Pengangkutan (Transportasi) Barang harus selalu bisa dipindahkan dari tempat satu ketempat yang lain, misalnya padi di tempat A melimpah, maka dia harus di transportasikan ke tempat B dimana padi tersebut kosong. 
  2. Penjualan (Selling). Kegiatan distribusi melakukan kegiatan penjualan dari pabrik untuk dikirimkan kepada distributor 1 distributor dua hingga sampai ke pelanggan.
  3. Pembelian (Buying). Kegiatan distribusi melakukan kegiatan perpindahan barang dari satu tempat ke tempat yang lain dengan melakukan pembelian, semisal saya bertinggal di kota malang, karena saya melihar barang bagus di tokopedia, yang dijual di Jakarta, maka saya memesan barang tersebut supaya diantar ke kota Malang tempat saya tinggal. 
  4. Penyimpanan (Storing). Kegiatan distribusi berfungsi untuk menyimpan barang-barang untuk kebutuhan mendatang, dimana barang harus disimpan di dalam tempat penyimpanan yang tertata rapid an bagus untuk kegiatan selanjutnya, barang yang disimpan di gudang mengalami proses perpindahan dari area produksi menuju area penyimpanan
  5. Pembakuan Standar Kualitas Barang , Pada setiap kegiatan jual beli, banyak penjual atau pembeli menginginkan adanya standar mutu, jenis dan ukuran barang yang akan diperjualbelikan. Oleh karena itu perlu adanya pembakuan standar baik jenis, ukuran, maupun kualitas barang yang akan diperjualbelikan. Standardisasi barang bertujuan supaya barang yang akan dipasarkan atau disalurkan sesuai dengan harapan.
  6. Penanggung Risiko, Kegiatan distribusi barang bisa terjadi risiko pada barang tersebut, seperti barang jatuh, pecah, dan hilang, maka di dalam kegiatan distribusi barang biasanya terdapat asuransi atau jaminan yang diberikan terhadap barang yang dikirim supaya barang yang dikirim terjamin keselamatannya hingga sampai ke tangan konsumen.

contoh kegiatan distribusi
Gambar 1.0. conoth Kegiatan Distribusi

Contoh Kegiatan Distribusi

Berikut adalah 11 contoh kegiatan distribusi pada sebuah sistem ekonomi, Apabila saudara mempunyai pertanyaan dan saran Silakan tulis melalui kolom komentar di bawah :

  1. Budi membeli jas hujan dari tokopedia, dimana tokonya berada di daerah Jakarta, sedangkan budi tinggal di Wonogiri, akhirnya jas hujannya dikirim (didistribusikan) dari Jakarta ke Wonogiri dengan menggunakan Kurir JNE,
  2. Perusahaan pembuat lampu hemat energi di Surabaya mendistribusikan barangnya melalui toko-toko besar di berbagai daerah, dari toko-toko besar tersebut bara lampu tersebut dijual ke toko kecil atau langsung ke konsumen.
  3. Pemerintah Kota Bau Bau mendistribusikan paket sembako kepada masyarakat miskin dengan menggunakan driver Ojek Online.
  4. Panitia Kurban Idul Adha mendistribusikan daging hewan penyembelihan menggunakan tas kresek kepada para penerima daging kurban.
  5. Kementerian sosial Republik Indonesia mendistribusikan paket beras dan sembako kepada masyarakat Korban Gempa di Palu dengan menggunakan kresek bertuliskan sembako kemensos RI.
  6. Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI telah mendistribusikan soal Ujian Nasional dengan menggunakan truk khusus dan dijaga oleh kepolisian RI.
  7. Ibu guru telah membagikan 30 lembar latihan soal bahasa Inggris kepada semua siswa yang ada di ruangan B.
  8. Pak Sutiono menyimpan dan memindahkan bahan bangunan kedalam rumah yang tertutup seng, yang bertujuan supaya bahan bangungan tidak terkena hujan dan angin deras.
  9. Pak Lurah telah membagikan 5 dus kotak mie, 5 piring telur dan 5 kg beras kepada 5 warganya yang terkena covid 19.
  10. Kementerian kesehatan RI mendistribusikan 1 juta vaksin Sinovac untuk provinsi Kalimantan Selatan.
  11. Perusahaan Budi Mulya membagikan 10000 masker gratis di perempatan jalan raya ngadisimo tadi siang.

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Contoh Kegiatan Distribusi di Ekonomi"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close