Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kegiatan Konsumsi dan Pengertiannya dalam Ekonomi

Apa itu Konsumsi?

Pengertian konsumsi adalah kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa. Kegiatan konsumsi merupakan salah satu kegiatan di dalam sistem ekonomi, tanpa ada kegiatan konsumsi maka sistem ekonomi di suatu daerah tersebut tidak berjalan sempurna. Contoh Ibu Mulyati membuat dan menjual nasi lemak dari Malaysia, namun di daerah ibu Mulyati tinggal tidak ada orang menyukai dan mengkonsumsi nasi lemak, akibatnya jualan Ibu Mulyati gagal, Begitulah pentingnya konsumsi dalam suatu sistem ekonomi, Kegiatan konsumsi yang tinggi menunjukkan sistem ekonomi berjalan sempurna, kegiatan konsumsi yuang rendah menunjukkan ekonomi yang lemah,’

Apa Tujuan Kegiatan Konsumsi?

4 Tujuan kegiatan konsumsi di dalam suatu sistem ekonomi adalah sebagai berikut 

  1. Mengurangi nilai guna barang atau jasa secara bertahap contoh orang membeli mobil untuk kenyaman dirinya dan keluarganya, dia membeli mobil dengan harga 150 juta rupiah pada harga barunya, harga mobil tersebut turun perlahan-lahan seiring bertambahnya tahun, akhirnya pada tahun ke 10 harga mobil menjadi 60 juta rupiah. Kegiatan orang membeli mobil tersebut akhirnya menyebabkan harga mobil berkurang sedikit demi sedikit setipa tahunnya 
  2. Menghabiskan nilai guna barang. Contoh Orang lapar di malam hari kemudian membeli nasi goreng, akhirnya orang tersebut kenyang dan habislah nasi goreng yang dia beli. 
  3. Memuaskan kebutuhan secara fisik. Manusia selalu ingin tampil menawan dan rapi dihadapan orang lain, karena itu dia membeli pakaian dan perhiasan untuk memuaskan kebutuhannya secara fisik. 
  4. Memuaskan kebutuhan rohani, Manusia selalu mempunyai hasrat untuk bersandar kepada dzar yang lain, secara fitrah manusia mengakui adanya tuhan pencipta Alam semesta. Karena  itu manusia beribadah kepada tuhannya untuk memuaskan kebutuhan rohaninya. Contoh memuaskan kebuthan rohani seperti pergi haji ke mekkah, mengikuti kegiatan sholawat id kampung, belajar di pondok pesantren.

Apa saja yang Mempengaruhi Kegiatan Konsumsi dalam ekonomi?

3 faktor yang mempengaruhi kegiatan konsumsi dalam ekonomi, sebagai berikut 

  1. Ketersediaan barang konsumsi, Ada tidaknya barang yang dibutuhkan di pasar bisa menyebabkan tinggi dan rendahnya konsumsi di masyarakat, misalnya masyarakat pada  musim lebaran haji sedang mencari daging sapi untuk mereka konsumi di hari iedul adha, namun jumlah daging sapi yang tersedia sangat sedikit didaerah tersebut, hal tersebut menyebabkan tingkat konsumsi daging sapi rendah.
  2. Besarnya Penghasilan, Banyak orang berpendapat bahwa besarnya pengeluaran berbanding lurus dengan besarnya penghasilan, semakin tinggi penghasilan maka semakin tinggi pula konsumsinya, sedangkan semakin rendah penghasilan maka semakin rendah pula tingkat konsumsi yang dia inginkan.
  3. Tingkat harga barang, Harga barang yang terlalu tinggi menyebabkan orang malas berbelanja, sedangkan harga barang yang murah menyebabkan orang senang berbelanja di daerah.

contoh kegiatan konsumsi
Gambar 1.0. Contoh Kegiatan konsumsi

Contoh Kegiatan Konsumsi dalam Sistem Ekonomi

Berikut 8 contoh kegiatan konsumsi dalam ekonomi. 

  1. Ibu makan nasi goreng di warung, 
  2. Samson menservis dan mengganti oli sepeda motornya di bengkel setiap sebulan sekali
  3. Fadillah berbelanja baju baru di Toko Fashion kediri.
  4. Sabrina membeli mobil Ayla di Gerai Mobil Honda
  5. Pelajar kelas 10 SMA membeli kain seragam sekolah dan menjahitnya di tukang jahit di Kotanya.
  6. Budi pergi ke salon untuk mencukur rambutnya supaya rambutnya terlihat lebih rapi.
  7. Muharrik berbelanja online di tokopedia untuk membeli headset elektronik terbaru supaya dia nyaman di dalam mendengarkan music.
  8. Fatimah membeli cabai dan kubis di penjual sayur untuk memasak sayuran di rumahnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Kegiatan Konsumsi dan Pengertiannya dalam Ekonomi"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close