Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadits Arba'in ke 18 : Perintah Bertaqwa, Berbuat dan Berakhlaq Baik

Saudara bisa berpindah ke materi hadits arba'in nawawi yang lain, semisal hadits arba'in pertama atau kedua atau yang lainnya dengan mengklik menu dropdown "Materi Hadits Arba'in" semoga membantu anda.

 Berikut adalah hadits ke delapan belas dari kitab hadits arba’in nawawi, hadits yang memerintahkan kepada umat islam untuk selalu bertaqwa dimana saja dia berada, hadits ini juga memerintahkan umay islam untuk menghapus keburukan dengan kebaikan dan bergaul dengan sesama manusia dengan akhlak yang baik. Mempelajari hadits ini mengedukasi bahwa bertaqwa kepada Allah harus kita lakukan di mana saja kita berada, baik apabila berada di keramaian, ataupun sedang sendirian, Karena Allah SWT mengetahui apa saja yang kita lakukan.

Umat islam juga diperintahkan oleh Allah SWT untuk berinteraksi dengan akhlaq yang baik, contoh akhlaq yang baik seorang muslim adalah berkata jujur, tidak berkhianat, menyapa teman ketika bertemu di jalan, menjenguk atau mendo’akan teman ketika sakit, memberikan bantuan kepada tetangga atau saudara yang mendapatkan musibah. 

Sebagai manusia biasa tentunya kita pernah melakukan keburukan kepada orang lain, karena itu Allah memerintahkan kita untuk menghapus keburukan tersebut dengan kebaikan, misalnya kita pernah berbohong kepada rekan kerja kita, maka untuk menghapus keburukan tersebut, kita memberi suatu hadiah baik itu makanan atauminuman atau apapun itu yang bisa menyenangkan hatinya. Dan kita berdo’a semoga dengan amal baik yang kita lakukan, Allah berkenan mengampuni dosa yang pernah kita lakukan.

Berikut hadits ke delapan belas dari kitab arba’in nawawi disertai dengan tulisan latin dan artinya.

عَنْ أَبِي ذَرْ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرّحْمَنِ مُعَاذِبْنِ جَبَلٍ رَضِيَ اللّهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللّهِ صَلَّى اللّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ اللّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَاَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ [رواه الترمذى وقال حديث حسن وفي بعض النسخ حسن صحيح]

 Tulisan latin

‘An abi dzar jundubni junadah wa abi ‘abdir rohman mu’adzibni jabalin rodhiyallahu ‘anhuma ‘an rosulillahi shollallahu ‘alaihi wa sallama qola ittaqillaha hastsuma kunta, wa atsbi’il hasanata tamkhuha. Wa kholiqinnasa bikhuluqin hasanin (rowahu turmudzi wa qo la hadits hasan wa fi ba’dhi nash hasan shohih)

Artinya : 

Dari Abu Zar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, dan Mu’az bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam beliau bersabda: Bertaqwalah kepada Allah di mana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan yang dapat menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik .“ (Riwayat Turmuzi, dia berkata, "haditsnya hasan, pada sebagian cetakan dikatakan haditsnya shohih)

Mengutip Tulisan Dr. Muhammad Mu’inudinillah Bashri berikut 5 isi atau Kandungan Hadits kedelapan belas dari kitab hadits arba’in nawawi:

  1. Perintah bertaqwa kepada Allah dimana saja kita berada sebagai bentuk pelaksanaan kewajiban setiap muslim kepada Allah SWT
  2. Bersegera melakukan kebaikan setelah keburukan secara langsung, karena kebaikan akan menghapus keburukan. 
  3. Bersungguh-sungguh menghias diri dengan akhlak mulia. 
  4. Perintah berinteraksi kepada sesama manusia dengan akhlaq yang baik
  5. Menjaga pergaulan yang baik merupakan kunci kesuksesan, kebahagiaan dan ketenangan di dunia dan akhirat. Hal tersebut dapat menghilangkan dampak negatif pergaulan..

Posting Komentar untuk "Hadits Arba'in ke 18 : Perintah Bertaqwa, Berbuat dan Berakhlaq Baik"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close