Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Imbuhan Akhiran (Sufiks) -an, -i,-kah,-pun.-lah

Apa itu Imbuhan Akhiran?

Pengertian Imbuhan Akhiran adalah imbuhan yang terletak di akhir kata, imbuhan akhiran disebut juga dengan sufiks. Imbuhan akhiran terdiri dari -an. -i, -kan. -ku, -mu, -nya, -kah, -lah, -tah, -pun, -wati, -wan. Contoh penggunaan imbuhan akhiran di kalimat seperti karya + -wati menjadi karyawati.

Contoh Kalimat dengan Imbuhan Akhiran 

Berikut adalah 28 contoh kalimat dengan imbuhan akhiran (Sufiks). Adapun warna kuning kami berikan kepada kata yang menunjukkan imbuhan akhiran supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah ini atau melalui laman contact.

  1. Bayangkan apabila anda pergi ke Jawa tanpa naik pesawat. Bayangkan berasal dari kata dasar bayang dengan imbuhan –kan menjadi bayangkan.
  2. Bukankah saya adalah seorang guru yang baik bagi anda Annisa ?. Bukankah berasal dari kata dasar bukan dengan imbuhan –kah menjadi bukankah.
  3. Fandi, Tolong ceritakan aktivitas anda selama liburan?. Ceritakan berasal dari kata dasar cerita dengan imbuhan –kan menjadi ceritakan.
  4. Hiasilah hari-hari anda dengan berbuat baik kepada sesama manusia. Hiasilah berasal dari kata dasar hiasi dengan imbuhan –lah menjadi hiasilah.
  5. Panasi sepeda motor anda di pagi hari sebelum anda pergi bekerja. Panasi berasal dari kata dasar panas dengan imbuhan –i menjadi panasi.
  6. Tanami pekarangan di belakang dengan rumput gajah. Tanami berasal dari kata dasar tanam dengan imbuhan –i menjadi tanami.
  7. Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Tuntutlah berasal dari kata dasar tuntut dengan imbuhan –lah menjadi tuntutlah..
  8. Dia mendapatkan gaji bulanan dari pemerintah kota tarakan. Bulanan berasal dari kata dasar bulan dengan imbuhan –an menjadi bulanan.
  9. Apapun yang anda lakukan, pasti dinilai salah oleh Fathimah. Apapun berasal dari kata dasar apa dengan imbuhan –pun menjadi apapun.
  10. Hormati gurumu sayangi temanmu. Hormati berasal dari kata dasar hormat dengan imbuhan –i menjadi Hormati.
  11. Itulah tandanya kau murid budiman. Itulah berasal dari kata dasar itu dengan imbuhan –lah menjadi itulah. Tandanya berasal dari kata dasar tanda dengan imbuhan –nya menjadi tandanya. 
  12. Nyalakan lampu dengan listrik di rumah kita. Nyalakan berasal dari kata dasar Nyala dengan imbuhan –kan menjadi nyalakan.
  13. Annisa, Tolong buatkan saya teh manis dengan banyak gula. Buatkan berasal dari kata dasar buat dengan imbuhan –kan menjadi buatkan.
  14. Jujurlah padaku bila kau tak lagi suka. Jujurlah berasal dari kata dasar jujur dengan imbuhan –lah menjadi jujurlah.
  15. Tinggalkan aku apabila sudah tak mungkin bersama. Tinggalkan berasal dari kata dasar tinggal dengan imbuhan –kan menjadi tinggalkan.
  16. Minumlah teh hangat ini dengan senang hati. Minumlah berasal dari kata dasar minum dengan imbuhan –lah menjadi minumlah.
  17. Siapakah yang akan merawat kami nanti?. Siapakah berasal dari kata dasar siapa dengan imbuhan –kah menjadi Siapakah.
  18. Belilah laptop saya dengan harga dua juta rupiah saja. Belilah berasal dari kata dasar beli dengan imbuhan –lah menjadi belilah.
  19. Bangunlah tembok yang tinggi untuk menjaga rumah dari para pencuri. Bangunlah berasal dari kata dasar bangun dengan imbuhan –lah menjadi bangunlah.
  20. Obati lukamu dengan salep ini, semoga lekas sembuh. Obati berasal dari kata dasar obat dengan imbuhan –i menjadi Obati. Lukamu berasal dari kata dasar luka dengan imbuhan -mu menjadi lukamu.
  21. Tuliskan nama anda di papan tulis. Tuliskan berasal dari kata dasar Tulis dengan imbuhan –kan menjadi Tuliskan. 
  22. Warnai lukisan anda dengan menggunakan tinta merah. Warnai berasal dari kata dasar warna dengan imbuhan –i menjadi warnai. Luksian berasal dari kata dasar lukisan dengan imbuhan -an menjadi lukisan.
  23. Kapanpun anda datang dan berkunjung ke desa, kami akan menyambut anda. Kapanpun berasal dari kata dasar kapan dengan imbuhan –pun menjadi kapanpun.
  24. Bagaimana Studimu di Eropa Fadli?. Studimu berasal dari kata dasar studi dengan imbuhan –mu menjadi studimu.
  25. Apa pendapatmu mengenai meja saya?. Pendapatmu berasal dari kata dasar pendapat dengan imbuhan –mu menjadi pendapatmu.
  26. Pergilah ke Mekkah untuk berhaji dan menuntut ilmu. Pergilah berasal dari kata dasar pergi dengan imbuhan –lah menjadi pergilah.
  27. Ya Allah, Selamatkan bangsa ini dari para penjajah. Selamatkan berasal dari dasar selamat dengan imbuhan –kan menjadi selamatkan.
  28. Datanglah dan Do’akan pernikahan kami bulan depan. Do’akan berasal dari kata dasar do’a dengan imbuhan –kan menjadi do’akan. Datanglah berasal dari kata dasar datang dengan imbuhan –lah menjadi datanglah.

Posting Komentar untuk " Pengertian dan Contoh Imbuhan Akhiran (Sufiks) -an, -i,-kah,-pun.-lah"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close