Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Usaha Air Minum Isi Ulang Sampai Bisa Beli Rumah

Mencari uang selagi masih halal maka itu bisa dilakukan untuk menjemput rezeki Allah, salah satunya adalah dengan jualan air minum isi ulang, Begitulah pengalaman usaha air minum isi ulang yang dijalani oleh bapak Budi (bukan nama sebenarnya) di Kota Tarakan. mungkin harga air minum isi ulang tidak seberapa, hanya 5000 rupiah per galon, namun apabila anda bisa melayani 1000 pelanggan per hari, maka uang yang anda dapatkan adalah 5000 x 1000 = 5.000.000,- rupiah perhari. Kalo satu bulan terdiri dari 30 hari maka omzetnya 5 juta x 30 hari = 150 juta perbulan. Lumayan besar bukan?!. Kalo dari harga 5000 rupiah dia mengambil keuntungan 1000 rupiah saja, maka di dalam satu bulan dia mendapatkan Rp 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah). Tiga puluh juta rupiah untuk biaya hidup di tarakan sudah berlebih, mungkin untuk hidup normal sebagaimana masyarakat pada umumnya hanya membutuhkan dua sampai tiga juta perbulan. Selebihnya bisa untuk ditabung bagi keperluan yang lain. Termasuk membeli rumah untuk kita tinggal dan hidup.

Pengalaman Usaha Air Minum Isi Ulang Sampai Bisa Beli Rumah
Gambar 1.0. Pengalaman usaha air minum isi ulang

Apa yang Memotivasi Anda Berjualan Air Minum Isi Ulang?

Sebenarnya yang memotivasi saya berjualan air minum isi ulang adalah kondisi, saya sudah berusia banyak dan saya harus bekerja untuk menghidupi diri saya dan keluarga saya. Sebelumnya saya bekerja di perusahaan kayu, namun karena saya tidak sesuai dengan iklim pekerjaan di perusahaan. Saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan, dan berusaha swasta, dan pikiran saya jatuh kepada usaha air minum isi ulang. Walaupun disini sudah banyak yang berjualan, saya bertekad untuk berhasil.

Bagaimana Cara Membuat Usaha Air Minum Isi Ulang?

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan tempat dan lokasi usaha anda, apakah anda mengkontrak atau membuat usaha di rumah anda sendiri. Selanjutnya anda siapkan dana untuk membeli peralatan dan mesin air minum isi ulang. Perkiaraan biaya yang anda butuhkan adalah sekitar 20 sampai 25 juta, ini untuk harga di kota tarakan. Hal ini mungkin berbeda di tempat dan daerah yang lain, bisa jadi lebih murah atau lebih tinggi.

Dengan uang sebesar 25 juta anda sudah mempunyai satu set mesin air minum isi ulang lengkap dengan berbagai toolnya. Dengan perincian sebagai berikut 

1. Tandon air 1100 liter

2. 2 tabung filter fiber

3. 7 housing filter

4. Lampu ultraviolet

5. Kelistrikan

6. Pasir silica

7. Karbon aktif

8. Cartridge

9. Instalasi

10. Pemasangan

11. Dudukan galon las di sepeda motor

 Untuk galon anda tidak perlu menyetoknya karena sistem yang berjalan nantinya pelanggan akan menyerahkan galon kosong mereka kepada anda untuk anda bersihkan dan anda isi air galonnya. Setelah anda siap dengan berbagai peralatan yang anda miliki. Saatnya anda melakukan pemasaran. 

Saya melakukan pemasaran dengan menawarkan promo 5 kali isi ulang air galon di tempat saya akan mendapatkan 1 kali isi ulang air galon gratis. Dengan cara ini Alhamdulillah satu dua pelanggan datang ke tempat saya, hingga mencapai ratusan rumah saya datangi setiap hari. Selang beberapa lama, setelah berjalan 2 bulan promo tersebut saya hapus, karena sudah banyak pelanggan saya. Jadi saya tidak memerlukan promo tersebut. Lambat laun akhirnya dari 100 orang perhari bisa menjadi 500 orang perhari dan akhirnya 1000 orang perhari saya layani untuk kebutuhan air minum isi ulangnya. Anda mungkin bisa meniru cara saya untuk mengawali usaha, namun semua tergantung anda untuk tetap konsisten dengan apa yang anda lakukan. Konsisten, istiqomah dengan apa yang anda lakukan maka anda akan menemukan keberhasilan.

Apa Saja Perizinan Yang Wajib Dimiliki Depot Air Minum Air Isi Ulang?

Sebagai sebuah badan usaha anda wajib mengurus perizinan, beberapa perizinan yang wajib anda urus adalah IUMK (izin Usaha Mikro Kecil) dan Izin Halal MUI. Mengenai Iumk anda bisa mengurusnya melalui OSS atau kalau anda bingung cara mengurusnya anda bisa menghubungi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan terpadu satu pintu (DPMTSP) di daerah anda.  Anda di sana akan diarahkan untuk mengurus perizinan dengan mudah mulai dari awal sampai akhir, beberapa persyaratan yang harus anda bawa adalah NPWP, KTP, dan biodata izin usaha anda. Mengurus IUMK akan memberikan manfaat bagi anda, berikut manfaat mengurus Izin IUMK

1. Pengertian dan Cara Mengurus Izin IUMK

Adapun halal MUI, hal tersebut harus anda urus karena setiap barang yang diperdagangkan di masyarakat wajib bersertifikat halal, untuk mengurus halal anda wajib mengurus laik sehat dahulu di puskesmas, dimana pengujian laik sehat bagi anda adalah suatu kewajiban bulanan anda di puskesmas. Untuk pengurusan halal, anda bisa berkonsultasi dengan dinas perindustrian di daerah anda, adakah fasilitasi halal yang disediakan oleh dinas kepada depot air minum isi ulang pada periode itu, jika ada sebaiknya anda ikut. Mungkin saat ini belum ada penerapan sanksi bagi depot air minum isi ulang yang bersertifikat halal, namun aparat penegak hukum mempunyai dasar hukum perundang-undangan yang kuat untuk menjerat mereka yang mengedarkan barang yang tidak bersertifikat halal. Maka dari itu, daripada berurusan dengan aparat penegak hukum. Sebaiknya anda mengurus halal depot air minum isi ulang anda.

2. Pengertian dan Cara Mengurus Izin Halal

Apa Saja Yang Sudah Anda Peroleh dari Berjualan Air Minum Isi Ulang?

Selama 2 tahun berjualan, Alhamdulillah saya sudah mempunyai beberapa aset, salah satunya 1 unit mobil pick up L200 hitam, 1 motor Honda supra tahun 2015, 1 motor Honda vario tahun 2018. Dan saya bisa membeli rumah seharga 450 juta rupiah, walaupun saat ini belum jadi rumahnya, namun Alhamdulillah saya sudah memastikan diri untuk mempunyai rumah. 

Apa Saja Suka Duka Berjualan Air Minum Isi Ulang?

 Suka duka berjualan air minum isi ulang galon banyak, kalo dukanya adalah ketika hujan deras dan petir menyambar maka saya kesulitan mengantarnya, mau tidak diantar tetapi pelanggan sudah menelpon, akhirnya saya pun berangkat untuk mengantar air minum isi ulang tersebut.  Kalau masalah petir dan hujan menyambar tidak terlalu berat, yang paling berat adalah ketika listrik mati karena sudah tidak ada suplai listrik dari PLN. Apabila tidak suplai listrik maka otomatis pengoperasian mesin air minum isi ulang berhenti, tumpukan galon pelanggan pun berjejer di depan pintu masuk. Ketika listrik menyala, maka saya harus lembur mengisi air minum isi ulang tersebut.

Kalo sukanya ya kita bisa berhasil jualan dan mendapatkan keuntungan yang lumayan untuk kebutuhan hidup kita. Suatu usaha yang kita jalani apabila bisa berhasil dan terus berkelanjutan maka adalah suatu kebahagiaan yang sempurna bagi kita. 

Posting Komentar untuk " Pengalaman Usaha Air Minum Isi Ulang Sampai Bisa Beli Rumah"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close