Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Amil Jawazim dan Contohnya

 Apa itu Amil Jawazim?

Pengertian Amil Jawazim adalah sekelompok huruf yang membuat fi’il mudhori’ mempunyai tanda I’rob jazm, tanda I’rob jazm di dalam fi’il mudhori ada tiga, yakni sukun, membuang huruf I’lat dan membuang nun rofa’. Adapun sekelompok huruf yang menjazmkan fi’il mudhori’ itu ada enam belas, yaitu lam (لَمْ), lamma(لَمَّا), la nahi (لَا), la nafi, in (اِنْ), ma (مَا). Man (مَنْ), idzma (اِذْمَا), ayyun (اَيُّ), mata (مَتَى ), ayyana (اَيَّانَ), aina (اَيْنَ), mahma (مَهْمَا), haisuma (حَيْثُمَا), kaifama(كَيْفَمَا dan anna (اَنَّى) seperti اِنْ يَقُمْ زَيْدٌ وَعَمْرٌوقُمْنَا .  sebagaimana tertulis di nadhoman Imrithi

وَجَزْمُهُ بِلَمْ وَلَمَّاقَدْوَجَبْ وَلَاوَلَامٍ دَلَّتَا عَلَى الطَّلَبْ

كَذَاكَ اِنْ وَمَا وَمَنْ وَاِذْمَا اَيُّ مَتَى اَيَّانَ اَيْنَ مَهْمَا

وَحَيْثُمَا وَكَيْفَمَا وَاَنَّى كَاِنْ يَقُمْ زَيْدٌ وَعَمْرُوقُمْنَا

Artinya : Amil yang menjazmkan fi’il mudhori’ itu ada enam belas, yaitu lam, lamma, la nahi, la nafi, in, ma, man, idzma, ayyun, mata, ayyana, aina, mahma, haisuma, kaifama, anna seperti  اِنْ يَقُمْ زَيْدٌ وَعَمْرٌوقُمْنَا. (Jika zaid dan Umar sedang berdiri maka kami juga berdiri)

Contoh Amil Jawazim
Tabel 1.0. Contoh Kalimat Dengan Amil Jawazim

Contoh Amil Jawazim Dengan Huruf Lam (لَمْ)

Berikut 3 contoh kalimat amil jawazim dengan huruf lam (لَمْ), huruf lam (لَمْ) artinya belum. Kami memberikan warna kuning untuk memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya

  1. اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِى تَضْلِيْلٍ  Artinya "Bukankah dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?". Yaj’alu menjadi yaj’al, dengan memberikan harokat sukun karena terdapat amil jawazim huruf lam (لَمْ)
  2. اَنَالَمْ اَذْهَبْ اِلَى الْقَرْيَةِ artinya Saya tidak pergi ke desa
  3. نَحْنُ لَمْ نَفْتَحْ بَابَ الْمَسْجد artinya Kami tidak membuka pintu masjid

Contoh Amil Jawazim Dengan Huruf Lamma (لَمَّا)

Berikut 3 contoh kalimat amil jawazim dengan huruf lamma (لَمَّا), huruf lamma (لَمَّا) artinya tidak. Adapun Kami memberikan warna kuning untuk memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya

  1. لَمَّا يَقُوْلُوا صَادِقًا artinya Mereka belum mengatakan kebenaran, Yaquluna menjadi yaqulu, dengan menghilangkan huruf nun karena terdapat amil jawazim huruf lamma (لَمَّا)
  2. اَنَا لَمَّااَذْهَبْ اِلَى الْمَدْرَسَة artiya Saya belum pergi ke sekolah
  3. نَحْنُ لَمَّانَأْكُلُوْا هُنَا artinya Mereka belum makan di sana

Contoh Amil Jawazim Dengan Huruf La (لَا)

Berikut 3 contoh kalimat amil jawazim dengan huruf la (لَا), huruf la (لَا) artinya tidak, Kami memberikan warna kuning untuk memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya

  1. اَنْتَ لَا تَأْكُلْ الرُّزَّ فِى هَذَا الْيَوْمِ artinya Kamu tidak memakan nasi di hari ini, Ta’kulu menjadi ta’kul, berharokat sukun, karena terdapat amil jawazim huruf La (لَا)
  2. هُوَ لَايَسْمَعْ قَوْلِى artinya Dia laki-laki tidak mendengar perkataanku
  3. لَاتَكْتُبْ فِى الْمَكْتَبِ artinya Jangan anda menulis di meja

Contoh Amil Jawazim Dengan Huruf Mata (مَتَى)

Berikut 3 contoh kalimat dengan mata (مَتَى), Huruf Mata (مَتَى) artinya kapan, Kami memberikan warna kuning untuk memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya

  1. مَتَى تَلْعَبْ فى نَّهَارٍ Artinya Kapan Kamu bermain di sungai?, tal’abu menjadi tal’ab, berharokat sukun, karena terdapat amil jawazim huruf Mata (مَتَى)
  2. مَتَى تَقْرَأْ كِتَابَكَ؟ Artinya kapan mereka membaca buku anda?
  3. مَتَى تَفْتَحْ الْبَابَ؟ Artinya Kapan Anda membuka pintu? 

Contoh Amil Jawazim Dengan Huruf In (اِنْ)

Berikut contoh kalimat dengan huruf in (اِنْ), huruf in (اِنْ) artinya jika. Kami memberikan warna kuning untuk memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya

  1. اِنْ يَرْجِعُوْا اِلَى الْبَيْتِ Artinya jika mereka pulang ke rumah, Yarji’uuna menjadi yarji’uu, dengan menghilangkan huruf nun karena terdapat amil jawazim huruf in (اِنْ)
  2. اِنْ يَذْهَبُوْا اِلَى الْمَدِيْنَةِ Artinya jika mereka pergi ke kota
  3. اِنْ يَضْرِبُوْا اَبَآكُمْ وَ اُمَّهَاتُكُمْ Artinya jika mereka meukul ayah kalian dan ibu kalian.

Contoh Amil Jawazim Dengan Huruf Man (مَنْ)

Berikut contoh kalimat dengan huruf man (مَنْ), kami memberikan warna kuning untuk memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. مَنْ يَنْظُرْ فَاطِمَةَ فِى الْفَصْلِ؟ Artinya siapa yang memperhatikan fathimah di kelas?, Yandhuru menjadi yandhur, berharokat sukun, karena terdapat amil jawazim huruf Man (مَنْ)
  2. مَنْ يَقْرَأْ كِتَابَ فِى الْمَكْتَبِ؟ Artinya siapa yang membaca buku di meja?
  3. مَنْ يَعْمَلْ خَيْرًا؟ Artinya siapa yang melakukan kebaikan? 

Contoh Amil Jawazim Dengan Huruf Ma (مَا)

Berikut 3 contoh kalimat dengan huruf Ma (مَا), Ma (مَا) artinya tidaklah. Adapun kami memberikan warna kuning untuk memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. نَحْنُ مَا نَأْخُذْ مَالَكَ Artinya mereka tidaklah mengambil uang anda, na’khudzu menjadi na’khudz berharokat sukun karena terdapat amil jawazim huruf ma (مَا)
  2. اَنْتَ مَاتَكْتُبْ فِى الْفَصْلِ Artinya kamu tidaklah menulis di Kelas
  3. أَنَا مَا اَسْرَى فِى لَيْلٍ Artinya Saya tidak berjalan di malam hari

Posting Komentar untuk "Pengertian Amil Jawazim dan Contohnya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close