Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Contoh Isim Nakiroh Di Dalam Al Qur'an

Isim nakiroh adalah isim (kata benda) yang tidak menunjukkan makna tertentu, seperti daun, api, buku dan sebagainya. 2 tanda isim nakiroh yakni tidak terdapat alif lam dan terdapat tanda tanwin, berikut adalah 16 contoh isim nakiroh di dalam al qur’an, adapun warna kuning kami berikan kepada lafadz yang menunjukkan isim nakiroh supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. نَا رٌ حَا مِيَةٌ Artinya "(Yaitu) api yang sangat panas.". Naarun adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat al qori’ah Ayat 11.
  2. فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَا لَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗ Artinya "Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.". dzarrotin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Az-Zalzalah Ayat 7.
  3. رَسُوْلٌ مِّنَ اللّٰهِ يَتْلُوْا صُحُفًا مُّطَهَّرَةً  Artinya "(yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang suci (Al-Qur'an)," rosuulun dan shuhufan adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Bayyinah Ayat 2.
  4. فِيْهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ  Artinya "di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yang lurus (benar).". kutubun adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Bayyinah Ayat 3.
  5. خَلَقَ الْاِ نْسَا نَ مِنْ عَلَقٍ Artinya "Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah." ‘alaqin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-'Alaq Ayat 2.
  6. وَوَا لِدٍ وَّمَا وَلَدَ Artinya "dan demi (pertalian) bapak dan anaknya." Waalidin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Balad Ayat 3.
  7. لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِ نْسَا نَ فِيْ كَبَدٍ Artinya "Sungguh, Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.". kabadin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Balad Ayat 4.
  8. وَلِسَا نًا وَّشَفَتَيْنِ Artinya "dan lidah dan sepasang bibir?". Lisaanan adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Balad Ayat 9.
  9. اَوْ اِطْعٰمٌ فِيْ يَوْمٍ ذِيْ مَسْغَبَةٍ  Artinya "atau memberi makan pada hari terjadi kelaparan,". Yaumin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Balad Ayat 14.
  10. يَّتِيْمًا ذَا مَقْرَبَةٍ Artinya "(kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat,". Yatiiman adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Balad Ayat 15.
  11. اَوْ مِسْكِيْنًا ذَا مَتْرَبَةٍ Artinya "atau orang miskin yang sangat fakir." Miskiinan adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Balad Ayat 16.
  12. وَلَيَا لٍ عَشْرٍ  Artinya "demi malam yang sepuluh," layaalin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Fajr Ayat 2.
  13. تُسْقٰى مِنْ عَيْنٍ اٰنِيَةٍ Artinya "diberi minum dari sumber mata air yang sangat panas.". ‘ainin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Ghasyiyah Ayat 5.
  14. لَـيْسَ لَهُمْ طَعَا مٌ اِلَّا مِنْ ضَرِيْعٍ Artinya "Tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri,". Tho’aamun dan dhorii’in adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Ghasyiyah Ayat 6.
  15. فِيْ جِيْدِهَا حَبْلٌ مِّنْ مَّسَدٍ Artinya "Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.", hablun dan masadin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Lahab Ayat 5.
  16. وَلَاۤ اَنَاۡ عَا بِدٌ مَّا عَبَدْ تُّمْ Artinya "dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,". ‘aabidun adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Kafirun Ayat 4.
  17. الَّذِيْۤ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ Artinya "yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan.”. Juu’in dan khoufin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Quraisy Ayat 4.
  18. تَرْمِيْهِمْ بِحِجَا رَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍ  Artinya "yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,". Khijaarotin dan sijjiilin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Fiil Ayat 4.
  19. فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ Artinya "sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).". ‘asfin adalah contoh isim nakiroh di dalam al qur’an surat Al-Fiil Ayat 5.

Posting Komentar untuk "16 Contoh Isim Nakiroh Di Dalam Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close