Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Isim Ma'rifat Dengan Alif Lam (ال) Di Dalam Al Qur'an

Menurut Imam Kholil ataupun imam Syibaweh alim lam adalah huruf yang mema’rifatkan, terdapatnya alim lam membuat kata benda tidak mempunyai harokat tanwin, seperti dhommah tain, kasroh tain dan fathah tain. Contoh kitabun (كِتَابٌ) menjadi al kitabu (الْكِتَابُ). kursiyun (كُرْسِيٌّ) menjadi al kursiyyu (الْكُرْسِيُّ), fi masjidin (فِى مَسْجِدٍ) menjadi fil masjidi (فِى الْمَسْجِدِ). Berikut 21 contoh kalimat dengan isim ma'rifat dengan alif lam (ال) di dalam al qur'an. adapun warna kuning kami berikan supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. وَا لْفَجْرِ Artinya "Demi fajar," (QS. Al-Fajr Ayat 1)
  2. وَّا لشَّفْعِ وَا لْوَتْرِ Artinya "demi yang genap dan yang ganjil," (QS. Al-Fajr Ayat 3)
  3. اِرَمَ ذَا تِ الْعِمَا دِ Artinya "(yaitu) penduduk Iram (ibukota kaum `Ad) yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi," (QS. Al-Fajr Ayat 7)
  4. الَّتِيْ لَمْ يُخْلَقْ مِثْلُهَا فِى الْبِلَا دِ Artinya "yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu, di negeri-negeri lain," (QS. Al-Fajr Ayat 8)
  5. وَثَمُوْدَ الَّذِيْنَ جَا بُوا الصَّخْرَ بِا لْوَا دِ Artinya "dan (terhadap) kaum Samud yang memotong batu-batu besar di lembah," (QS. Al-Fajr Ayat 9)
  6. وَفِرْعَوْنَ ذِى الْاَ وْتَا دِ Artinya "dan (terhadap) Fir'aun yang mempunyai pasak-pasak (bangunan yang besar)," (QS. Al-Fajr Ayat 10)
  7. الَّذِيْنَ طَغَوْا فِى الْبِلَا دِ Artinya "yang berbuat sewenang-wenang dalam negeri," (QS. Al-Fajr Ayat 11)
  8. فَاَ كْثَرُوْا فِيْهَا الْفَسَا دَ Artinya "lalu mereka banyak berbuat kerusakan dalam negeri itu," (QS. Al-Fajr Ayat 12)
  9. وَلَا تَحٰٓضُّوْنَ عَلٰى طَعَا مِ الْمِسْكِيْنِ Artinya "dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin," (QS. Al-Fajr Ayat 18)
  10. وَتَأْكُلُوْنَ التُّرَا ثَ اَكْلًا لَّـمًّا Artimya "sedangkan kamu memakan harta warisan dengan cara mencampurbaurkan (yang halal dan yang haram)," (QS. Al-Fajr Ayat 19)
  11. وَّتُحِبُّوْنَ الْمَا لَ حُبًّا جَمًّا Artinya "dan kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan." (QS. Al-Fajr Ayat 20)
  12. كَلَّاۤ اِذَا دُكَّتِ الْاَ رْضُ دَكًّا دَكًّا Artinya "Sekali-kali tidak! Apabila bumi diguncangkan berturut-turut (berbenturan)," (QS. Al-Fajr Ayat 21)
  13. وَّجَآءَ رَبُّكَ وَا لْمَلَكُ صَفًّا صَفًّا Artinya "dan datanglah Tuhanmu; dan malaikat berbaris-baris," (QS. Al-Fajr Ayat 22)
  14. يٰۤاَ يَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ Artinya "Wahai jiwa yang tenang!" (QS. Al-Fajr Ayat 27)
  15. لَاۤ اُقْسِمُ بِهٰذَا الْبَلَدِ Artinya "Aku bersumpah dengan negeri ini (Mekah)," (QS. Al-Balad Ayat 1)
  16. وَاَ نْتَ حِلٌّ  بِۢهٰذَا الْبَلَدِ Artinya "dan engkau (Muhammad), bertempat di negeri (Mekah) ini," (QS. Al-Balad Ayat 2)
  17. لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِ نْسَا نَ فِيْ كَبَدٍ Artinya "Sungguh, Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah." (QS. Al-Balad Ayat 4)
  18. وَهَدَيْنٰهُ النَّجْدَيْنِ Artinya "Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan (kebajikan dan kejahatan)." (QS. Al-Balad Ayat 10)
  19. فَلَا اقْتَحَمَ الْعَقَبَةَ Artinya "Tetapi dia tidak menempuh jalan yang mendaki dan sukar." (QS. Al-Balad Ayat 11)
  20. ثُمَّ كَا نَ مِنَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَوَا صَوْا بِا لصَّبْرِ وَتَوَا صَوْا بِا لْمَرْحَمَةِ  Artinya "Kemudian dia termasuk orang-orang yang beriman, dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang."(QS. Al-Balad Ayat 17)
  21. اُولٰٓئِكَ اَصْحٰبُ الْمَيْمَنَةِ  Artinya "Mereka (orang-orang yang beriman dan saling berpesan itu) adalah golongan kanan." (QS. Al-Balad Ayat 18)

Posting Komentar untuk "Contoh Isim Ma'rifat Dengan Alif Lam (ال) Di Dalam Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close