Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Bill Of Material Sepatu Kantor

Dengan memahami bill of material atau bahan penyusun sebuah produk, maka akan memudahkan dalam kegiatan perencanaan produksi dan membuat jadwal produksi induk. Manfaat lain dari adanya bill of material adalah memudahkan dan meningkatkan akurasi peramalan penjualan, membuat proses perencanaan dan penjadwalan lebih akurat, menciptakan sistem pemeliharaan dan penyimpanan yang efisien dan fleksibel.

bill of material sepatu kantor pria
Gambar 1.0. Bagian-bagian sepatu

Apabila saudara ingin memperinci bill of material dari suatu produk, hendaknya saudara mengamati secara mendetail produk tersebut kemudian membuat bagan dari pada produk tersebut. Berikut adalah contoh bill of material dari sepatu kantor pria. Di mana kalau kita melihat gambar di atas tersebit, maka sepatu kantor pria tersebut terdiri dari berbagai macam komponen, maka kita bagi menjadi 3 rangkaian, yakni bagian atas, bagian bawah dan bagian tengah. Bagian atas sepatu terdiri dari penutup mata kaki, lubang tali sepatu, tali sepatu, penutup kaki. Bagian tengah sepatu terdapat sol dalamdi tengah sepatu. Bagian bawah sepatu terdapat sol mata kaki dan sol kulit.  Adapun untuk satu buah sepatu kantor pria membutuhkan 8 buah lubang tali sepatu dan 2 buah tali sepatu. Apabila di susun menjadi bill of material sebagai berikut 

Bill Of Material Sepatu kantor pria
Gambar 1.1. Contoh Bill Of Material sepatu kantor pria

Setiap angka yang tertera di bawahnya adalah jumlah yang dibutuhkan untuk membuat satu sepatu secara utuh, adapun apabila saudara memesan 25 pasang sepatu kantor pria sebagaimana gambar di atas, maka anda tinggal mengalikan berapa kebutuhan untuk lubang tali sepatunya, sol dalam sepatu, dan sebagainya. Berikut contoh soalnya.

Contoh Soal Bill Of Material Sepatu

Jatmiko adalah seorang perajin Sepatu di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, suatu hari Jatmiko kedatangan orang dari Kota Surabaya yang ingin memesan 30 pasang sepatu kantor pria dari mas Jatmiko, di mana desain yang diinginkan mirip persis sesuai dengan gambar di atas. Maka berapa kebutuhan lubang sepatu, tali sepatu dan sol dalam yang harus dipesan oleh Pak Jatmiko?

Jawab :

Diketahui satu buah sepatu membutuhkan 8 buah lubang tali sepatu, 2 buah tali sepatu, 1 sol dalam, 1 potong kain tumit kaki, 1 potong kain penutup kaki, 1 sol kulit sepatu, 1 sol mata kaki 

Maka apabila dibutuhkan 30 pasang sepatu kantor, maka perhitungannya sebagai berikut :

Kebutuhan untuk lubang tali sepatu = 30 x 2 x 8 lubang tali sepatu = 480 lubang tali sepatu

Kebutuhan untuk tali sepatu = 30 x 2 x 2 tali sepatu = 120 tali sepatu

Kebutuhan untuk sol dalam = 30 x 2 x 1 sol dalam = 60 sol dalam 

Kebutuhan untuk tumit kaki = 30 x 2 x 1 tumit kaki = 60 potong kain tumit kaki

Kebutuhan untuk penutup kaki = 30 x 2 x 1 penutup kaki = 60 potong kain penutup kaki

Kebutuhan untuk sol kulit sepatu = 30 x 2 x 1 kulit sepatu = 60 sol kulit sepatu.

Kebutuhan untuk sol mata kaki = 30 x 2 x 1 sol mata kaki = 60 sol mata kaki

Jadi kebutuhan untuk membuat 30 pasang sepatu kantor adalah 60 sol mata kaki, 60 sol kulit sepatu, 60 potong kain penutup kaki, 60 potong kain tumit kaki, 60 sol dalam, 120 tali sepatu. Dan 480 lubang tali sepatu, semua kebutuhan tersebut harus segera bapak Jatmiko penuhi untuk menyelesaikan pesanan dari Surabaya.

Posting Komentar untuk " Contoh Bill Of Material Sepatu Kantor"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close