Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Makan Soto Ayam dan Bahan Bakunya

 Apa itu Soto Ayam?

Soto ayam adalah masakan yang terbuat dari kuah kaldu ayam dengan ciri khas kuahnya yang berwarna kuning karena adanya penambahan kunyit. Pada umumnya, bumbu soto ayam terbuat dari campuran rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun sereh, garam, gula dan lada. Penyajian soto ayam akan terasa lebih nikmat apabila disajikan dengan kerupuk goreng yang berwarna kuning dan berukuran kecil. Di warung soto ayam anda akan ditawari untuk diberikan tambahan jeroan ati ayam atau tidak. Untuk soto ayam lamongan biasanya terdapat tambahan bubuk koya, yaitu serbuk yang berasal dari remahan kerupuk udang dan bawang putih goreng yang dihaluskan.

Apa saja bahan membuat Soto Ayam?

Di dalam membuat Soto Ayam terdapat beberapa bahan yang digunakan sebagaimana berikut :

  1. Beras,
  2. Daun jeruk Purut 
  3. daun salam
  4. Kunyit,
  5. Serai
  6. Santan 
  7. Bawang merah bawang putih
  8. Garam,
  9. Gula 
  10. Lada
  11. Daging Ayam
  12. Tulang ayam (Krokot) 

Semua bahan tersebut mengalami proses produksi yang melalui beberapa tahapan sehingga bisa menjadi Soto Ayam yang hangat, lezat dan bermanfaat bagi kita semua. Apa saja manfaat yang diperoleh ketika memakan Soto Ayam, mari simak penjelasan  di bawah ini :

Manfaat Makan Soto Ayam

Berdasarkan beberapa bahan makanan yang digunakan di dalam membuat soto ayam. Berikut 4 manfaat makan Soto Ayam. 

  1. Menyediakan energi bagi tubuh manusia
  2. Meredakan Flu
  3. Membantu Pertumbuhan Tulang
  4. Menghilangkan Stres Dan Galau

Penjelasannya sebagai berikut :

1.) Menyediakan Energi bagi tubuh manusia

Nasi Soto Ayam menggunakan beras sebagai bahan baku utama, diketahui beras mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup besar, karbohidrat bisa menjadi sumber energi bagi manusia. bagi anda yang merasa lemas, pusing dan kurang energi. Anda bisa makan Nasi Soto Ayam untuk meningkatkan energi tubuh anda. Jumlah vitamin B6 yang ada menghasilkan manfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Adapun Kandungan vitamin B6 pada daging ayam yang terdapat pada soto Ayam berfungsi untuk mendorong enzim dan proses metabolisme tubuh yang digunakan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, sumber energi, dan pembakaran kalori.

2.) Meredakan Flu

Kuah soto Ayam yang segar dan berwarna kekuning-kuningan sangat enak untuk dikonsumsi, mengkonsumsi soto ayam ternyata bisa mengobati penyakit flu,(pilek), hal ini pernah disampaikan oleh Bapak Basuki, Guru Biologi saya di MAN 3 Kediri (sekarang man 2 kota kediri). Beliau menyampaikan apabila anda sakit flu, segera makan soto ayam yang masih panas, minum teh panas atau jahe panas, kemudian segera berisitirahat, maka badan anda akan segera sehat kembali. 

Setelah diteliti, ternyata soto ayam menggunakan serai dan kunyit sebagai bahan baku kuah soto ayam. Serai mempunyai sifat sebagai antibakteri dan antifungal. Sehingga serai dapat membantu mencegah seseorang terkena flu. Konsumsi teh serai juga dapat membantu mengeluarkan dahak dan meredakan hidung tersumbat.

3.) Membantu Pertumbuhan Tulang

Terdapatnya daging dan tulang ayam yang menjadi ciri khas soto ayam, maka terdapat kandungan fosfor dan kalsium pada daging ayam yang memberikan manfaat bagi tubuh terutama bagi pertumbuhan anak. Terdapat fosfor dan kalsium bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan memperkuat tulang manusia. 

Adapun rempah-rempah seperti bawang merah dan bawang putih yang digunakan untuk membumbui soto ayam, ternyata memberikan manfaat besar bagi yang mengkonsumsinya, sebagaimana yang tertulis di jurnal menopause pada tahun 2009 tertulis bahwa mengkonsumsi bawang setiap hari berpotensi meningkatkan kepadatan tulang pada wanita menopause (wanita yang sudah tua dan tidak bisa menstruasi.) Wanita yang mengkonsumi bawang merah juga mempunyai resiko patah tulang pinggul sekitar 20 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tak pernah makan bawang,

4.) Menghilangkan Stres Dan Galau

Daging Ayam yang diiris kecil-kecil dan ditaburkan pada soto ayam mempunyai kandungan vitamin B5 dan tryptophan, dimana kandungan vitamin B% dan tryptophan yang ada pada daging ayam memungkinkan untuk menghilangkan stres. Zat ini dapat memberikan efek tenang pada saraf manusia, sehingga dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan produksi serotonin yang ada di dalam otak. Jadi apabila anda yang sedang merasa galau dan stress atas kondisi anda, segera makan soto ayam untuk meredakan kegalauan anda.

2 komentar untuk "4 Manfaat Makan Soto Ayam dan Bahan Bakunya"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close