Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunga Anggrek Larat : Manfaat, Harga dan Cara Merawatnya

Darimana Asal Tanaman Bunga Anggrek Larat? 

Tanaman Bunga anggrek larat adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Maluku, wilayah Indonesia Timur, nama anggrek larat sendiri berasal dari nama sebuah pulau larat di sana. Anggrek larat mempunyai nama ilmiah dendrobium phalaepnopsis. Anggrek larat di dalam bahasa Inggris di sebut dengan cooktown Orchid. 

Bagaimana Bentuk Tanaman Bunga Anggrek Larat? 

bunga anggrek larat memiliki batang yang kecil dan memanjang, di sepanjang batang tanaman bagian tengah terdapat daun tanaman. Di bagian ujung tanaman terdapat bunga yang muncul berwarna pink. Namun apabila bunga anggrek larat masih muda, maka ujung tanaman belum terdapat bunga. 

Bagaimana Habitat Tanaman Bunga Anggrek Larat

Bunga Anggrek Larat adalah termasuk tanaman epifit, tanaman epifit hidup dengan menempel pada batang pohon, walaupun hidup dengan menempel pada batang pohon tanaman, tanaman epifit tidak bersifat parasit atau merugikan tanaman inangnya.

Karena Bunga Anggrek Larat juga termasuk tanaman epifit, bunga anggrek larat hidup pada batang pohon tanaman, akarnya menyelimuti batang tanaman tempat dia tinggal, di alam liar kita akan menemukan bunga anggrek larat yang menempel pada pepohonan. Bunga anggrek larat menyukai lingkungan yang sejuk dan tidak panas, juga berada di dataran tinggi, walaupun begitu, tanaman bunga anggrek larat juga bisa hidup di dataran rendah atau dekat dengan permukaan laut, ketika di dalam penanaman dan perawatannya sesuai dengan kebutuhan anggrek larat.

Apa Manfaat Tanaman Bunga Anggrek Larat?

Menanam bunga anggrek larat memberikan beberapa manfaat bagi orang yang menanam dan memeliharanya, Berikut 4 manfaat bunga anggrek larat 

1. Sebagai pemberi nuansa keindahan pada taman atau rumah

2. Sebagai media edukasi bagi keluarga

3. Sebagai media menyalurkan hobi

4. Sebagai penghasilan sampingan, apabila dibudidayakan secara massif.

Sehingga dilihat dari uraian diatas bunga anggrek larat mempunyai 2 manfat utama, yakni manfaat estetika dan manfaat ekonomis. 

Berapa Harga Tanaman Bunga Anggrek Larat?

Harga tanaman bunga anggrek larat di setiap daerah pasti berbeda-beda, pada bulan Maret tahun 2021 ibu saya yang tinggal di kabupaten kediri menjual bunga anggrek larat yang sudah berbunga lebat seharga Rp 150.000,-, sedangkan di marketplace seperti tokopedia, harga bunga anggrek larat berkisar dari Rp 50.000 - Rp 100.000,-, harga tersebut mungkin ketika tanaman masih kecil atau belum berbunga.

Bagaimana Cara Menanam dan Merawat bunga Anggrek Larat? 

Persiapkan beberapa peralatan berikut sebelum menanam anggrek di pohon, 

  1. Pisau untuk memotong dan menyayat
  2. Cetok
  3. Sabut kelapa
  4. Kotoran organik dari kulit telur, tanah dan dedaunan,
  5. 2 buah Paku
  6. Tali Rafia untuk mengikat media tanam anggrek
  7. Tali jemuran (tali tampar) untuk mengikat tanaman anggrek

Setelah peralatan tersebut lengkap, berikut adalah tahapan di dalam menanam bunga anggrek di pohon. 

  1. Ikat sabut kelapa di pohon
  2. Tancapkan paku di bagian bawah sabut kelapa, untuk menguatkan ikatan sabut kelapa
  3. Masukkan tanaman anggrek ke dalam sabut kelapa
  4. Isi sabut kelapa dengan kotoran organik yang sudah ada.
  5. Sirami tanaman setiap pagi dan sore hari.
Cara merawat bunga anggrek larat cukup mudah. anda hanya perlu menyiraminya di waktu pagi hari dan sore hari. apabila turun hujan maka anda tidak perlu menyiraminya. Apabila tanaman bunga anggrek larat sudah mempunyai banyak tunas anda bisa memamngkasnya untuk memindahkan tunas yang baru pada media tanam yang baru. Berikut adalah video tentang bentuk bunga Anggrek larat dan cara menanam bunga Anggrek tersebut di pohon


Posting Komentar untuk " Bunga Anggrek Larat : Manfaat, Harga dan Cara Merawatnya "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close