Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh dan Tanda I'rob Rofa' Di Dalam Al Qur'an

Contoh I'rob Rofa' di Dalam Al Qur'an
Tabel 1.0 Contoh I'rob Rofa' Di Dalam Al Qur'an

I'rob Rofa' memiliki 4 tanda yakni dhommah, wawu, alif dan nun. adapun dhommah merupakan tanda asli pada i'rob rofa' sementara wawu, alif dan nun adalah tanda i'rob yang tidak asli pada i'rob rofa'. Berikut adalah 20 contoh i'rob rofa' di dalam al qur'an, adapun lafadz yang menunjukkan i'rob rofa' di dalam al qur'an kami berikan warna kuning.

  1. تِلْكَ اٰيٰتُ الْكِتٰبِ الْمُبِيْنِ Artinya "Inilah ayat-ayat Kitab (Al-Qur'an) yang jelas." (QS. Asy-Syu'aro Ayat 2). aayaatu adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 2. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  2. وَتِلْكَ نِعْمَةٌ تَمُنُّهَا عَلَيَّ اَنْ عَبَّدْتَّ بَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ Artinya : "Dan itulah kebaikan yang telah engkau berikan kepadaku, (sementara) itu engkau telah memperbudak Bani Israil."" (QS. Asy-Syu'aro Ayat 22). Ni'matun adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 22. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  3. قَا لَ رَبُّكُمْ وَرَبُّ اٰبَآئِكُمُ الْاَ وَّلِيْنَ Artinya : "Dia (Musa) berkata, "(Dia) Tuhanmu dan juga Tuhan nenek moyangmu terdahulu."" (QS. Asy-Syu'aro Ayat 26). wa robbu adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 26. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  4. فَاَ لْقٰى عَصَاهُ فَاِ ذَا هِيَ ثُعْبَا نٌ مُّبِيْنٌ  Artinya : "Maka dia (Musa) melemparkan tongkatnya, tiba-tiba tongkat itu menjadi ular besar yang sebenarnya." (QS. Asy-Syu'aro Ayat 32). Syu'banun adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 32. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  5. فَاَ رْسَلَ فِرْعَوْنُ فِى الْمَدَآئِنِ حٰشِرِيْنَ  Artinya : "Kemudian Fir'aun mengirimkan orang ke kota-kota untuk mengumpulkan (bala tentaranya)." (QS. Asy-Syu'aro Ayat 53). Fir'aunu adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 53. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  6. يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَا لٌ وَّلَا بَنُوْنَ  Artinya : "(yaitu) pada hari (ketika) harta dan anak-anak tidak berguna," (QS. Asy-Syu'aro Ayat 88). Maalun adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 88. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  7. وَاُ زْلِفَتِ الْجَـنَّةُ لِلْمُتَّقِيْنَ  Artinya : "dan surga didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa," (QS. Asy-Syu'aro Ayat 90). jannatu adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 90. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  8. وَبُرِّزَتِ الْجَحِيْمُ لِلْغٰوِيْنَ  Artinya : "dan Neraka Jahim diperlihatkan dengan jelas kepada orang-orang yang sesat,"" (QS. Asy-Syu'aroAyat 91). Jakhiimu adalah lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 91. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  9. اِذْ قَا لَ لَهُمْ اَخُوْهُمْ نُوْحٌ اَ لَا تَتَّقُوْنَ  Artinya : "Ketika saudara mereka (Nuh) berkata kepada mereka, "Mengapa kamu tidak bertakwa?" (QS. Asy-Syu'aro Ayat 106). nuukhun adalah lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 106. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  10. اِنِّيْ لَـكُمْ رَسُوْلٌ اَمِيْنٌ  Artinya : "Sesungguhnya aku ini seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu," (QS. Asy-Syu'aro Ayat 107). Rosuulun adalah lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 107. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  11. اِذْ قَا لَ لَهُمْ اَخُوْهُمْ هُوْدٌ اَ لَا تَتَّقُوْنَ  Artinya : "Ketika saudara mereka Hud berkata kepada mereka, "Mengapa kamu tidak bertakwa?" (QS. Asy-Syu'aro  Ayat 124). Huudun adalah lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat Asy Syu'aro ayat 124. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  12. فَلَمَّا جَآءَتْهُمْ اٰيٰتُنَا مُبْصِرَةً قَا لُوْا هٰذَا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ  Artinya : "Maka ketika mukjizat-mukjizat Kami yang terang itu sampai kepada mereka, mereka berkata, "Ini sihir yang nyata."" (QS. An-Naml Ayat 13).  syikhrun adalah lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat An Naml ayat 13. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  13. وَوَرِثَ سُلَيْمٰنُ دَاوٗدَ وَقَا لَ يٰۤاَ يُّهَا النَّا سُ عُلِّمْنَا مَنْطِقَ الطَّيْرِ وَاُ وْتِيْنَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ ۗ اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْفَضْلُ الْمُبِيْنُ Artinya : "Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia (Sulaiman) berkata, "Wahai manusia! Kami telah diajari bahasa burung dan kami diberi segala sesuatu. Sungguh, (semua) ini benar-benar karunia yang nyata."" (QS. An-Naml Ayat 16). Sulaimaanu, an naasyu dan fadhlu adalah lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat An Naml ayat 16. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  14.  قَا لَتْ نَمْلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوْا مَسٰكِنَكُمْ ۚ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمٰنُ وَجُنُوْدُهٗ ۙ وَهُمْ لَا يَشْعُرُوْنَ Artinya "Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, "Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari."" (QS. An-Naml Ayat 18). Namlatun, an namlu dan sulaimaanu adalah lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat An Naml ayat 18. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  15. اِنِّيْ وَجَدْتُّ امْرَاَ ةً تَمْلِكُهُمْ وَاُ وْتِيَتْ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ وَّلَهَا عَرْشٌ عَظِيْمٌ Artinya : "Sungguh, kudapati ada seorang perempuan yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta memiliki singgasana yang besar." (QS. An-Naml Ayat 23). 'Arsyun adalah lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat An Naml ayat 23. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  16. قَا لَ عِفْرِيْتٌ مِّنَ الْجِنِّ اَنَاۡ اٰتِيْكَ بِهٖ قَبْلَ اَنْ تَقُوْمَ مِنْ مَّقَا مِكَ ۚ وَاِ نِّيْ عَلَيْهِ لَـقَوِيٌّ اَمِيْنٌ Artinya : "'Ifrit dari golongan jin berkata, "Akulah yang akan membawanya kepadamu sebelum engkau berdiri dari tempat dudukmu; dan sungguh, aku kuat melakukannya dan dapat dipercaya."" (QS. An-Naml Ayat 39), 'ifriitun dan amiinun adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat An Naml ayat 39. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  17. قَا لَ الَّذِيْ عِنْدَهٗ عِلْمٌ مِّنَ الْـكِتٰبِ اَنَاۡ اٰتِيْكَ بِهٖ قَبْلَ اَنْ يَّرْتَدَّ اِلَيْكَ طَرْفُكَ  Artinya : "Seorang yang mempunyai ilmu dari Kitab berkata, "Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip." QS. An-Naml Ayat 40). 'Ilmun adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat An Naml ayat 40. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  18. قِيْلَ لَهَا ادْخُلِى الصَّرْحَ ۚ فَلَمَّا رَاَ تْهُ حَسِبَـتْهُ لُـجَّةً وَّكَشَفَتْ عَنْ سَا قَيْهَا ۗ قَا لَ اِنَّهٗ صَرْحٌ مُّمَرَّدٌ مِّنْ قَوَا رِيْرَ ۙ Artinya : "Dikatakan kepadanya (Balqis), "Masuklah ke dalam istana." Maka ketika dia (Balqis) melihat (lantai istana) itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya (penutup) kedua betisnya. Dia (Sulaiman) berkata, "Sesungguhnya ini hanyalah lantai istana yang dilapisi kaca." (QS. An-Naml Ayat 44). Shorhun mumarrodun adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat An Naml ayat 44. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.
  19. وَلَقَدْ اَرْسَلْنَاۤ اِلٰى ثَمُوْدَ اَخَاهُمْ صٰلِحًا اَنِ اعْبُدُوْا اللّٰهَ فَاِ ذَا هُمْ فَرِيْقٰنِ يَخْتَصِمُوْنَ Artinya : "Dan sungguh, Kami telah mengutus kepada (kaum) Samud saudara mereka yaitu Salih (yang menyeru), "Sembahlah Allah!" Tetapi tiba-tiba mereka (menjadi) dua golongan yang bermusuhan." (QS. An-Naml Ayat 45). Fariiqooni adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat An Naml ayat 45. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah alif.
  20.  ۗ قَا لَ طٰٓئِرُكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ بَلْ اَنْـتُمْ قَوْمٌ تُفْتَـنُوْنَ Artinya : Dia (Salih) berkata, "Nasibmu ada pada Allah (bukan kami yang menjadi sebab), tetapi kamu adalah kaum yang sedang diuji."" (QS. An-Naml Ayat 47). qoumun adalah contoh lafadz yang terdapat i'rob rofa di dalam al qur'an surat An Naml ayat 47. adapun tanda i'rob rofa'nya adalah dhommah.

2 komentar untuk "Contoh dan Tanda I'rob Rofa' Di Dalam Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close