Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh dan Tanda I'rob Jazm Di Dalam Al Qur'an

contoh dan tanda i'rob jazm di dalam al qur'an
Tabel 1.0. Contoh dan Tanda I'rob Jazm di dalam Al Qur'an

I'rob Jazm adalah berubahnya akhir kalimat dengan terdapatnya tanda jazm karena ada amil yang masuk, baik perubahan tersebut dengan lafadznya (ucapan) atau taqdir (perkiraannya). Perubahan dengan lafadz seperti terdapatnya tanda sukun di akhir kata, perubahan dengan taqdir atau perkiraan seperti membuang huruf illat, dan membuang huruf nun, di mana I’rob Jazm hanya terdapat pada fi’il mudhori’ dan af’alul khomsah.

Berikut adalah 15 contoh kalimat dan tanda I’rob Jazm di dalam Al qur’an, adapaun warna kuning kami berikan kepada lafadz yang terdapat fi’il yang mudhori’ dengna amil jawazim 

  1. لَمْ يَلِدْ ۙ وَلَمْ يُوْلَدْ  Artinya"(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan." (QS. Al-Ikhlas Ayat 3) lam yalid dan lam yulad adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Al ikhlas ayat 3 dengan tanda I’robnya adalah sukun.
  2. اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍ  Artinya "Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?" (QS. Al-Fiil Ayat 2) alam yaj’al adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Al fiil ayat 2 dengan tanda I’robnya adalah sukun.
  3. فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَا لَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗ Artinya "Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya." (QS. Az-Zalzalah Ayat 7). Faman ya’mal adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Al zalzalah ayat 7 dengan tanda I’robnya adalah sukun.
  4. كَاَ نْ لَّمْ يَغْنَوْا فِيْهَا ۗ اَ لَا بُعْدًا لِّمَدْيَنَ كَمَا بَعِدَتْ ثَمُوْدُ Artinya : "seolah-olah mereka belum pernah tinggal di tempat itu. Ingatlah, binasalah penduduk Madyan sebagaimana kaum Samud (juga) telah binasa." (QS. Hud Ayat 95). lam yaghnauu adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Al Hud ayat 95 dengan tanda I’robnya adalah membuang huruf nun.
  5. ۗ وَلَئِنْ لَّمْ يَفْعَلْ مَاۤ اٰمُرُهٗ لَـيُسْجَنَنَّ وَلَيَكُوْنًا مِّنَ الصّٰغِرِيْنَ Artinya : "Jika dia tidak melakukan apa yang aku perintahkan kepadanya, niscaya dia akan dipenjarakan, dan dia akan menjadi orang yang hina." (QS. Yusuf Ayat 32). lam yaf’al adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Yusuf ayat 32 dengan tanda I’robnya adalah sukun.
  6. فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَا لَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗ  Artinya "Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya." (QS. Az-Zalzalah Ayat 7). Faman ya’mal adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Az Zalzalah ayat 7 dengan tanda I’robnya adalah sukun.
  7. وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَا لَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ Artinya "Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya." (QS. Az-Zalzalah Ayat 8). wamay ya’mal adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Az Zalzalah ayat 8 dengan tanda I’robnya adalah sukun.
  8. عَلَّمَ الْاِ نْسَا نَ مَا لَمْ يَعْلَمْ Artinya : "Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya." (QS. Al-'Alaq Ayat 5). Maa lam ya’lam adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Al-‘Alaq ayat 5 dengan tanda I’robnya adalah sukun.
  9. اَلَمْ نَشْرَحْ لَـكَ صَدْرَكَ Artinya : "Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?," (QS. Al-Insyirah Ayat 1). Alam nasyroh adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat AlInsyiroh ayat 1 dengan tanda I’robnya adalah sukun
  10. اَلَمْ نَجْعَلْ لَّهٗ عَيْنَيْنِ  Artinya : "Bukankah Kami telah menjadikan untuknya sepasang mata," (QS. Al-Balad 90: Ayat 8). Alam naj’al adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Al-Balad ayat 8 dengan tanda I’robnya adalah sukun
  11. اِنَّ الَّذِيْنَ فَتَـنُوا الْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنٰتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوْبُوْا فَلَهُمْ عَذَا بُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَا بُ الْحَرِيْقِ Artinya : "Sungguh, orang-orang yang mendatangkan cobaan (bencana, membunuh, menyiksa) kepada orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan lalu mereka tidak bertobat, maka mereka akan mendapat azab Jahanam dan mereka akan mendapat azab (neraka) yang membakar." (QS. Al-Buruj Ayat 10). Lam yatuubuu adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Al-Buruj ayat 10 dengan tanda I’robnya adalah membuang huruf nun.
  12. كَاَ نَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوْۤا اِلَّا عَشِيَّةً اَوْ ضُحٰٮهَا Artinya "Pada hari ketika mereka melihat hari Kiamat itu (karena suasananya hebat), mereka merasa seakan-akan hanya (sebentar saja) tinggal (di dunia) pada waktu sore atau pagi hari." (QS. An-Nazi'at Ayat 46). Lam yalbatsuu adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat An Nazi’at ayat 46 dengan tanda I’robnya adalah membuang huruf nun.
  13. اَلَمْ تَرَوْا كَيْفَ خَلَقَ اللّٰهُ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ طِبَا قًا  Artinya "Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis?" (QS. Nuh Ayat 15). Alam tarouu adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Nuh ayat 15 dengan tanda I’robnya adalah membuang huruf nun.
  14. ۙ فَلَمْ يَجِدُوْا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْصَا رًا Artinya "maka mereka tidak mendapat penolong selain Allah." (QS. Nuh Ayat 25) . falam yajiduu adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat Nuh ayat 25 dengan tanda I’robnya adalah membuang huruf nun.
  15. قَا لَ اَوْسَطُهُمْ اَلَمْ اَقُلْ لَّكُمْ لَوْلَا تُسَبِّحُوْنَ Artinya "Berkatalah seorang yang paling bijak di antara mereka, "Bukankah aku telah mengatakan kepadamu, mengapa kamu tidak bertasbih (kepada Tuhanmu)."" (QS. Al-Qalam Ayat 28) alam aqul adalah contoh kalimat dengan I’rob jazm Di dalam Al Qur’an Surat al Qolam ayat 28 dengan tanda I’robnya adalah sukun.

2 komentar untuk "Contoh dan Tanda I'rob Jazm Di Dalam Al Qur'an"

  1. وَلَيَكُوْنًا kalimat apa kok bisa bertanwin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa layakunan dalam surat yusuf ayat 32 di atas berarti dan diakan menjadi,, adapun tanda harokat fathah tain pada kalimat tersebut bisa anda pelajari pada materi i'rob nashob dan amil nawashib,

      Hapus

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close