Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh dan Tanda I'rob Nashob Di Dalam Al Qur'an

Contoh dan Tanda I'rob Nashob di dalam Al Qur'an
Tabel 1.0. Contoh dan Tanda I'rob Nashob di dalam Al Qur'an

I'rob Nashob adalah berubahnya akhir kalimat dengan terdapatnya tanda nashob karena ada amil yang masuk, baik perubahan tersebut dengan lafadznya (ucapan) atau taqdir (perkiraannya). Di dalam kitab imrithi karya Syekh syarafuddin al imrithi menjelaskan bahwa tanda I’rob Rofa' ada lima yaitu fathah, alif, kasroh, ya' dan terbuangnya nun.

Berikut adalah 21 contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam Al qur’an, adapun lafadz yang terdapat tanda nashob kami berikan warna kuning supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. سَيَصْلٰى نَا رًا ذَا تَ لَهَبٍ  Artinya "Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka)." (QS. Al-Lahab Ayat 3). Lafadz sayashlaa naaron adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat al lahab ayat 3, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata naaron.
  2. اِنَّاۤ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ Artinya "Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak." (QS. Al-Kautsar Ayat 1). Lafadz a’thoinaakal kautsaro adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat al Kautsar ayat 1, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata naaron.
  3. وَا لْعٰدِيٰتِ ضَبْحًا  Artinya "Demi kuda perang yang berlari kencang terengah-engah," (QS. Al-'Adiyat Ayat 1). Lafadz wa’alaadiyati dhobhaa adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat al ‘Adiyat ayat 1, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata shubhaa.
  4. فَا لْمُوْرِيٰتِ قَدْحًا  Artinya "dan kuda yang memercikkan bunga api (dengan pukulan kuku kakinya)," (QS. Al-'Adiyat Ayat 2). Lafadz fal muuriyati qodhaa adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat al ‘Adiyat ayat 2, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata qodkhaa.
  5. فَا لْمُغِيْرٰتِ صُبْحًا  Artinya "dan kuda yang menyerang (dengan tiba-tiba) pada waktu pagi," (QS. Al-'Adiyat Ayat 3). Lafadz fal mughiirooti shubhaa adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat al ‘Adiyat ayat 3, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata shubhaa
  6. اِنَّ الْاِ نْسَا نَ لِرَبِّهٖ لَـكَنُوْدٌ Artinya "sungguh, manusia itu sangat ingkar, (tidak bersyukur) kepada Tuhannya," (QS. Al-'Adiyat Ayat 6). Lafadz insaana adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat al ‘Adiyat ayat 6, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata shubhaa
  7. سَنَدْعُ الزَّبَا نِيَةَ Artinya "Kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah (penyiksa orang-orang yang berdosa)," (QS. Al-'Alaq Ayat 18). Lafadz sanad’uz zabaaniyata adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat al ‘Alaq ayat 18, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata zabaniyata
  8. ثُمَّ رَدَدْنٰهُ اَسْفَلَ سَا فِلِيْنَ Artinya "kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya," (QS. At-Tiin Ayat 5). Lafadz rodadnaahu asfala adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat At tiin ayat 5, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata asfala.
  9. اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰ وٰى Artinya "Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu)." (QS. Ad-Dhuha Ayat 6). Lafadz yajidka yatiimaa adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Ad dhuha ayat 6, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata yatiimaa
  10. وَوَجَدَكَ ضَآ لًّا فَهَدٰى Artinya "Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk." (QS. Ad-Dhuha Ayat 7). Lafadz dhollaa adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Ad dhuha ayat 7, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata dhollaa
  11. وَوَجَدَكَ عَآئِلًا فَاَ غْنٰى  Artinya "Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan." (QS. Ad-Dhuha Ayat 8). Lafadz wawajadaka aa’ilan adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Ad dhuha ayat 8, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata ‘aa ilan
  12. فَاَ مَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْ Artinya "Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang." (QS. Ad-Dhuha Ayat 9). Lafadz fa ammal yatiima adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Ad dhuha ayat 9, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata yatiima
  13. وَاَ مَّا السَّآئِلَ فَلَا تَنْهَرْ Artinya "Dan terhadap orang yang meminta-minta, janganlah engkau menghardik(nya)." (QS. Ad-Dhuha Ayat 10). Lafadz wa ammats tsaa ila adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Ad dhuha ayat 10, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata tsaa ila.
  14. وَمَا خَلَقَ الذَّكَرَ وَا لْاُ نْثٰۤى Artinya "demi penciptaan laki-laki dan perempuan," (QS. Al-Lail Ayat 3). Lafadz kholaqodz dzakaro adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Al lail ayat 3, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata dzakaro.
  15. لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِ نْسَا نَ فِيْ كَبَدٍ Artinya "Sungguh, Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah." (QS. Al-Balad Ayat 4). Lafadz kholaqnal insaana adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Al Balad ayat 4, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata insaana.
  16. اَيَحْسَبُ اَنْ لَّنْ يَّقْدِرَ عَلَيْهِ اَحَدٌ Artinya "Apakah dia (manusia) itu mengira bahwa tidak ada sesuatu pun yang berkuasa atasnya?" (QS. Al-Balad Ayat 5). Lafadz an lan yaqdiro adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Al Balad ayat 5, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata yaqdiro.
  17. وَّتُحِبُّوْنَ الْمَا لَ حُبًّا جَمًّا Artinya "dan kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan." (QS. Al-Fajr Ayat 20). Lafadz tukhibbuunal maala adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Al Fajr ayat 20, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata maala.
  18. تَصْلٰى نَا رًا حَا مِيَةً  Artinya "mereka memasuki api yang sangat panas (neraka)," (QS. Al-Ghasyiyah Ayat 4). Lafadz tashlaa naaron adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Al Ghosiyah ayat 4, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata naaron.
  19. فَجَعَلَهٗ غُثَآءً اَحْوٰى  Artinya "lalu dijadikan-Nya (rumput-rumput) itu kering kehitam-hitaman." (QS. Al-A'la Ayat 5). Lafadz faja’alahuu ghusaa an adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Al A’laa ayat 5, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata Ghusaa an.
  20. الَّذِيْ يَصْلَى النَّا رَ الْكُبْرٰى Artinya "(yaitu) orang yang akan memasuki api yang besar (neraka)," (QS. Al-A'la Ayat 12). Lafadz yashlan naaro adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Al A’laa ayat 12, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata Naaro.
  21. بَلْ تُؤْثِرُوْنَ الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا Artinya "Sedangkan kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan dunia," (QS. Al-A'la Ayat 16). Lafadz tu’tsirruunal khayaata adalah contoh kalimat dengan I’rob nashob di dalam al qur’an surat Al A’laa ayat 16, adapun tanda I’rob nashobnya adalah fathah pada kata khayaata.


Posting Komentar untuk "Contoh dan Tanda I'rob Nashob Di Dalam Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close