Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jamak Taksir dan Pengertiannya

Apa itu Jamak Taksir?

Di dalam struktur bahasa arab terdapat perubahan kata yang tidak beraturan, perubahan kata yang tidak beraturan terdapat pada jamak taksir, pengertian jamak taksir adalah kata benda yang mengalami perubahan dari bentuk tunggal kepada bentuk jamak mengikuti salah satu pola dari pengimbuhan huruf, penanggalan huruf, perubahan bunyi vokal, atau kriteria lainnya. Contohnya seperti berikut 

  1. كِتَابٌ   كُتُبٌ kitaabun menjadi kutuubun, dimana perubahan bentuknya merupakan perubahan yang tidak beraturan.
  2. مَسْجِدٌ   مَسَاجِدٌ masjidun menjadi masaajidun, dimana perubahan kata masjidun menjadi masajidun adalah perubahan kata yang tidak beraturan.

Dari 2 contoh perubahan di atas bisa difahami bahwa perubahan kata di dalam jamak taksir berbeda dengan perubahan kata yang terdapat pada jamak mudzakkar salim dan jamak mu’annats salim. Sehingga supaya mudah didalam mempelajari kata-kata yang termasuk jamak taksir adalah dengan sering mempelajarinya dan menghafalkannya. 

Mengenai perubahan harokat di dalam jamak taksir karena terdapat amil memasuki jamak taksir maka jamak taksir memiliki 3 jenis I’rob, yakni I’rob Khofadh atau I’rob Jar. I’rob Rofa’ dan I’rob Nashob. Sebagaimana contoh di bawah ini 

contoh kalimat dengan jamak taksir
Tabel 1.0. Contoh Kalimat dengan Jamak Taksir

Contoh Jamak Taksir dengan I’rob Rofa’ 

3 Contoh kalimat yang menggunakan jama' taksir dengan I'rob Rofa'. adapun contoh tanda perubahan dengan dhommah kami berikan warna kuning, sebagaimana contoh di bawah :

1. تِلْكَ اَقْلَامٌ itu bulpen-bulpen

2. الطُّلَّابُ فِي الفَصْلِ Murid-murid di dalam kelas

3. تِلْكَ الْجِبَالٌ Itu adalah gunung-gunung

Contoh jamak Taksir dengan I’rob Jar

3 Contoh kalimat yang menggunakan jama' taksir dengan I'rob Jar atau Ir'ob Khofadh. adapun contoh tanda perubahan dengan kasroh kami berikan warna kuning, sebagaimana contoh di bawah :

1. قَلَمِي عَلَى الكُتُبِ bulpen saya diatas buku-buku

2. جَلَسْنَ عَلَى الطَّاوِلَةِ Kami telah duduk di atas meja-meja

3. نُمْنَافِى الجِبَالِ Kami telah tidur di gunung-gunung

Contoh Jamak Taksir dengan I'rob Nashob

3 Contoh kalimat yang menggunakan I'rob Nashob pada jama' taksir sebagai berikut

1. صَنَعنَامَنَازِلَ جَدِيْدَةً kami telah membuat rumah-rumah yang baru

2. اَعْطَيْنَا اللأَطْفَالَ مَلَابِسَ Kami telah memberti anak-anak pakaian.

3. اَشْتَرِيْنَا نَظَارَاتً مِنَ السُّوْقِ Kami telah membeli gelas-gelas di pasar

Contoh Kalimat Jamak Taksir dalam percakapan bahasa Arab

Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan jamak taksir di dalam percakapan, dimana dengan beberapa contoh percakapan memudahkan saudara di dalam memahami penggunaan jamak taksir di dalam kalimat bahasa Arab.

كَمْ مَسَاجِدُ فِى الْمَدِيْنَة Berapa masjid di kota ini?

اَرْبَعُ مسَاجِدُ الْاَكْبَر فِى هَذِهِ الْمَدِينَةَ terdapat 4 masjid besar di kota ini.

اَيْنَ كُتُبُ الْعَرَبِيَّة يَامُحَمَّد؟ Dimana buku-buku bahasa Arab wahai Muhammad?

 كُتُبُ الْعَرَبِيَّة فِى الْمَكْتَبُ Buku-buku bahasa Arab di Perpustakaan

Contoh kalimat Jamak Taksir di dalam Al qur’an

Berikut 5 contoh kalimat jamak taksir di dalam alqur’an, dimana lafadz yang menunjukkan jamak taksir kami berikan garis bawah supaya mudah di dalam memahami dan mempelajarinya

1. وَحَرَّمْنَا عَلَيْهِ الْمَرَاضِعَ مِنْ قَبْلُ فَقَالَتْ هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰٓى اَهْلِ بَيْتٍ يَّكْفُلُوْنَهٗ لَكُمْ وَهُمْ لَهٗ نَاصِحُوْنَ Al Qoshos Ayat 12 Artinya Dan Kami cegah dia (Musa) menyusu kepada perempuan-perempuan yang mau menyusui(nya) sebelum itu; maka berkatalah dia (saudaranya Musa), “Maukah aku tunjukkan kepadamu, keluarga yang akan memeliharanya untukmu dan mereka dapat berlaku baik padanya?” Maroodhi'a adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Al Qoshos Ayat 12.

2. وَلَمْ يَكُنْ لَّهُمْ مِّنْ شُرَكَاۤىِٕهِمْ شُفَعٰۤؤُا وَكَانُوْا بِشُرَكَاۤىِٕهِمْ كٰفِرِيْنَ QS Ar Rum ayat 13 Dan tidak mungkin ada pemberi syafaat (pertolongan) bagi mereka dari berhala-berhala mereka, sedangkan mereka mengingkari berhala-berhala mereka itu. Syurokaa'ihim adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Ar Rum ayat 13.

3. وَلَوْ اَنَّ مَا فِى الْاَرْضِ مِنْ شَجَرَةٍ اَقْلَامٌ وَّالْبَحْرُ يَمُدُّهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖ سَبْعَةُ اَبْحُرٍ مَّا نَفِدَتْ كَلِمٰتُ اللّٰهِ  QS. Al Luqman ayat 27 Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan lautan (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi) setelah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat-kalimat Allah. AqLaamun adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Al Luqman ayat 27.

4. يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتَ النَّبِيِّ اِلَّآ اَنْ يُّؤْذَنَ لَكُمْ اِلٰى طَعَامٍ غَيْرَ نٰظِرِيْنَ اِنٰىهُ QS Al Ahzab ayat 53 Artinya Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali jika kamu diizinkan untuk makan tanpa menunggu waktu masak (makanannya), Buyuuta adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Al Ahzab ayat 53. 

5. يَعْمَلُوْنَ لَهٗ مَا يَشَاۤءُ مِنْ مَّحَارِيْبَ وَتَمَاثِيْلَ وَجِفَانٍ كَالْجَوَابِ وَقُدُوْرٍ رّٰسِيٰتٍۗ QS. As Saba' ayat 13 Artinya Mereka (para jin itu) bekerja untuk Sulaiman sesuai dengan apa yang dikehendakinya di antaranya (membuat) gedung-gedung yang tinggi, patung-patung, piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk-periuk yang tetap (berada di atas tungku). Mahaariba, Tamasyiila dan jifaanin adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat As Saba' ayat 13

Baca juga :

10 contoh jamak taksir di dalam al Quran


6 komentar untuk " Contoh Jamak Taksir dan Pengertiannya"

  1. kalau kalimat مكتب jamak taksirnya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makatibun baca di sini https://www.khoiri.com/2021/06/maktabun-artinya-contoh-kalimat.html

      Hapus
  2. Kalau kalimat RABBAYANI , lalu diubah menjadi Jamak Takstir ,maka seperti bentuknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ditulis rabbayani dalam bahasa arabnya supaya kami tidak salah mengiranya,

      Hapus
  3. Apakah benar penggunaan kalimat jamak taksir untuk muannas seperti kalimat أساتيذ menjadi أساتذة ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ASSATIDZUN berasal dari ustadzun, asatidzatun berasal dari ustadzatun, yang mu'anats assatidzatun. baca https://www.khoiri.com/2021/09/ustadzatun-artinya-dan-contoh-kalimatnya.html

      Hapus

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close