Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Sosialisasi QRIS di UMKM Center Tarakan

Pada tanggal 29 Maret 2021, diadakan kegiatan sosialisasi QRIS oleh bank indonesia dimana kegiatan sosialisasi diadakan di UMKM center kota tarakan. Mengundang beberapa dinas opd (organisasi perangkat daerah) seperti dinas perindustrian dan ketenagakerjaan, dinas perhubungan, dinas koperasi dan perdagangan dan satlantas polres tarakan. 

Adapun kegiatan diawali dengan pembukaan kegiatan oleh bapak bambang irianto yang menjelaskan tentang kemudahan pembayaran melalui QRIS, kemudian sosialisasi tentang QRIS yang disampaikan oleh Bapak Handoko. dan di akhir sesi yakni merasakan pengalaman berbelanja dengan menggunakan QRIS. 

Kegiatan sosialisasi kris di UMKM center
Gambar 1.0. Kegiatan sosialisasi QRIS di UMKM center tarakan

Bapak Irianto membuka kegiatan sosialisasi QRIS di UKM Center Kota Tarakan, kemudian beliau menjelaskan bahwa QRIS bisa digunakan untuk pembayaran dengan nominal kecil seperti 100 200 rupiah, dengan nominal sekecil itu maka pembayaran dengan Qris bisa dilayani. Sehingga apabila anda berbelanja di alfamidi atau indomaret dengan harga barang sekitar Rp 12.300,- atau Rp 11.700,- maka pembayaran dengan nominal tersebut bisa dilayani dengan menggunakan QRIS. 

Kegiatan sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh bapak handoko tentang QRIS, bahwa QRIS aman, murah dan handal, QRIS bisa memudahkan pembayaran hanya dengan mengirimkan kode QRIS, bapak handoko mencontohkan dengan qris seseorang UKM bisa bertransaksi hanya dengan mengirimkan kode QR, misalnya pembeli ingin membeli barang dengan harga Rp 150.000.-. Sang penjual atau UKM menyediakan sarana pembayaran dengan QRIS, UKM menyerahkan kode qris tersebut kepada pembeli melalui chats whats app, dan pembeli kemudian mengscan kode QRIS tersebut, ketika pembeli sudah mengscan QRIS yang dikirim oleh UKM. Maka otomatis dana yang dimiliki oleh pembeli sudah terpotong. Dan barang siap di kirim ke pembeli. 

Atau contoh lainnya ketika ibu-ibu sedang belanja baju di Ramayana, ia akan membeli baju yang tersedia di ramayana. Dan ia kelupaan membawa dompetnya, namun untung ibu tersebut membawa handphone yang didalamnya sudah terkoneksi dengan aplikasi QRIS. Maka ibu tersebut ketika di kasir tinggal mengacan kode QR yang disediakan oleh kasir. Dan otomatis Transaksi pembelian terjadi dengan sukses. QRIS tidak hanya bisa digunakan oleh toko-toko besar atau supermarket besar. Toko kelontong atau UMKM kelontong juga bisa melakukan kegiatan transaksi dengan QRIS, adapun caranya sebagai berikut

Cara menjadi merchant QRIS

Berikut 5 langkah menjadi merchant QRIS

1.Siapkan dokumen pribadi anda, seperti KTP, KK, dan Izin Usaha yang dimiliki

2.Siapkan smartphone anda yang mumpuni untuk aktivitas pembayaran dengan QRIS

3.Kunjungi bank tempat anda menabung

4.Ambil antrian ke customer service

5.Sampaikan keinginan anda untuk membuat merchant pembayaran dengan QRIS

Kunjungi bank tempat anda menyimpan uang, apabila anda nasabah bank BRI maka pergi ke bank BRI, apabila anda nasabah bank mandiri maka saudara pergi ke bank mandiri. Setelah anda sudah menuju bank, segera ambil kartu antrian di customer service. Sebelumnya siapkan dahulu buku rekening anda, KTP anda, dan samrtphone Anda. Nanti pihak customer bank akan mengurus aplikasi pembayaran qris anda. 

Apa itu QRIS? 

QRIS adalah kepanjangan dari Quick Response Code international standart. QRIS dibuat oleh bank Indonesia untuk memudahkan pembayaran di masyarakat. Qris bukanlah sebuah aplikasi yang berdiri sendiri, qris berada di aplikasi lain seperti gojek, bri mobile, mandiri Mobile, link aja dan sebagainya, sehingga apabila anda mencari di play store atau di ios store anda tidak akan menemukan aplikasi QRIS. Adapun qris adalah gerbang pembayaran dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan biaya 0℅ per transaksi. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya transaksi ketika anda menggunakan QRIS. 

Dimana saja Merchant Qris di tarakan? 

Merchant QRIS di kota tarakan berada di 11 Merchant pembayaran, seperti bank BRI, bank mandiri bank BCA bank danamon, bank BTN dan sebagainya beberapa minimarket seperti Sinar terang bersaudara, alfamidi juga menyediakan pembayaran dengan menggunakan QRIS. Adapun masjid al ma'arif dan baznas kota tarakan juga menyediakan pembayaran dengan QRIS. Dimana apabila anda ingin membayar zakat, atau saudara ingin infaq maka anda bisa menggunakan QRIS untuk bertransaksi. 

Berapa maksimal traksaksi pembayaran dengan QRIS? 

Menurut pak handoko, pembayaran QRIS untuk setiap transaksi maksimal adalah 2 juta rupiah, sehingga apabila anda bertransaksi dengan harga barang yang mencapai 5 juta rupiah, maka anda harus melakukan pembayaran secara 3 kali, yakni uang 2 juta rupiah sebanyak 2 kali dan yang ke tiga nya sebesar 1 juta rupiah. 

Apa saja keuntungan pembayaran dengan QRIS? 

Berikut adalah 3 keuntungan melakukan pembayaran dengan QRIS

1. Membuat catatan pengeluaran anda terekam dengan baik

2. Menjadikan pembayaran anda aman dan mudah

3. Biaya transaksi 0℅.

Adapun biaya transaksinya 0% maksudnya pembayaran dengan QRIS tidak dikenakan biaya sepeser pun alias biaya Transaksi 0℅, menurut pak bambang irwanto bahwa biaya transaksi 0 ℅ akan masih berlaku sampai Desember 2021. 

Ketika anda bertransaksi dengan QRIS maka catatan pengeluaran uang anda akan terekam dengan baik, anda jadi ingat dan mudah mengetahui kemana saja uang anda, anda belanjakan. 

Dengan Qris menjadikan pembayaran anda aman dan mudah maksudnya apabila anda membayar di kasir anda tinggal membawa handphone anda, kemudian anda bayar dengan menunjukkan smartphone anda dan seketika itu juga transaksi anda berhasil. Anda tidak perlu repot mengeluarkan uang atau ATM dari dompet anda untuk melalukan transaksi pembayaran.

Berbelanja dan membayar dengan QRIS
Gambar 1.1. Peserta berbelanja dan membayar dengan QRIS

Bagaimana pengalaman Berbelanja Dengan QRIS?

Setelah kegiatan sosialisasi dilaksanakan, peserta disarankan untuk membeli barang-barang yang dipajang di UMKM Center di bawah, adapun setiap peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi sudah diberikan top up dana sebesar Rp 200.000 setiap peserta, top ud dana diberikan ketika peserta ketika registrasi, yang masuk ke saldo aplikasi Go Pay, Link Aja, atau aplikai Bri Mo (BRI Mobile). 

Sehingga dana sebesar RP 200.000,- harus dihabiskan untuk berbelanja di lantai bawah UMKM Center, yang mana di sana dipajang produk UMKM Tarakan seperti Amplang, Keripik Singkong, Abon, Nugget, Kaos, Gantungan Kunci dan sebagainya. Pengalaman berbelanja dengan QRIS cukup menyenangkam, anda tinggal mengscan kode QR yang dipajang di dekat Kasir. Maka transaksi pembayaran sudah berhasil.

Posting Komentar untuk "Kegiatan Sosialisasi QRIS di UMKM Center Tarakan "

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close