Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Sistem Jaminan Halal UMKM Kue (SJH Bakery)

Usaha UMKM mempunyai peran penting di dalam sistem ekonomi di Indonesia, dimana dengan adanya UMKM maka ekonomi bisa tetap  bertahan walau di masa krisis, maka dari itu, perlu perhatian dari pemerintah kepada pelaku umkm supaya bisa lebih mengembangkan dirinya untuk jadi lebih baik.

Pengembangan UMKM salah satunya dengan mengajak mereka mengurus sertifikasi halal produknya, dengan adanya sertifikasi halal  yang mereka miliki maka akan memudahkan mereka di dalam memasarkan produk mereka, di mana beberapa toko dan minimarket biasanya mempersyaratkan produk yang dipajang di toko mereka harus bersertifikat halal. Minimarket ingin untuk memberikan rasa aman dan pengalaman yang baik kepada pengunjungnya bahwa setiap produk yang di display di toko mereka terjamin kehalalan dan kesehatannya.

Bagi UMKM Kue pengurusan sertifikasi halal bukanlah suatu hal yang sulit, apabila anda membuat kue skala rumahan dan bersiap untuk mengurus sertifikat halal produk anda, maka anda berkonsultasi kepada MUI di tempat anda, dinas perindustrian di tempat anda atau kantor kementerian agama di tempat anda. 

Di beberapa lembaga pemerintah tersebut anda akan dibimbing dan diberikan memulai dari mana supaya memperoleh sertifikat halal, anda akan diarahkan supaya bahan produksi anda, fasilitas produksi anda, dan prosedur anda dalam membuat kue harus sesuai dengan sistem jaminan halal.  Mungkin anda pertama kali akan merasa bingung, namun ketika anda sudah menerapkan dan sering berkonsultasi kepada penyuluh perindustrian atau siapapun yang membimbing anda, maka anda akan dapat dengan mudah menerapkan sistem jaminan halal di produk anda.

Suadara bisa melihat contoh sistem jaminan halal di UMKM Kue Ners yang berlokasi di Kota Tarakan pada file pdf di bawah, anda bisa mendownloadnya dan meniru kebijakan halalnya, penyusunan tim manajemen halalnya, cara membuat daftar bahannya dan sebagainya, dimana anda harus menyesuaikan dengan kondisi, bahan dan prosedur anda di dalam membuat kue, karena biasanya setiap umkm mempunyai resep dan prosedur memasak yang khas, yang menjadikan ciri khas produk umkm tersebut.

Berikut Contoh Sistem Jaminan Halal UMKM Kue (SJH Bakery) dari Ners. Yang merupakan UMKM Kue skala rumahan di kota tarakan dan alhamdulillah saat ini produk Kue dari Ners sudah bersertifikat halal dan aman untuk anda konsumsi

  

Apabila saudara berkeinginan untuk mendownload contoh sistem jaminan halal UMKM Kue (SJH Bakery) di atas saudara klik dahulu gambar pop out yang terletaknya di ujung kanan file pdf. setelah membuak halaman baru saudara klik tanda panah ke bawah yang berada di pojok kanan atas seperti gambar di bawah :

gambar 1.0 klik kanan pada pop out untuk membuka halaman baru
gambar 1.1 klik di pojok kanan atas untuk mendownload dokumen

Posting Komentar untuk "Contoh Sistem Jaminan Halal UMKM Kue (SJH Bakery)"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close