Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Sistem Jaminan Halal Rumah Potong Hewan (SJH RPH)

Keberadaan rumah potong hewan bagi keberlangsungan industri adalah suatu hal yang vital. jasa pemotongan dan pembersihan hewan sebelum dijual ke pasaran sangat dibutuhkan bagi keberlangsungan sistem industri di setiap daerah di Indonesia. Keberadaan rumah potong hewan yang bersertifikat halal juga sangat diperlukan bagi industri yang mempersyaratkan keberadaan daging bersertifikat halal. industri rumah tangga seperti katering, rumah makan dan UKM yang ingin mempuyai sertifikat halal atas produknya, sementara produknya terdiri dari olahan daging. maka daging yang ia olah tersebut harus bersertifikat halal.

Daging yang bersertifikat halal bisa diperoleh dari impor dan dari produsen lokal, Daging merupakan salah satu bahan yang kritis, karena kita tidak tahu bagaimana hewan tersebut disembelih. bagaimana peralatan yang digunakan untuk menyembelih dan menguliti hewan, apakah semua peralatan, fasilitas dan prosedur yang digunakan sudah memenuhi kriteria sistem jaminan halal atau belum. Oleh karena itu, diperlukan Rumah Potong Hewan yang mempunyai sertifikat halal, yang bisa menghasilkan daging-daging halal yang dibutuhkan oleh industri di daerah tersebut.

Proses Pengajuan Sertifikasi Halal Rumah Potong Hewan (RPH)

Rumah potong hewan yang ingin mengajukan sertifikat halal bisa mengajukan ke LPPOM MUI di daerah mana rumah potong hewan berada. Pemilik Rumah potong hewan yang ingin berkonsultasi tentang proses pengajuan sertifikat halal, bisa berkonsultasi kepada dinas perindustrian di daerahnya atau meminta arahan dari kementerian agama di daerahnya.  

Pada umumnya pengajuan rumah potong hewan yang mengajukan sertifikat halal harus memenuhi prosedur dan 11 kriteria sistem jaminan halal, seperti fasilitas dan peralatan harus bebas dari najis. proses pencucian fasilitas dan peralatan harus sesuai dengan prosedur halal. proses pemotongan hewan harus sesuai aturan agama islam, mempunyai tim manajemen halal, mempunyai komitmen terhadap penerapan sistem jaminan halal di perusahaannya.

Adapun contoh Sistem Jaminan Halal Rumah Potong Hewan (SJH RPH) sebagai berikut

Untuk mendownload sistem jaminan halal rumah potong hewan di atas, saudara bisa mengklik pop atau tandah panah di ujung kanan terlebih dahulu. kemudian akan terbuka halaman baru yang berisi file pdf sistem jaminan halal rumah potong hewan, anda klik download di sebelah kanan atas untuk mendownload dokumen tersebut

SJH RPH (Sistem Jaminan Halal Rumah Potong Hewan)
Gambar 1.0 Klik pop out di pojok kanan atas

SJH RPH (Sistem Jaminan Halal Rumah Potong Hewan)
Gambar 1.1. Klik link download di pojok kanan atas.

Posting Komentar untuk " Contoh Sistem Jaminan Halal Rumah Potong Hewan (SJH RPH)"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close