Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Fi’il Amr di dalam Al Qur’an

Pengertian Fi’il Amr adalah kata kerja yang menunjukkan perintah, kalimat fi’il amr akan selalu kita temukan apabila membaca al qur'anul karim. Seperti kata 

  1. اَوْزِعْنِيْٓ artinya berilah aku petunjuk
  2. اَدْخِلُوْٓا artinya masukkanlah
  3. وَقُلْ  artinya dan katakanlah

Ketiga kata di atas menunjukkan arti perintah dan menggunakan fi'il Amr. Dengan sering saudara membaca al -Qur'an dan terjemahannya, saudara akan semakin mudah di dalam mempelari fi'il amr, serta membedakan fi'il amr dengan kata kerja atau kata benda yang lainnya.

contoh kalimat fi'il amr di dalam al qur'an
Tabel 1.0 Contoh Kalimat Fi'il Amr di dalam Al qur'an

Berikut 15 contoh fi’il Amr dalam Al qur’an, adapun lafadz yang menunjukkan kalimat fi’il Amr kami berikan warna kuning supaya lebih mudah di dalam mempelajarinya.

  1. قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ  Artinya dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Lafadz Auzi'nii dan ashlih adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat Al Ahqof ayat 15.
  2. وَاذْكُرْ اَخَا عَادٍۗ اِذْ اَنْذَرَ قَوْمَهٗ بِالْاَحْقَافِ Artinya Dan ingatlah (Hud) saudara kaum ‘Ad yaitu ketika dia mengingatkan kaumnya tentang bukit-bukit pasir Lafadz wadzkur adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat Al Ahqof ayat 21
  3. يٰقَوْمَنَآ اَجِيْبُوْا دَاعِيَ اللّٰهِ وَاٰمِنُوْا بِهٖ يَغْفِرْ لَكُمْ مِّنْ ذُنُوْبِكُمْ وَيُجِرْكُمْ مِّنْ عَذَابٍ اَلِيْمٍ Artinya Wahai kaum kami! Terimalah (seruan) orang (Muhammad) yang menyeru kepada Allah. Dan berimanlah kepada-Nya, niscaya Dia akan mengampuni dosa-dosamu dan melepaskan kamu dari azab yang pedih.Lafadz Ajibuu dan Aminuu adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat Al Ahqof ayat 31.
  4. اَدْخِلُوْٓا اٰلَ فِرْعَوْنَ اَشَدَّ الْعَذَابِ Artinya (Lalu kepada malaikat diperintahkan), “Masukkanlah Fir‘aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras!”. Lafadz Adkhiluu adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat Ghofir ayat 46.
  5. فَاصْبِرْ اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّاسْتَغْفِرْ لِذَنْۢبِكَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْاِبْكَارِ Artinya Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampun untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.Lafadz Fashbir, wastaghfir dan wa sabbih adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat ghofir ayat 55.
  6. فَاسْتَعِذْ بِاللّٰهِ ۗاِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ  Artinya maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sungguh, Dia Maha Mendengar, Maha Melihat. Lafadz Fasta'idz adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat Ghofir ayat 56.
  7. وَقَالُوْا يٰٓاَيُّهَ السّٰحِرُ ادْعُ لَنَا رَبَّكَ بِمَا عَهِدَ عِنْدَكَۚ اِنَّنَا لَمُهْتَدُوْنَ Artinya Dan mereka berkata, “Wahai pesihir! Berdoalah kepada Tuhanmu untuk (melepaskan) kami sesuai dengan apa yang telah dijanjikan-Nya kepadamu; sesungguhnya kami (jika doamu dikabulkan) akan menjadi orang yang mendapat petunjuk.”. Lafadz Ud'uu adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat Az Zuhkruf ayat 49.
  8. فَاصْفَحْ عَنْهُمْ وَقُلْ سَلٰمٌۗ فَسَوْفَ يَعْلَمُوْنَ ࣖ QS az zukhruf ayat 89 Artinya Maka berpalinglah dari mereka dan katakanlah, “Salam (selamat tinggal).” Kelak mereka akan mengetahui (nasib mereka yang buruk). Lafadz Fashfah dan Qul adalah contoh fi'il amr di dalam ?Al Qur'an surat az zukhruf ayat 89.
  9. فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِى السَّمَاۤءُ بِدُخَانٍ مُّبِيْنٍ Artinya Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas, Lafadz Fartaqib adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat ad Dukhan ayat 10.
  10. وَاِنْ لَّمْ تُؤْمِنُوْا لِيْ فَاعْتَزِلُوْنِ Artinya dan jika kamu tidak beriman kepadaku maka biarkanlah aku (memimpin Bani Israil).” Lafadz Fa'taziiluun adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat ad Dukhan ayat 21.
  11. …. وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُفَاقْطَعُوْآ اَيْدِيَهُمَا  Artinya Adapun orang laki-laki maupun perempuan yang mencuri, maka potonglah tangan keduanya. Lafadz Faqto'uu adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat Al Maidah ayat 38.
  12. فَاذْهَبْ اَنْتَ وَرَبُّكَ فَقَاتِلآاِنَّاههُنَاقعِدُوْنَ Artinya Karena itu pergilah engkau bersama Tuhanmu, dan berperanglah kamu berdua. Biarlah kami tetap (menanti) di sini saja.. Lafadz Fadzhab dan Faqootilaa adalah contoh fi'il amr di dalam Al qur'an surat Al Maidah ayat 24.
  13.  … قُلْ فَلِمَ يُعَذِّبُكُمْ بِذُنُوْبِكُمْ Artinya Katakanlah,”Mengapa Allah menyiksa kamu karena dosa-dosamu?”. Lafadz Qul adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat Al Maidah ayat 18.
  14. ….. فَلْيَضْحَكُوْاقَلِيْلاًوَلْيَبْكُوْاكَثِيْرًا  Artinya maka biarkanlah mereka tertawa sedikit dan menangis yang banyak. Lafadz Falyadhhakuu adalah fi'il amr.
  15. …وَقُلِ اعْمَلُوْافَسَيَرَى الّلهُ عَمَلَكُمْ  Artinya dan katakanlah,”Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu.”. Lafadz Wa Quli' Maluu adalah contoh fi'il amr di dalam Al Qur'an surat At Taubah ayat 105

Posting Komentar untuk "15 Contoh Fi’il Amr di dalam Al Qur’an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close