Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh jamak Taksir di dalam Al qur'an

Pengertian jamak taksir adalah kata benda yang mengalami perubahan dari bentuk tunggal kepada bentuk jamak mengikuti salah satu pola dari pengimbuhan huruf, penanggalan huruf, perubahan bunyi vokal, atau kriteria lainnya. Contohnya seperti berikut 

  1. كِتَابٌ   كُتُبٌ kitaabun menjadi kutuubun, dimana perubahan bentuknya merupakan perubahan yang tidak beraturan.
  2. مَسْجِدٌ   مَسَاجِدٌ masjidun menjadi masaajidun, dimana perubahan kata masjidun menjadi masajidun adalah perubahan kata yang tidak beraturan.

Dari 2 contoh perubahan di atas bisa difahami bahwa perubahan kata di dalam jamak taksir berbeda dengan perubahan kata yang terdapat pada jamak mudzakkar salim dan jamak mu’annats salim. Sehingga supaya mudah didalam mempelajari kata-kata yang termasuk jamak taksir adalah dengan sering mempelajarinya dan menghafalkannya. 

contoh jamak taksir di dalam Al qur'an
Tabel 1.0. Contoh Jamak Taksir di Dalam Al Qur'an

Berikut adalah 10 contoh penulisan Jamak Taksir di dalam Al-Qur'an. adapun penulisan jamak taksir kami berikan garis bawah supaya memudahkan di dalam mempelajarinya.

  1. وَقَالَتِ الْيَهُوْدُ وَالنَّصٰرٰى نَحْنُ اَبْنٰۤؤُ اللّٰهِ وَاَحِبَّاۤؤُهٗ Surat Al Maidah ayat 18 Artinya Orang Yahudi dan Nasrani berkata, “Kami adalah anak-anak Allah dan kekasih-kekasih-Nya.” Abnaau dan ahibaa u adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Al Maidah ayat 18.
  2. وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامً Surat al Furqon ayat 74 Artinya Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” azwajiina adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Al Furqon ayat 74
  3. لَهَا سَبْعَةُ اَبْوَابٍۗ لِكُلِّ بَابٍ مِّنْهُمْ جُزْءٌ مَّقْسُوْمٌ ࣖ Surat Al Hijr ayat 44 Artinya (Jahanam) itu mempunyai tujuh pintu. Setiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka. Abwaabun adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Al Hijr ayat 44.
  4. اِنَّا لَنَنْصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَيَوْمَ يَقُوْمُ الْاَشْهَادُۙ Surat Al Ghofir ayat 51 Artinya Sesungguhnya Kami akan menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari tampilnya para saksi (hari Kiamat), Asyhaadu adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Al Ghofir ayat 51.
  5. وَيَوْمَ يُحْشَرُ اَعْدَاۤءُ اللّٰهِ اِلَى النَّارِ فَهُمْ يُوْزَعُوْنَ Surat Fushilat ayat 19 Artinya Dan (ingatlah) pada hari (ketika) musuh-musuh Allah digiring ke neraka lalu mereka dipisah-pisahkan. A'daau adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Fushilat ayat 19. 
  6. وَحَرَّمْنَا عَلَيْهِ الْمَرَاضِعَ مِنْ قَبْلُ فَقَالَتْ هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰٓى اَهْلِ بَيْتٍ يَّكْفُلُوْنَهٗ لَكُمْ وَهُمْ لَهٗ نَاصِحُوْنَ Al Qoshos Ayat 12 Artinya Dan Kami cegah dia (Musa) menyusu kepada perempuan-perempuan yang mau menyusui(nya) sebelum itu; maka berkatalah dia (saudaranya Musa), “Maukah aku tunjukkan kepadamu, keluarga yang akan memeliharanya untukmu dan mereka dapat berlaku baik padanya?” Maroodhi'u adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Al Qoshos Ayat 12.
  7. وَلَمْ يَكُنْ لَّهُمْ مِّنْ شُرَكَاۤىِٕهِمْ شُفَعٰۤؤُا وَكَانُوْا بِشُرَكَاۤىِٕهِمْ كٰفِرِيْنَ QS Ar Rum ayat 13 Dan tidak mungkin ada pemberi syafaat (pertolongan) bagi mereka dari berhala-berhala mereka, sedangkan mereka mengingkari berhala-berhala mereka itu. Syurokaa'ihim adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Ar Rum ayat 13.
  8. وَلَوْ اَنَّ مَا فِى الْاَرْضِ مِنْ شَجَرَةٍ اَقْلَامٌ وَّالْبَحْرُ يَمُدُّهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖ سَبْعَةُ اَبْحُرٍ مَّا نَفِدَتْ كَلِمٰتُ اللّٰهِ  QS. Al Luqman ayat 27 Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan lautan (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi) setelah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat-kalimat Allah. AqLaamun adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Al Luqman ayat 27.
  9. يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتَ النَّبِيِّ اِلَّآ اَنْ يُّؤْذَنَ لَكُمْ اِلٰى طَعَامٍ غَيْرَ نٰظِرِيْنَ اِنٰىهُ QS Al Ahzab ayat 53 Artinya Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali jika kamu diizinkan untuk makan tanpa menunggu waktu masak (makanannya), Buyuuta adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat Al Ahzab ayat 53. 
  10. يَعْمَلُوْنَ لَهٗ مَا يَشَاۤءُ مِنْ مَّحَارِيْبَ وَتَمَاثِيْلَ وَجِفَانٍ كَالْجَوَابِ وَقُدُوْرٍ رّٰسِيٰتٍۗ QS. As Saba' ayat 13 Artinya Mereka (para jin itu) bekerja untuk Sulaiman sesuai dengan apa yang dikehendakinya di antaranya (membuat) gedung-gedung yang tinggi, patung-patung, piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk-periuk yang tetap (berada di atas tungku). Mahaariba, Tamasyiila dan jifaanin adalah contoh penulisan jamak taksir di Surat As Saba' ayat 13

Posting Komentar untuk "Contoh jamak Taksir di dalam Al qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Present Continuous Pilihan Ganda dan Jawabannya

close