Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jamak Mu'annats Salim Di Dalam Al-Qur'an

Pengertian Jamak Muannast Salim adalah bentuk kata yang menyatakan lebih dari satu dalam bentuk yang selamat dari perubahan pada struktur pokoknya dan menunjukkan arti wanita, disebut salim karena penanda perubahan hanya berupa imbuhan akhir atau sufiks sehingga disebut salim, salim berarti ‘selamat atau utuh’. 

Menurut kitab Jamiud Durus, Jamak Muannats Salim adalah lafadz yang dijamakkan dengan alif dan ta' tambahan, seperti perubahan kata di bawah ini :

.مُسْلِمَةٌ   مُسْلِمَاتٌ muslimatun menjadi mulimaatun. dengan adanya tambahan alif dan ta'

هِنْدٌ    هِنْدَاتٌ  hindun menjadi hindaatun dengan adanya tambahan alif dan ta'

مُرْضِعَةٌ   مُرْضِعَاتٌ murdhi'un menjadi murdhi'aatun, dengan adanya tambahan alif dan ta'

contoh jamak mu'annats salim di dalam al qur'an
Gambar 1.0 Contoh jamak mu'annats salim di dalam al qur'an

Berikut 15 contoh penulisan Jamak Mu'annats Salim di dalam Al qur’an. Adapun Lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats Salim kami berikan tanda tebal supaya mudah di dalam mempelajarinya. sebagaimana berikut

  1. وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ السَّيِّاٰتِۚ حَتّٰىٓ اِذَا حَضَرَ اَحَدَهُمُ الْمَوْتُ An Nisa ayat 18 Artinya Dan tobat itu tidaklah (diterima Allah) dari mereka yang melakukan kejahatan hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, AsSayyiaati adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim. 
  2. وَاللّٰهُ يُرِيْدُ اَنْ يَّتُوْبَ عَلَيْكُمْ ۗ وَيُرِيْدُ الَّذِيْنَ يَتَّبِعُوْنَ الشَّهَوٰتِ اَنْ تَمِيْلُوْا مَيْلًا عَظِيْمًا An Nisa' ayat 27 Artinya Dan Allah hendak menerima tobatmu, sedang orang-orang yang mengikuti keinginannya menghendaki agar kamu berpaling sejauh-jauhnya (dari kebenaran). AsySyahawaati adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim. 
  3. وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ سَنُدْخِلُهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًاۗ  An Nisa' ayat 57 Artinya Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Ash Shoolihaati adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  4. قُلْ مَنْ حَرَّمَ زِيْنَةَ اللّٰهِ الَّتِيْٓ اَخْرَجَ لِعِبَادِهٖ وَالطَّيِّبٰتِ مِنَ الرِّزْقِۗ Al A'rof ayat 32 Artinya Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah disediakan untuk hamba-hamba-Nya dan rezeki yang baik-baik?. At Thoyyibaati adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  5. اَلْحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌ ۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ al Baqoroh ayat 197 Artinya (Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafats), Makluumaatun adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  6. وَاذْكُرُوا اللّٰهَ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْدُوْدٰتٍ ۗ فَمَنْ تَعَجَّلَ فِيْ يَوْمَيْنِ فَلَآ اِثْمَ عَلَيْهِ al Baqoroh ayat 203 Artinya Dan berzikirlah kepada Allah pada hari yang telah ditentukan jumlahnya. Barangsiapa mempercepat (meninggalkan Mina) setelah dua hari, maka tidak ada dosa baginya. Ma'duudaati adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim. 
  7. يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ  QS al Baqoroh ayat 208 Artinya Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Khutuwaati adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  8. وَالْمُطَلَّقٰتُ يَتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ ثَلٰثَةَ قُرُوْۤءٍۗ Al Baqoroh ayat 228 Artinya Dan para istri yang diceraikan (wajib) menahan diri mereka (menunggu) tiga kali quru'. Muthollaqootu adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  9. حَافِظُوْا عَلَى الصَّلَوٰتِ وَالصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى وَقُوْمُوْا لِلّٰهِ قٰنِتِيْنَ al baqoroh ayat 238 Artinya Peliharalah semua salat dan salat wustha. Dan laksanakanlah (salat) karena Allah dengan khusyuk. Sholaawati adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  10. اَللّٰهُ وَلِيُّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ  al baqoroh ayat 257 Artinya Allah pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman). Dhuluumati adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  11. وَّاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ QS. Al Baqoroh ayat 22 Artinya dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Ats Tsamarooti adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim. Tsamarooti adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  12. وَبَشِّرِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ QS. AL Baqoroh ayat 25 Artinya Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Ash Shoolihaati dan jannatin adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim. 
  13. هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ لَكُمْ مَّا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ثُمَّ اسْتَوٰٓى اِلَى السَّمَاۤءِ فَسَوّٰىهُنَّ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ QS. Al Baqoroh ayat 29 Artinya Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Samawaatin adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  14.  وَمَنۡ يُّطِعِ اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ يُدۡخِلۡهُ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُ خٰلِدِيۡنَ فِيۡهَا‌ ؕ  QS. An Nisa ayat 13 Artinya Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Jannatin adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.
  15. وَمَنْ لَّمْ يَسْتَطِعْ مِنْكُمْ طَوْلًا اَنْ يَّنْكِحَ الْمُحْصَنٰتِ الْمُؤْمِنٰتِ فَمِنْ مَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ مِّنْ فَتَيٰتِكُمُ الْمُؤْمِنٰتِۗ QS An Nisa' ayat 25 Artinya Dan barangsiapa di antara kamu tidak mempunyai biaya untuk menikahi perempuan merdeka yang beriman, maka (dihalalkan menikahi perempuan) yang beriman dari hamba sahaya yang kamu miliki. Mukhsonaatin, mukminaatin adalah lafadz yang menunjukkan jamak mu'annats salim.

Posting Komentar untuk " Contoh Jamak Mu'annats Salim Di Dalam Al-Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close