Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kalimat dengan huruf jar min di dalam Al qur'an

Secara bahasa, Arti Huruf Jar min adalah dari, seperti lafadz min aina anta (مِنْ اَيْنَ اَنْتَ) yang berarti dari mana kamu? Ana Minal Madiinah, (اَنَا مِنَ الْمَدِيْنَةَ ) yang berarti saya dari kota. Namun di dalam kalimat arti huruf min bisa berarti sebagian, penjelasan dan permulaan sebagaimana Menurut Kitab alfiyah ibnu Malik, Arti min adalah sebagian (tab’adliyah), penjelasan (Bayaniyah) dan memulai (Ibtida’)

Berikut adalah 12 Contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam Al qur'an, adapun lafadz atau kalimat yang terdapat huruf jar min penulis berikan warna kuning supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1. الَّذِيْۤ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ  ۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ Artinya "yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan." kalimat min juu'in dan min khoufin adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat Quraisy Ayat 4.
  2. تَرْمِيْهِمْ بِحِجَا رَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍ  ۙ  Artinya "yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,". kalimat min sijjiilin adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat Fiil Ayat 4.
  3. رَسُوْلٌ مِّنَ اللّٰهِ يَتْلُوْا صُحُفًا مُّطَهَّرَةً  ۙ  Artinya "(yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang suci (Al-Qur'an),".kalimat minallahi adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat  Al-Bayyinah Ayat 2.
  4. اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ وَ الْمُشْرِكِيْنَ فِيْ نَا رِ جَهَنَّمَ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا  ۗ اُولٰٓئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ  ۗ  Artinya "Sungguh, orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke Neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Mereka itu adalah sejahat-jahat makhluk." kalimat min ahlil kitaabi adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat  Al-Bayyinah Ayat 6.
  5. لَيْلَةُ الْقَدْرِ  ۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍ  ۗ  Artinya "Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan."  kalimat min alfi syahrin adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat Al-Qadr Ayat 3.
  6. خَلَقَ الْاِ نْسَا نَ مِنْ عَلَقٍ  ۚ  Artinya "Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah."  kalimat min 'alaq adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat Al-'Alaq Ayat 2.
  7. وَمَا لِاَ حَدٍ عِنْدَهٗ مِنْ نِّعْمَةٍ تُجْزٰۤى  ۙ Artinya "dan tidak ada seorang pun memberikan suatu nikmat padanya yang harus dibalasnya,"  kalimat min ni'matin adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat Al-Lail Ayat 19.
  8. خُلِقَ مِنْ مَّآءٍ دَا فِقٍ  ۙ Artinya "Dia (manusia) diciptakan dari air (mani) yang terpancar,".  kalimat min maa in adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat At-Thoriq Ayat 6.
  9. فَا لْيَوْمَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنَ الْكُفَّا رِ يَضْحَكُوْنَ  ۙ  Artinya "Maka pada hari ini, orang-orang yang beriman yang menertawakan orang-orang kafir,"  kalimat minal kuffaari adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat Al-Muthaffifiin Ayat 34.
  10. اَلَمْ يَكُ نُطْفَةً مِّنْ مَّنِيٍّ يُّمْنٰى  ۙ  Artinya "Bukankah dia mulanya hanya setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim)."  kalimat min maniyyin adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat Al-Qiyamah Ayat 37.
  11. هَلْ اَتٰى عَلَى الْاِ نْسَا نِ حِيْنٌ مِّنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًـا مَّذْكُوْرًا Artinya "Bukankah pernah datang kepada manusia waktu dari masa, yang ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?"  kalimat minad dahri adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat Al-Insan Ayat 1.
  12. اِنَّا خَلَقْنَا الْاِ نْسَا نَ مِنْ نُّطْفَةٍ اَمْشَا جٍ  ۖ نَّبْتَلِيْهِ فَجَعَلْنٰهُ سَمِيْعًۢا بَصِيْرًا Artinya "Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat." kalimat min nutfaatin adalah contoh kalimat dengan huruf jar min di dalam al qur'an surat Al-Insan Ayat 2.

Posting Komentar untuk "Contoh Kalimat dengan huruf jar min di dalam Al qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



5 Jenis Air di Fiqh atau Islam

close