Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 Contoh Dhomir Munfashil Di Dalam Al Qur'an

Dhomir munfashil adalah isim dhomir yang bisa dijadikan permulaan kalam (mubtada') dan bisa terletak setelahnya illa.  pengertian lainnya dhomir munfashil adalah kata ganti yang berdiri sendiri dalam pengucapannya (tidak bersambung dengan kata lainnya). sehingga dhomir munfashil bisa berada di awal kalimat. penulisan dhomir munfashil tidak bersambung dengan isim, fi'il atau huruf, sebagaimana arti munfashil yang berarti terpisah. seperti contoh 3 kalimat berikut

  1. وَقَالُوْٓا اِنْ هِيَ اِلَّا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا وَمَا نَحْنُ بِمَبْعُوْثِيْنَ Surat Al An'am ayat 29. penulisan kata ganti (dhomir) hiya dan nahnu ditulis terpisah dengan kata selanjutnya
  2. اِنَّكَ اَنْتَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ Surat Al Fatihah Ayat ke 5. Penulisan kata ganti (dhomir) anta ditulis terpisah dengan kata benda al'aliimu.
  3. هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ Surat Al Baqoroh ayat 187. Penulisan kata ganti (dhomir) hunna dan antum ditulis terpisah dengan kata benda libaasun.

Contoh dhomir munfashil di dalam al qur'an
Tabel 1.0 Contoh dhomir munfashil di dalam al qur'an

Berikut 18 contoh kalimat yang menggunakan dhomir munfashil di dalam Al Qur'an. Adapun Dhomir munfasil kami berikan wana kuning supaya memudahkan di dalam mempelajari dan memahaminya.

  1.  وَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْكٰفِرُوْنَ QS Al ma'idah ayat 44 Artinya Barangsiapa tidak memutuskan dengan apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang kafir. 
  2.  ۗوَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ Surat al ma'idah ayat 45 artinya Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang zalim
  3. وَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ Surat al ma'idah ayat 47 artinya Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang fasik.
  4. لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَ Surat al ma'idah ayat 72 artinya Sungguh, telah kafir orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.
  5.  ۗوَاللّٰهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ Surat Al Ma'idah ayat 76 Artinya Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.
  6.  قَالُوْا لَا عِلْمَ لَنَا ۗاِنَّكَ اَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ al ma'idah ayat 109 Artinya  Mereka (para rasul) menjawab, “Kami tidak tahu (tentang itu). Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.”
  7.  وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ Surat al ma'idah ayat 114 Artinya dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.
  8. وَقَالُوْٓا اِنْ هِيَ اِلَّا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا وَمَا نَحْنُ بِمَبْعُوْثِيْنَ Surat al an'am ayat 29 Artinya Dan tentu mereka akan mengatakan (pula), “Hidup hanyalah di dunia ini, dan kita tidak akan dibangkitkan.
  9.  قُلْ لَّآ اَتَّبِعُ اَهْوَاۤءَكُمْۙ قَدْ ضَلَلْتُ اِذًا وَّمَآ اَنَا۠ مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ Surat al an'am ayat 56 Artinya Katakanlah, “Aku tidak akan mengikuti keinginanmu. Jika berbuat demikian, sungguh tersesatlah aku, dan aku tidak termasuk orang yang mendapat petunjuk.”
  10. اِنِّيْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا وَّمَآ اَنَا۠ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَۚ Surat al an'am ayat 79 Artinya Aku hadapkan wajahku kepada (Allah) yang menciptakan langit dan bumi dengan penuh kepasrahan (mengikuti) agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang musyrik.
  11.  وَاَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيۡمُ QS. Al Baqoroh Ayat 160 Artinya :"dan Akulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang"
  12. وَنَحْنُ لَهٗ مُسْلِمُوْنَ QS Al Baqoroh ayat 133 Artinya : "kami (hanya) berserah diri kepada-Nya."
  13. هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ QS. Al Baqoroh ayat 187 artinya :"Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka."
  14. اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْكُمْ وَاَنْتُمْ مُّعْرِضُوْنَ QS. Al Baqoroh Ayat 83 artinya :"kecuali sebagian kecil dari kamu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang."
  15.  اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ QS. Al Baqoroh Ayat 172 Artinya :"jika kamu hanya menyembah kepada-Nya."
  16. اِنَّكَ اَنْتَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ QS. Al Baqoroh Ayat 32 Artinya :"Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui, Mahabijaksana."
  17. وَلَا تَشْتَرُوْا بِاٰيٰتِيْ ثَمَنًا قَلِيْلًا ۖوَّاِيَّايَ فَاتَّقُوْنِ QS Al Baqoroh Ayat 41 Artinya :" Janganlah kamu jual ayat-ayat-Ku dengan harga murah, dan bertakwalah hanya kepada-Ku.."
  18. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ QS Al Fatihah Ayat ke 5 Artinya : "Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan."

Posting Komentar untuk " 18 Contoh Dhomir Munfashil Di Dalam Al Qur'an"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close