Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Contoh Mubtada' di Bahasa Arab

Artikel tentang pengertian dan contoh mubtada' di bahasa Arab berisi tentang pengertian mubtada', pembagian mubtada' menjadi mubtada' isim dhohir dan mubtada' isim dhomir, contoh mubtada di dalam bahasa arab. Apabila saudara mempunyai pertanyaan silahkan ditanyakan di kolom komentar di bawah atau melalui laman kontak. 

Apa itu Mubtada'?
Menurut kitab Jurumiyah Pengertian mubtada' adalah isim (kata benda) yang dirofa'kan yang kosong dari amil lafdziyah. sedangkan menurut kitab Imrithi  pengertian mubtada' adalah Isim (kata benda) yang dibaca rofa' selama disepikan dari amil lafdzi yang asli, sebagaimana tertulis dalam nadhoman kitab Imrithi yang berbunyi al mubtada ismun rof'uhu mu'abbad 'an kulli lafdzin a'milin mujarrod
الْمُبْتُدَا اسْمُ رَفْعُهُ مُؤَبَّدُ ¤ عَنْ كَلِّ لَفْظٍ عَامِلٍ مُجَرَّدُ
 Artinya : "mubtada' adalah Isim (kata benda) yang dibaca rofa' selama disepikan dari amil lafdzi yang asli"
Beberapa penulis mendefinisikan bahwa mubtada' adalah isim marfu' yang biasanya terdapat di awal kalimat, padahal di dalam kalimat bahasa Arab mubtada tidak selalu di awal kalimat. mubtada' juga bisa terdapat di akhir kalimat, dengan istilahnya mubtada' muakhor. 

Mubtada' isim dhohir dan Mubtada' isim dhomir
Di dalam kitab imrithi dijelaskan bahwa mubtada' ada dua macam, yaitu mubtada' isim dhohir dan mubtada' isim dhomir. sebagaimana tertulis dalam nadhoman imrithi berikut
وَالْمُبْتَدَا اسْمٌ ظَاهِرٌ كَمَا مَضى ¤ أَو مُضْمَرٌ كَأَنْتَ أَهْلٌ لِلقَضَا
وَلاَ يَجُوزُ الاِبْتِدَا بِمَا اتَّصَلْ ¤ مِنَ الضَّمِيرِ بَلْ بِكُلِّ مَا انْفَصَلْ
Artinya : "Mubtada’ adakalanya berupa isim dzohir sebagaimana contoh yang lalu ¤ atau ada yang berupa isim dhomir seperti lafadz anta ahlun lil qodhoo. Dan tidak boleh membuat mubtada’ dari perkara yang bersambung dari dhomir (Maksudnya : dhomir muttasil) tetapi boleh dari dhomir munfasil"
2 Jenis mubtada'
Gambar 1.0. 2 jenis mubtada'
Adapun yang dimaksud mubtada' isim dhohir dalam nadhoman diatas adalah mubtada' yang lafadznya menunjukkan pada musammanya (sesuatu yang mempunyai nama) tanpa di qoyyidi. seperti muhammad berdiri, dua muhammad berdiri, banyak muhammad berdiri. Contoh mubtada' isim dhohir sebagai berikut:
  1. مُحَمَّدٌ قَائِمٌ (Muhammad berdiri)
  2. مُحَمَّدَانِ قَائِمَانِ (Dua muhammad berdiri)
  3. مُحَمَّدُوْنَ قَائِمُوْنَ (Banyak muhammad berdiri)
Sebagaimana tertulis dalam nadhoman imrithi bahwa penulisan mubtada' boleh dari dhomir munfashil. yang dimaksud dengan dhomir munfashil adalah kata ganti yang terpisah. Adapun yang dimaksud mubtada' isim dhomir adalah mubtada' yang terdiri dari dhomir munfashil, mubtada' isim dhomir ada 12 sebagaimana jumlah dhomir munfashil, yaitu أَنْتُمَا -هُنَّ أَنْتِ - أَنْتَ - نَحْنُ - أَنَا  هُمَا - هُمْ - َهْيَ - َهْوَ - أَنْتُمْ - أَنْتُنَّ 
Adapun contoh mubtada' isim dhomir sebagai berikut
  1. اَنَا طَالِبٌ (saya pelajar)
  2. هُمَا طَالِبَانِ (Mereka berdua laki-laki adalah pelajar)
  3. هِيَ طَالِبَةٌ   (Dia adalah pelajar wanita)

Contoh mubtada' di dalam bahasa Arab
Adapun contph mubtada' dan penjelasnya kami berikan garis bawah, supaya mudah di dalam mempelajarinya.
  1. اَنْتُمْ طَالِبوْنَ مِنَ الْمَدْرَسَةِ (Kalian adalah pelajar dari sekolah) antum thoolibun merupakan contoh mubtada' isim dhomir.
  2. وَاَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيۡمُ  (dan Akulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang) anat tawwabun merupakan contoh mubtada' isim dhomir.
  3. هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ (Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka) hunna libaatsun merupakan contoh mubtada' isim dhomir.
  4. اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْكُمْ وَاَنْتُمْ مُّعْرِضُوْنَ (kecuali sebagian kecil dari kamu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang) antum mu'ridhuuna merupakan contoh mubtada' isim dhomir.
  5. مُحَمَّدٌ قَائِمٌ فِى الْفَصْلِ (Muhammad berdiri di kelas) muhammadun qooimun merupakan contoh mubtada' isim dhohir.

Posting Komentar untuk " Pengertian dan Contoh Mubtada' di Bahasa Arab"

ِِِArtikel Pilihan:



Contoh Soal Simple Past Pilihan Ganda dan Jawabannya

close